MENTENG _KAWASAN_INI BUAH JADI ASAL USUL NAMA MENTENG JAKARTA_EMIL_1100 X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Ini Buah yang Jadi Asal-Usul Menteng Jakarta

Mungkin tidak sedikit yang masih belum mengetahui bahwasanya nama kawasan Menteng Jakarta Pusat yang terkenal sebagai kawasan elit di Ibu Kota diambil dari nama buah. Ya, Anda tidak salah mendengar, nama ini memang diambil dari buah yang memiliki bentuk mirip duku bila dilihat secara sekilas. Buah Menteng sempat menjadi buah bibir usai Bayu Meghantara selaku Walikota Jakarta Pusat menanam bibitnya di Taman Menteng Jakarta.

Bila ditarik benang merahnya, pada masa perkembangan awal Jakarta, tepatnya di era Kolonialisasi Belanda, dikabarkan terdapat banyak pepohonan buah-buahan yang tumbuh subur di kawasan Menteng. Sebagaimana dilansir dari jakarta.bisnis.com (17/10/2018), di antara pohon-pohon tersebut terdapat pohon Menteng yang paling banyak, karena itu nama Menteng pun melekat di area Jakarta Pusat ini.

Buah Menteng

Sekadar informasi, Menteng merupakan nama pohon yang menghasilkan buah dengan kombinasi rasa kecut serta manis. Pohon serta buah tanaman ini juga memiliki nama lain yakni kepundung dan memang dikenal sebagai tumbuhan asli dari Pulau Jawa. Buah serta pohon dari tanaman ini memang sudah terbilang langka tapi bila penasaran, Anda bisa melihatnya di Taman Menteng Jakarta.

[Baca Juga: Belajar Mengenal Tanaman di Taman Menteng]

Munculnya bibit pohon ini di Taman Menteng Jakarta sebenarnya dipicu program penanaman pohon serentak di lima wilayah DKI Jakarta. Di mana setiap bibit pohon yang ditanam merupakan tanaman yang jadi khas wilayah tersebut.

Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, menyebut langkah ini juga dilakukan agar generasi penerus dapat melihat dan mengetahui jenis pohon yang namanya melekat di kawasan Menteng Jakarta. Sebagaimana dilansir dari jakarta.tribunnews.com, langkah penanaman juga dipandang sebagai bentuk proses budi daya pohon yang menjadi bagian dari ciri khas Jakarta Pusat.

Buah Menteng

[Baca Juga: Restoran Plataran Menteng, Cerminan Bangunan Mewah Era Kolonial]

Selain untuk dikonsumsi sebagai makanan, ternyata usut punya usut pohon yang namanya diabadikan menjadi nama kawasan Menteng Jakarta ini juga memiliki manfaat sebagai obat. Pasalnya, kulit dan daun pohon Menteng disinyalir dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk diare serta pelancar haid. Kemudian buahnya juga bisa dimanfaatkan untuk asinan dan sirup.


Read More

Artikel Lainnya

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTi p.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTip

29 November 2022, 13:43

Platform kreator konten TipTip baru-baru ini meraih suntikan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures.

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Jut a.jpg

Bisnis

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta

29 November 2022, 11:42

Pemprov DKI Jakarta pada pekan ini secara resmi mengumumkan bahwa UMP Ibu Kota akan naik sekitar Rp259 ribuan dibandingkan angka sebelumnya.

bebk.jpg

Kuliner

Resto Bebek Emas, Cara Beda Makan Bebek Peking Panggang

29 November 2022, 09:40

Ini loh cara baru menikmati bebek peking! Di Resto Bebek Emas Anda bisa menikmati bebek peking panggang dengan lalapan dan sambal khas tradisional.


Comments


Please Login to leave a comment.