Ini Cara Ajarkan Anak untuk Hidup Hemat

Pendidikan

Ini Cara Ajarkan Anak untuk Hidup Hemat

Bagi orangtua untuk mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik sudah menjadi tanggung jawabnya. Apa pun dilakukan orangtua agar si anak tidak tumbuh jadi seseorang yang banyak melakukan kesalahan dalam hidupnya. Terapkanlah aturan di dalam rumah maupun di luar rumah yang harus dijalani anak. Termasuk dalam menerapkan konsep berhemat sejak dini dalam hidup si anak agar terbiasa saat dewasa nanti. Berikut cara ajarkan anak untuk hidup hemat seperti dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (27/8/2019).

Ini Cara Ajarkan Anak untuk Hidup Hemat

  • Membiasakan Anak untuk Menabung

Anak yang sudah diberi uang jajan dari orangtuanya tentunya perlu diberi arahan dan bimbingan agar anak bisa menggunakan uangnya dengan baik. Alangkah baiknya Anda mulai ajarkan anak untuk membiasakan dirinya menabung. Siapkan celengan dengan bentuk yang menarik agar anak merasa senang untuk menabung di celengan dengan bentuk yang menarik itu. Atau bila perlu, buka rekening di salah satu bank untuk anak Anda.

[Baca Juga: Ini 3 Hal yang Bisa Menghemat Biaya Pesta Pernikahan]

  • Jelaskan Manfaat Hidup Hemat

Jelaskan pada anak tentang pentingnya hidup hemat. Berikan alasan kenapa anak harus bisa hidup hemat dan apa manfaatnya buat sang anak bila bisa menerapkan hidup hemat. Beri arahan tentang perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Jangan biarkan anak membeli barang yang disukainya hanya karena ingin, padahal barang yang ingin dibeli sudah ada di rumah.

  • Beri tahu Cara Mendapatkan Uang

Ceritakan pada anak contoh kasus Anda mendapatkan uang dari hasil bekerja atau dagang dengan gaya cerita yang menarik. Tentunya tidak dengan bahasa yang membuat sang anak jadi berpikir keras dan nampak kebingungan. Beri penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami anak seusianya. Bila hal ini tidak disampaikan kepada anak, anak Anda akan menganggap mendapatkan uang sangatlah mudah dan mudah pula dibelanjakan menurut keinginannya sendiri.

[Baca Juga: Trik Siasati Hemat Biaya Traveling Domestik dan Luar Negeri]

  • Coba Membandingkan Harga

Bila Anda sedang berbelanja berbagai kebutuhan, libatkan anak untuk memilih barang yang Anda butuhkan. Kemudian, libatkan anak untuk berpikir membandingkan harga di tempat lain. Dengan begitu, anak akan mulai terbiasa membandingkan harga saat belanja sendiri.

  • Tekankan Pentingnya Rasa Syukur

Beri contoh yang riil agar anak Anda mengerti tentang pentingnya rasa syukur. Beritahu anak tentang kondisi orang lain yang tidak lebih baik dari Anda. Beri pengertian padanya, bahwa dengan berhemat, anak Anda jadi mengerti rasa syukur yang sesungguhnya. Cara ini sekaligus juga melatih anak untuk berempati pada orang lain.

Tidak susah bukan, mengajarkan anak untuk hidup hemat? Semoga kelima tips ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin ajarkan anak cintai alam dan lingkungannya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.