Ini Arti Dari Istilah Super-Spreader Virus Corona

Kesehatan

Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona

Mewabahnya Virus Corona memunculkan kekhawatiran masyarakat di berbagai penjuru dunia. Meski di negara asalnya China jumlah kasus terinfeksi Virus Corona menurun, tapi tidak di negara-negara lain.

Seperti yang dilaporkan beberapa media asing, virus dengan kode Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV) ini telah merambah ke negara-negara lain, salah satunya Korea Selatan. Bahkan menurut pemerintah setempat, sudah ada 73 kasus baru Virus Corona COVID-19 di Korea Selatan.

Pemerintah Korea Selatan juga telah membatasi personel militernya beroperasi dan menyarankan mereka untuk cuti agar virus tersebut tidak menyebar ke pasukan bersenjata.

[Baca Juga: Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata]

Kejadian menghebohkan terkait virus Corona juga dialami pria asal Inggris bernama Steve Walsh. Secara tidak sadar, Walsh telah menularkan virus tersebut kepada belasan orang setelah pulang dari kunjungannya ke Singapura. Padahal Walsh sebelumnya tidak menunjukan gejala terjangkit virus Corona.

Baru kemudian setelah memeriksakan diri ke sebuah klinik di Brighton, Inggris, Walsh dinyatakan positif terkena virus Corona dan teridentifikasi sebagai Super-Spreader. Lalu apakah yang dimaksud dengan istilah super-spreader?

Meski belum ada pernyataan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai istilah super-spreader, namun menurut Dr. Stephen Griffin seorang dosen di University of Leeds, super-spreader adalah istilah yang merujuk pada orang yang dapat menginfeksi atau menularkan penyakit pada banyak orang dalam waktu cepat.

Ini Arti Dari Istilah Super-Spreader Virus Corona

Si Super-Spreader bisa saja memiliki sistem imun yang sangat kuat, sehingga mampu mengatasi virus dalam tubuhnya dengan baik. Mereka pun bisa beraktivitas seperti biasa dan tidak sadar bisa menularkan virus tersebut pada orang lain.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi orang untuk menjadi kebal terhadap Virus Corona bisa dilihat dari daya tahan tubuhnya, riwayat perjalanan, perilaku, dan faktor lingkungan.

Hal tersebut sama seperti saat terkena virus flu. Terkadang, ada banyak orang yang tidak langsung merasakan gejala flu sesaat setelah virusnya masuk ke dalam tubuh. Namun, secara tidak sadar orang tersebut sebetulnya sudah bisa menularkannya pada orang lain.

[Baca Juga: Kominfo Temukan 54 Berita Hoaks Tentang Virus Corona]

Orang yang disebut super-spreader seperti pada kasus pria Inggris tersebut pun tentunya tidak bisa disalahkan sebagai penyebar virus. Pasalnya, Ia sendiri tentu tidak tahu bahwa ada virus yang hinggap di tubuhnya, apalagi sampai bisa menularkannya pada banyak orang sekaligus.

Hal yang bisa dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan diri agar tubuh terhindar dari risiko penyakit dan tidak mudah terinfeksi berbagai macam virus.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 3 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>