Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Kesehatan

Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Pada umumnya, cara mengonsumsi obat kaplet atau tablet adalah dengan cara ditelan langsung, baik itu dibantu dengan air putih maupun dimakan bersamaan dengan buah pisang untuk menghilangkan rasa pahitnya di mulut. Namun tidak untuk obat maag atau antasida.

Biasanya dokter yang memberikan obat pereda nyeri lambung berupa tablet atau kaplet ini akan menyarankan kepada pasiennya untuk mengunyah obatnya terlebih dahulu sebelum ditelan. Mengapa demikian?

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Jika merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, efektifitas obat maag atau antasida yang dikunyah lebih tinggi dibandingkan ketika pasien langsung menelannya.

Hal tersebut juga diperjelas lewat sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Pusat Ilmu Kesehatan University of Oklahoma, Amerika Serikat. Lewat penelitian tersebut, mereka menemukan fakta bahwa mengunyah obat maag lebih aman untuk mengontrol keasaman di kerongkongan dibandingkan dengan langsung menelannya.

Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Sebab dengan dikunyah terlebih dahulu, obat yang hancur dapat memperluas jangkauannya ketika masuk ke dalam lambung. Hal tersebut membuat proses pengobatannya pun menjadi lebih efektif. Sedangkan jika antasida langsung ditelan, obat akan bergerak cepat melewati lambung sehingga kadar efektivitasnya berkurang. Itulah mengapa obat maag harus dikunyah dulu sebelum ditelan.

Lalu apakah bahaya jika obat maag langsung ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu? Sampai saat ini belum didapati adanya bahaya dari menelan antasida secara langsung. Hanya saja, efektivitas obat maag akan menurun, dan proses penyembuhan juga bisa lebih memakan waktu karena obat tidak bekerja seefektif ketika dikunyah.

[Baca Juga: Kenali Pemicu Kambuhnya Penyakit Asam Lambung]

Namun jika Anda tidak mampu mengunyah antasida, cobalah untuk meminta obat jenis lain seperti pelindung mukosa lambung, penghambat produksi asam lambung, dan obat untuk mengurangi gejala mual muntah kepada dokter yang menangani gejala maag Anda. Obat-obat tersebut tentunya dapat diminum dengan cara ditelan secara langsung tentunya sesuai dengan anjuran dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.