Ini Bahaya Meminum Kopi Saat Puasa dan Perut Kosong

Kesehatan

Ini Bahaya Meminum Kopi Saat Puasa dan Perut Kosong

Menenggak kopi yang enak adalah kebutuhan mutlak. Sulit rasanya jika Anda melewati pagi dan sore hari tanpa kopi hangat. Wajar jika rutinitas minum kopi menjadi salah satu kebiasaan yang berat untuk ditinggalkan di bulan Ramadan. Selain mengusir kantuk yang makin menjadi ketika puasa, kopi memang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kopi bisa meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood seseorang. Tak Cuma itu, kopi sanggup menstimuli fungsi saraf dan menambah energi saat beraktifitas.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di balik banyaknya manfaat, kopi juga bisa membahayakan tubuh Anda jika diminum pada waktu yang salah, yakni saat perut kosong. Kondisi yang pasti kita hadapi di sore hari ketika puasa di bulan Ramadan.

Kopi bisa meningkatkan asam perut yang artinya sanggup merusak lapisan lambung dan mampu menyebabkan gangguan pencernaan.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Bahaya meminum kopi saat perut kosong disampaikan langsung oleh Ahli Nutrisi Klinis dari Apollo Hospital di India Priyanka Rohtagi yang dilansir dari Times of India (29/4/2019). Menurutnya, menenggak kopi hitam saat kondisi perut kosong di pagi hari bisa memperburuk keasaman.

Ia menambahkan jika seseorang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari sementara konsumsi kopi. Sebab, kopi yang mengandung gula dan susu yang dapat memperburuk lambung seseorang.

Tak Cuma itu, Jika Anda sedang hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu, maka cobalah untuk menghindari asupan kafein di pagi hari.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

Melihat fakta tersebut, meminum kopi dengan perut kosong bukanlah ide yang baik. Sebaiknya Anda menunggu waktu berbuka agar bisa ngopi dengan ditemani camilan seperti kue atau roti supaya tak terkena efek negatif meminum kopi saat perut kosong. Atau bisa juga masukkan menu kopi ketika sahur untuk menghindari craving kopi di pagi hari.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.