ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-04.jpg

Berita Kawasan

Ini Boccia, Cabang Olahraga Baru di Asian Para Games 2018

Perhelatan olahraga sebesar si Asia untuk disabilitas sudah dimulai sejak Sabtu (6/10). Setelah kesuksesan Asian Games 2018 lalu, kini giliran atlet disabilitas Indonesia yang bertanding untuk mengharumkan nama bangsa. Di ajang Asian Para Games 2018 sendiri ada dua cabang olahraga khusus yang dibuat untuk para-atlet. Apa itu?

Salah satu cabang olahraga khusus tersebut adalah Boccia. Cabang olahraga ini secara resmi dipertandingkan di ajang Asian Para Games 2018. Untuk sebagian orang, olahraga ini memang terdengar asing. Di Indonesia sendiri, olahraga ini bahkan belum genap satu tahun diperkenalkan. Padahal olahraga untuk para atlet celebral palsy ini sudah dipertandingkan di ajang olahraga Paralimpiade sejak 1984.

ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-02.jpg

Dilansir dari kompas.com, ada tiga nomor yang dipertandingkan di olahraga boccia, yaitu individu, pasangan dan beregu yang pemainnya terdiri dari tiga orang BC1 (satu orang) dan BC2 (dua orang). Untuk nomor individu, ada empat kategori pertandingan, yakni BC1, BC2, BC3, dan BC4.

Boccia sendiri adalah permainan melempar bola dengan tujuan mencapai atau mendekati satu target atau titik. Dalam olahraga ini, ada tiga warna bola yang memiliki fungsi dan arti yang berbeda. Yang pertama ada bola putih, biasa disebut dengan bola Jack yakni sasaran lempar bola merah dan enam bola biru yang dipegang tim lawan. Poin didapatkan dari tim yang hasil lemparan bolanya paling mendekati bola Jack.

ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-01.jpg

Jarak bola yang dilempar akan dihitung menggunakan alat ukur. Pertandingan boccia biasanya berdurasi empat menit untuk individu, lima menit untuk pasangan, dan enam menit untuk beregu. Ukuran lapangan yang dibutuhkan untu pertandingan boccia adalah 12,5 meter kali 6 meter.

Sebagai tuan rumah, tentunya Indonesia akan mengirimkan atlet untuk cabang olahraga ini. Indonesia akan mengirimkan delapan atlet untuk lima nomor pertandingan di Asian Para Games 2018. Untuk cabang olahraga ini, tim tidak menargetkan apapun mengingat pesaing mereka adalah China dan Korea Selatan. Kedua negara ini sudah lebih dulu mendalami olahraga boccia, sehingga jam terbang kedua atlet tersebut lebih jauh dibandingkan Indonesia.

ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Tidak menargetkan apapun bukan berarti para atlet dapat bertanding sesukanya, tim Indonesia serius mempersiapkan pertandingan di Asian Para Games 2018 dengan mengikuti training camp di Korea Selatan untuk mempelajari teknik dan strategi lebih dalam.

Di Asian Para Games 2018 di Jakarta, Boccia akan dilaksanakan pada Tanjung Priok Sports Hall, Jalan Yos Sudarso No. 25-26, RT.6/RW.13, Kebon Bawang, Tanjung Priok, RT.19/RW.5, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14320.

Read More

Artikel Lainnya

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

Hobi dan Hiburan

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

01 December 2020, 18:49

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, fiksi., Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, ketiganya bisa Anda tonton mulai Desember 2020 ini di Netflix.

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

Berita Kawasan

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

01 December 2020, 17:28

Angka kecelakaan di Kota Medan cukup tinggi sehingga perlunya penanganan yang cepat bagi korban kecelakaan agar korban dapat segera ditangani dan diselamatkan.

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19.jpg

Kesehatan

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19

01 December 2020, 16:42

Wali Kota Risma khawatir dengan masyarakat Kota Surabaya yang semakin menurun tingkat kesadaran protokol kesehatannya padahal terdapat potensi gelombang kedua COVID-19.

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

Berita Kawasan

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

01 December 2020, 15:57

Aktivitas di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, masih berlangsung normal dan belum terpengaruh oleh aktivitas vulkanik Semeru.


Comments


Please Login to leave a comment.