Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol Bagian

Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol (Bagian 2)

Sambungan dari Bagian 1

Ibu menyusui diwajibkan untuk menjaga asupan makanan agar nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat bisa diserap oleh sang buah hati. Perlu diingat pula, saat sedang menyusui ada beberapa hal yang harus Anda hindari untuk tidak dikonsumsi.

Beberapa makanan atau minuman diketahui memiliki efek yang tidak begitu baik untuk ibu maupun buah hati. Salah satu minuman yang wajib dihindari oleh ibu menyusui adalah alkohol. Minuman keras ini dapat membawa efek negatif terhadap kesehatan bayi.

[Baca Juga: Kenali Kelainan Trisomi 18 Bagi Ibu Hamil]

Melanjutkan dari bagian pertama yang dilansir dari boldsky.com (2/7/2019) inilah dampak negatif alkohol untuk ibu menyusui.

5. Dapat Menghambat Perkembangan Otak Pada Bayi

Jika bayi terpapar alkohol dalam jumlah tinggi secara rutin, tidak hanya rentan terhadap masalah hati, tetapi juga lebih rentan terhadap degradasi sel-sel otak. Selain itu, kandungan alkohol dalam ASI juga bisa menimbulkan kondisi medis yang dikenal sebagai otak basah, merupakan sindrom kerusakan otak yang diakibatkan oleh alkohol. Sindrom ini timbul akibat defisit vitamin B1.

6. Pola Makan Dan Makan yang Tidak Benar

Bayi yang mengonsumsi ASI yang mengandung alkohol akan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. Pola tidur bayi yang tidak teratur dapat memiliki efek negatif pada pola makan buah hati. Hal ini mengakibatkan bayi sangat rewel karena kurang tidur dan tidak makan dengan benar.

7. Mengubah Rasa ASI

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat mengubah rasa ASI uang menyebabkan bayi tidak suka dan memilih untuk tidak meminumnya. Bayi yang tidak mengonsumsi ASI bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

8. Menyebabkan Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Rusaknya hati bayi yang diakibatkan oleh alkohol yang dikandung dalam ASI akan meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak.

9. Keterlambatan Perkembangan Kemampuan Motorik

Alkohol yang ada dalam ASI juga diketahui bisa menyebabkan keterlambatan kemampuan motorik bayi, karena mereka akan lebih sering merasa mengantuk atau tidak pernah merasa cukup tidur karena alkohol yang ada dalam tubuh mereka. Sehingga bayi tidak bereaksi terhadap rangsangan eksternal dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada anak seumur yang lebih sehat.

Itulah dampak negatif dan sebab adanya pantang minum alkohol untuk ibu menyusui.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.