Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Kesehatan

Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Pada umumnya, cara mengonsumsi obat kaplet atau tablet adalah dengan cara ditelan langsung, baik itu dibantu dengan air putih maupun dimakan bersamaan dengan buah pisang untuk menghilangkan rasa pahitnya di mulut. Namun tidak untuk obat maag atau antasida.

Biasanya dokter yang memberikan obat pereda nyeri lambung berupa tablet atau kaplet ini akan menyarankan kepada pasiennya untuk mengunyah obatnya terlebih dahulu sebelum ditelan. Mengapa demikian?

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Jika merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, efektifitas obat maag atau antasida yang dikunyah lebih tinggi dibandingkan ketika pasien langsung menelannya.

Hal tersebut juga diperjelas lewat sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Pusat Ilmu Kesehatan University of Oklahoma, Amerika Serikat. Lewat penelitian tersebut, mereka menemukan fakta bahwa mengunyah obat maag lebih aman untuk mengontrol keasaman di kerongkongan dibandingkan dengan langsung menelannya.

Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Sebab dengan dikunyah terlebih dahulu, obat yang hancur dapat memperluas jangkauannya ketika masuk ke dalam lambung. Hal tersebut membuat proses pengobatannya pun menjadi lebih efektif. Sedangkan jika antasida langsung ditelan, obat akan bergerak cepat melewati lambung sehingga kadar efektivitasnya berkurang. Itulah mengapa obat maag harus dikunyah dulu sebelum ditelan.

Lalu apakah bahaya jika obat maag langsung ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu? Sampai saat ini belum didapati adanya bahaya dari menelan antasida secara langsung. Hanya saja, efektivitas obat maag akan menurun, dan proses penyembuhan juga bisa lebih memakan waktu karena obat tidak bekerja seefektif ketika dikunyah.

[Baca Juga: Kenali Pemicu Kambuhnya Penyakit Asam Lambung]

Namun jika Anda tidak mampu mengunyah antasida, cobalah untuk meminta obat jenis lain seperti pelindung mukosa lambung, penghambat produksi asam lambung, dan obat untuk mengurangi gejala mual muntah kepada dokter yang menangani gejala maag Anda. Obat-obat tersebut tentunya dapat diminum dengan cara ditelan secara langsung tentunya sesuai dengan anjuran dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.