ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-04.jpg

Berita Kawasan

Ini Boccia, Cabang Olahraga Baru di Asian Para Games 2018

Perhelatan olahraga sebesar si Asia untuk disabilitas sudah dimulai sejak Sabtu (6/10). Setelah kesuksesan Asian Games 2018 lalu, kini giliran atlet disabilitas Indonesia yang bertanding untuk mengharumkan nama bangsa. Di ajang Asian Para Games 2018 sendiri ada dua cabang olahraga khusus yang dibuat untuk para-atlet. Apa itu?

Salah satu cabang olahraga khusus tersebut adalah Boccia. Cabang olahraga ini secara resmi dipertandingkan di ajang Asian Para Games 2018. Untuk sebagian orang, olahraga ini memang terdengar asing. Di Indonesia sendiri, olahraga ini bahkan belum genap satu tahun diperkenalkan. Padahal olahraga untuk para atlet celebral palsy ini sudah dipertandingkan di ajang olahraga Paralimpiade sejak 1984.

ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-02.jpg

Dilansir dari kompas.com, ada tiga nomor yang dipertandingkan di olahraga boccia, yaitu individu, pasangan dan beregu yang pemainnya terdiri dari tiga orang BC1 (satu orang) dan BC2 (dua orang). Untuk nomor individu, ada empat kategori pertandingan, yakni BC1, BC2, BC3, dan BC4.

Boccia sendiri adalah permainan melempar bola dengan tujuan mencapai atau mendekati satu target atau titik. Dalam olahraga ini, ada tiga warna bola yang memiliki fungsi dan arti yang berbeda. Yang pertama ada bola putih, biasa disebut dengan bola Jack yakni sasaran lempar bola merah dan enam bola biru yang dipegang tim lawan. Poin didapatkan dari tim yang hasil lemparan bolanya paling mendekati bola Jack.

ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-01.jpg

Jarak bola yang dilempar akan dihitung menggunakan alat ukur. Pertandingan boccia biasanya berdurasi empat menit untuk individu, lima menit untuk pasangan, dan enam menit untuk beregu. Ukuran lapangan yang dibutuhkan untu pertandingan boccia adalah 12,5 meter kali 6 meter.

Sebagai tuan rumah, tentunya Indonesia akan mengirimkan atlet untuk cabang olahraga ini. Indonesia akan mengirimkan delapan atlet untuk lima nomor pertandingan di Asian Para Games 2018. Untuk cabang olahraga ini, tim tidak menargetkan apapun mengingat pesaing mereka adalah China dan Korea Selatan. Kedua negara ini sudah lebih dulu mendalami olahraga boccia, sehingga jam terbang kedua atlet tersebut lebih jauh dibandingkan Indonesia.

ANCOL_KAWASAN_INI BOCCIA CABANG OLAHRAGA BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Tidak menargetkan apapun bukan berarti para atlet dapat bertanding sesukanya, tim Indonesia serius mempersiapkan pertandingan di Asian Para Games 2018 dengan mengikuti training camp di Korea Selatan untuk mempelajari teknik dan strategi lebih dalam.

Di Asian Para Games 2018 di Jakarta, Boccia akan dilaksanakan pada Tanjung Priok Sports Hall, Jalan Yos Sudarso No. 25-26, RT.6/RW.13, Kebon Bawang, Tanjung Priok, RT.19/RW.5, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14320.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.