Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol Bagian

Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol (Bagian 2)

Sambungan dari Bagian 1

Ibu menyusui diwajibkan untuk menjaga asupan makanan agar nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat bisa diserap oleh sang buah hati. Perlu diingat pula, saat sedang menyusui ada beberapa hal yang harus Anda hindari untuk tidak dikonsumsi.

Beberapa makanan atau minuman diketahui memiliki efek yang tidak begitu baik untuk ibu maupun buah hati. Salah satu minuman yang wajib dihindari oleh ibu menyusui adalah alkohol. Minuman keras ini dapat membawa efek negatif terhadap kesehatan bayi.

[Baca Juga: Kenali Kelainan Trisomi 18 Bagi Ibu Hamil]

Melanjutkan dari bagian pertama yang dilansir dari boldsky.com (2/7/2019) inilah dampak negatif alkohol untuk ibu menyusui.

5. Dapat Menghambat Perkembangan Otak Pada Bayi

Jika bayi terpapar alkohol dalam jumlah tinggi secara rutin, tidak hanya rentan terhadap masalah hati, tetapi juga lebih rentan terhadap degradasi sel-sel otak. Selain itu, kandungan alkohol dalam ASI juga bisa menimbulkan kondisi medis yang dikenal sebagai otak basah, merupakan sindrom kerusakan otak yang diakibatkan oleh alkohol. Sindrom ini timbul akibat defisit vitamin B1.

6. Pola Makan Dan Makan yang Tidak Benar

Bayi yang mengonsumsi ASI yang mengandung alkohol akan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. Pola tidur bayi yang tidak teratur dapat memiliki efek negatif pada pola makan buah hati. Hal ini mengakibatkan bayi sangat rewel karena kurang tidur dan tidak makan dengan benar.

7. Mengubah Rasa ASI

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat mengubah rasa ASI uang menyebabkan bayi tidak suka dan memilih untuk tidak meminumnya. Bayi yang tidak mengonsumsi ASI bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

8. Menyebabkan Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Rusaknya hati bayi yang diakibatkan oleh alkohol yang dikandung dalam ASI akan meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak.

9. Keterlambatan Perkembangan Kemampuan Motorik

Alkohol yang ada dalam ASI juga diketahui bisa menyebabkan keterlambatan kemampuan motorik bayi, karena mereka akan lebih sering merasa mengantuk atau tidak pernah merasa cukup tidur karena alkohol yang ada dalam tubuh mereka. Sehingga bayi tidak bereaksi terhadap rangsangan eksternal dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada anak seumur yang lebih sehat.

Itulah dampak negatif dan sebab adanya pantang minum alkohol untuk ibu menyusui.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.