Ini Alasan Kulit Berminyak Tetap Harus Gunakan Pelembab .jpg

Kecantikan dan Fashion

Ini Alasan Kulit Berminyak Tetap Harus Gunakan Pelembap

Tipe kulit setiap manusia tentu berbeda-beda, tapi jenis kulit yang paling umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah kulit berminyak. Hal ini berkaitan dengan cuaca Indonesia yang cenderung lembab dan tropis. Karena kulit berminyak cenderung basah dan becek, bukan berarti kulit berminyak tak memerlukan pelembap.

Banyak sekali orang yang masih beranggapan, jika kulit yang berminyak sudah memiliki banyak minyak alami sehingga pelembap tak lagi dibutuhkan. Justru banyak pula orang yang bilang, jika menggunakan pelembap maka bisa jadi produksi minyak makin intens.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Sleeping Mask dan Krim Malam

Mengutip dari Kumparan (12/6/2020), menurut dr. Inneke Jane Hidajat, Sp.KK, kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembap. Hanya saja agar tak tambah berminyak, Anda hanya perlu memerhatikan jenis pelembap yang akan dipakai.

[Baca Juga: Melembabkan Wajah dengan 5 Face Mist Lokal Ini]

Tipe kulit yang berminyak biasanya memiliki kecenderungan mudah berjerawat, maka dari itu hindari pelembap yang teksturnya tebal dan dibuat dari dasar minyak, karena dapat membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Akan tetapi, sebelum memilih pelembap yang cocok, Anda harus memastikan betul-betul kondisi dan kebutuhan kulit.

Pasalnya, banyak yang salah kaprah, dengan anggapan kulit berminyak sudah pasti kulitnya terhidrasi dengan baik, padahal belum tentu. Banyak orang yang menggunakan cara cuci muka beberapa kali sehari untuk mengangkat minyak, namun cara ini keliru. Dilansir dari Klikdokter, cara ini justru mengangkat minyak alami yang seharusnya melembapkan kulit Anda habis, sehingga kulit menjadi kering bahkan dehidrasi, hal ini justru akan membuat kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak.

[Baca Juga: Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit]

Jika kulit Anda berminyak namun dehidrasi atau kekurangan air, maka Anda harus cari pelembap yang berbahan dasar air. Anda bisa mencari tahu dari kemasan produk, biasanya produk yang cocok untuk kulit berminyak dan tidak menimbulkan pori-pori tersumbat terdapat tulisan oil-free atau non-comedogenic atau Anda juga bisa lebih teliti dengan memerhatikan kandungan sebelum membeli sebuah produk. Pilihlah produk yang memiliki kandungan dengan akhiran –icone, misalnya seperti silicone atau dimethicone. Dimethicone akan mampu melembapkan sekaligus membuat tampilan kulit lebih matte.

Produk yang cocok untuk kulit berminyak biasanya memiliki tekstur yang ringan seperti gel atau losion. Kemudian, hindari menggunakan terlalu banyak produk, fokus pada penggunaan produk utama, yaitu cleanser (pembersih), toner, moisturizer (pelembap), protection (tabir surya).

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.