Ini Arti Dari Istilah Super-Spreader Virus Corona

Kesehatan

Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona

Mewabahnya Virus Corona memunculkan kekhawatiran masyarakat di berbagai penjuru dunia. Meski di negara asalnya China jumlah kasus terinfeksi Virus Corona menurun, tapi tidak di negara-negara lain.

Seperti yang dilaporkan beberapa media asing, virus dengan kode Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV) ini telah merambah ke negara-negara lain, salah satunya Korea Selatan. Bahkan menurut pemerintah setempat, sudah ada 73 kasus baru Virus Corona COVID-19 di Korea Selatan.

Pemerintah Korea Selatan juga telah membatasi personel militernya beroperasi dan menyarankan mereka untuk cuti agar virus tersebut tidak menyebar ke pasukan bersenjata.

[Baca Juga: Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata]

Kejadian menghebohkan terkait virus Corona juga dialami pria asal Inggris bernama Steve Walsh. Secara tidak sadar, Walsh telah menularkan virus tersebut kepada belasan orang setelah pulang dari kunjungannya ke Singapura. Padahal Walsh sebelumnya tidak menunjukan gejala terjangkit virus Corona.

Baru kemudian setelah memeriksakan diri ke sebuah klinik di Brighton, Inggris, Walsh dinyatakan positif terkena virus Corona dan teridentifikasi sebagai Super-Spreader. Lalu apakah yang dimaksud dengan istilah super-spreader?

Meski belum ada pernyataan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai istilah super-spreader, namun menurut Dr. Stephen Griffin seorang dosen di University of Leeds, super-spreader adalah istilah yang merujuk pada orang yang dapat menginfeksi atau menularkan penyakit pada banyak orang dalam waktu cepat.

Ini Arti Dari Istilah Super-Spreader Virus Corona

Si Super-Spreader bisa saja memiliki sistem imun yang sangat kuat, sehingga mampu mengatasi virus dalam tubuhnya dengan baik. Mereka pun bisa beraktivitas seperti biasa dan tidak sadar bisa menularkan virus tersebut pada orang lain.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi orang untuk menjadi kebal terhadap Virus Corona bisa dilihat dari daya tahan tubuhnya, riwayat perjalanan, perilaku, dan faktor lingkungan.

Hal tersebut sama seperti saat terkena virus flu. Terkadang, ada banyak orang yang tidak langsung merasakan gejala flu sesaat setelah virusnya masuk ke dalam tubuh. Namun, secara tidak sadar orang tersebut sebetulnya sudah bisa menularkannya pada orang lain.

[Baca Juga: Kominfo Temukan 54 Berita Hoaks Tentang Virus Corona]

Orang yang disebut super-spreader seperti pada kasus pria Inggris tersebut pun tentunya tidak bisa disalahkan sebagai penyebar virus. Pasalnya, Ia sendiri tentu tidak tahu bahwa ada virus yang hinggap di tubuhnya, apalagi sampai bisa menularkannya pada banyak orang sekaligus.

Hal yang bisa dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan diri agar tubuh terhindar dari risiko penyakit dan tidak mudah terinfeksi berbagai macam virus.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 11 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>