Ini Cara Agar Bibir Tidak Pecah-pecah Saat Berpuasa

Kesehatan

Ini Cara Agar Bibir Tidak Pecah-pecah Saat Berpuasa

Bibir kering dan pecah-pecah saat menjalankan ibadah puasa tampaknya secara tidak langsung berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Penampilan terasa tak optimal lantaran bibir terasa kering.

Bagaimana tidak, selama berpuasa 13-14 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi agar bibir tidak kering dan tetap sehat saat berpuasa.

[Baca Juga: Melembabkan Wajah dengan 5 Face Mist Lokal Ini]

1. Lipbalm

Lipbalm berfungsi untuk melembabkan kulit bibir agar tidak kering atau pecah-pecah. Manfaat lipbalm juga bisa dirasakan oleh pria. Disarankan untuk menggukanan lipbalm yang natural tidak berwarna agar tak mencolok selama berpuasa.

2. Madu

Madu merupakan obat segala penyakit. Agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya Anda oleskan madu di atas bibir sebelum berpuasa dan minumlah madu sebanyak tiga sendok makan ketika berbuka ataupun saat sahur.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

3. Air Putih

Meminum air putih sangatlah penting untuk mengembalikan cairan tubuh. Mmenenggak air putih pun sanggup melembabkan bibir sehingga terhindar dari kekeringan. Maka, cukupilah asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari saat sahur atau pun berbuka.

4. Hindari Makanan Asin atau Pedas

Mengonsumsi makanan asin secara berlebih dapat membuat mulut Anda menjadi kering. Sehingga bisa menimbulkan bibir pecah-pecah. Hal ini bisa terjadi lantaran asupan cairan tubuh diserap oleh garam.

Sama halnya dengan makanan pedas, sebaiknya dihindari dikonsumsi berlebihan karena mampu membuat bibir Anda pecah-pecah dan haus sepanjang hari.

5. Kurangi Mengonsumsi Minuman Kafein saat Berbuka atau Sahur

Kebiasaan yang sulit dihilangkan orang-orang ketika berpuasa ialah mengonsumsi minuman dan makanan apa saja saat berbuka. Seakan membalaskan dendam dari rasa lapar yang dirasakan sebelumnya, justru kebiasaan itu bisa menimbulkan penyakit baru.

[Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Orang yang Berpuasa]

Maka, untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya hindari atau paling tidak batasi asupan kafein saat berbuka maupun sahur. Dengan mengurangi asupan kafein pada tubuh, bibir Anda akan terselamatkan dari kelembaban kulit.

Mungkin sulit untuk pecinta kopi, namun tidak ada salanya untuk mencoba teh panas atau teh hijau untuk hidangan berbuka. Meminum teh sangat baik untuk tubuh dan menjauhkan Anda dari penyakit.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.