Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol Bagian

Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol (Bagian 2)

Sambungan dari Bagian 1

Ibu menyusui diwajibkan untuk menjaga asupan makanan agar nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat bisa diserap oleh sang buah hati. Perlu diingat pula, saat sedang menyusui ada beberapa hal yang harus Anda hindari untuk tidak dikonsumsi.

Beberapa makanan atau minuman diketahui memiliki efek yang tidak begitu baik untuk ibu maupun buah hati. Salah satu minuman yang wajib dihindari oleh ibu menyusui adalah alkohol. Minuman keras ini dapat membawa efek negatif terhadap kesehatan bayi.

[Baca Juga: Kenali Kelainan Trisomi 18 Bagi Ibu Hamil]

Melanjutkan dari bagian pertama yang dilansir dari boldsky.com (2/7/2019) inilah dampak negatif alkohol untuk ibu menyusui.

5. Dapat Menghambat Perkembangan Otak Pada Bayi

Jika bayi terpapar alkohol dalam jumlah tinggi secara rutin, tidak hanya rentan terhadap masalah hati, tetapi juga lebih rentan terhadap degradasi sel-sel otak. Selain itu, kandungan alkohol dalam ASI juga bisa menimbulkan kondisi medis yang dikenal sebagai otak basah, merupakan sindrom kerusakan otak yang diakibatkan oleh alkohol. Sindrom ini timbul akibat defisit vitamin B1.

6. Pola Makan Dan Makan yang Tidak Benar

Bayi yang mengonsumsi ASI yang mengandung alkohol akan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. Pola tidur bayi yang tidak teratur dapat memiliki efek negatif pada pola makan buah hati. Hal ini mengakibatkan bayi sangat rewel karena kurang tidur dan tidak makan dengan benar.

7. Mengubah Rasa ASI

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat mengubah rasa ASI uang menyebabkan bayi tidak suka dan memilih untuk tidak meminumnya. Bayi yang tidak mengonsumsi ASI bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

8. Menyebabkan Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Rusaknya hati bayi yang diakibatkan oleh alkohol yang dikandung dalam ASI akan meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak.

9. Keterlambatan Perkembangan Kemampuan Motorik

Alkohol yang ada dalam ASI juga diketahui bisa menyebabkan keterlambatan kemampuan motorik bayi, karena mereka akan lebih sering merasa mengantuk atau tidak pernah merasa cukup tidur karena alkohol yang ada dalam tubuh mereka. Sehingga bayi tidak bereaksi terhadap rangsangan eksternal dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada anak seumur yang lebih sehat.

Itulah dampak negatif dan sebab adanya pantang minum alkohol untuk ibu menyusui.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.


Comments


Please Login to leave a comment.