Ini Cara Alami Bersihkan Area Dapur

Properti dan Solusi

Ini Cara Alami Merawat 4 Alat Dapur yang Sulit Dibersihkan

Dapur merupakan area yang mudah kotor karena aktivitas masak-memasak yang dilakukan penghuni rumah. Ketika area dapur kotor tentu sebaiknya segera dibersihkan agar tidak meninggalkan noda yang membandel. Namun, sebagian orang justru malas dan menunda untuk membersihkannya. Untuk membersihkan peralatan yang berada di sekitar dapur, tidak perlu membeli produk pembersih di luar, Anda bisa membersihkannya dengan memanfaatkan beberapa bahan pokok dapur seperti cuka, baking soda, maupun lemon.

[Baca Juga: Inilah Manfaat Lemon yang Bagus untuk Kesehatan]

Berikut cara membersihkan area dapur dengan menggunakan bahan dapur, terutama alat-alat dapur yang butuh perawatan ekstra, seperti dilansir dari laman myrecipes.com (03/12/2019).

Ini Cara Alami Bersihkan Area Dapur Kompor

1) Kompor

Banyak aktivitas yang dilakukan di kompor, maka area tersebut selalu saja kotor bahkan ada sisa-sisa kotoran yang membandel. Untuk membersihkan kompor, Anda bisa melarutkan 2 sendok makan baking soda yang dicampur dengan satu liter air hangat dalam botol semprotan. Lalu semprotkan pada area kompor, diamkan sekitar 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan lap atau kain microfiber.

Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

2) Oven

Oven memiliki sisi kotoran dan noda setelah memanggang makanan. Untuk menghilangkan sisa kotoran tersebut, Anda bisa menyemprot dengan pembersih khusus oven, biarkan meresap selama beberapa jam atau semalaman. Biasanya bila Anda membeli produk pembersih khusus oven akan mengeluarkan aroma yang sangat kuat, pastikan semua jendela dan pintu terbuka saat menyemprotkannya. Namun, bila Anda ingin membersihkannya dengan menggunakan bahan alami, Anda bisa membuatnya dengan campuran soda kue, cuka, garam dan sedikit air untuk membersihkan bagian dalam oven. Biarkan campuran ini larut dalam semalam, keesokan harinya bersihkan.

Ini Cara Alami Bersihkan Area Dapur Kulkas

3) Kulkas

Buang semua makanan yang sudah lama hingga berjamur, dan makanan yang tidak pernah Anda makan. Gunakan cairan pencuci piring dengan air hangat untuk membersihkan kaca interior dan rak.

Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

4) Microwave

Siapkan mangkuk atau gelas untuk membuat larutan air yang dicampur dengan cuka. Isikan air setengahnya saja lalu campurkan dengan cuka secukupnya. Taruhlah mangkuk atau gelas ke dalam microwave Anda dan panaskan larutan tersebut sekitar 5 hingga 8 menit untuk menghasilkan uap yang menyebar di dalam microwave yang memungkinkan Anda dengan mudah mengelap bagian dalam microwave Anda hingga bersih.

[Baca Juga: 5 Cara Efektif Bersihkan Noda Dengan Soda Kue]

Jangan menunda membersihkan area dapur bila tidak ingin susah membersihkan noda-noda yang membandel. Dapur yang bersih akan membuat penghuni rumah nyaman.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.