Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir

Properti dan Solusi

Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir

Di awal tahun 2020 wilayah di Jabodetabek dikejutkan dengan bencana banjir yang melanda beberapa kawasan. Bahkan, di beberapa tempat, banjir mampu menghanyutkan puluhan mobil yang sedang parkir. Selain itu, muncul juga beberapa korban akibat banjir tahun ini. Beberapa korban diketahui meninggal karena hipotermia, terbawa arus hingga tertimbun tanah longsor.

Namun ada satu lagi yang harus diwaspadai ketika banjir tiba, yakni bahaya aliran listrik. Diketahui, Air yang bersifat konduktif bisa menjadi medium penghantar listrik yang baik. Untuk itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun memberikan beberapa panduan dalam menangani perlengkapan listrik ketika listrik melanda. Berikut beberapa tipsnya yang dilansir PingPoint.co.id dari keterangan tertulis PLN yang diterima PingPoint.co.id (2/1/2020)

[Baca Juga: Akibat Banjir, Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan]

Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir Matikan Listrik

1) Matikan Listrik

Bagi kalian yang terdampak banjir namun listrik rumah masih tetap menyala, pastikan pertama-tama untuk mematikan aliran listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Sebab mematikan sumber aliran listrik adalah langkah awal saat banjir diketahui mulai meninggi. Hal itu demi keselamatan keluarga dan orang sekitar. Hal itu pula yang menjadi alasan PLN untuk memadamkan listrik ketika banjir melanda. Namun jika kalian merasa takut untuk memadamkan listrik rumah, kalian bisa menghubungi Contact Center PLN di nomer 123. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile atau pergi ke Kantor PLN Terdekat dan meminta untuk memadamkan listrik di rumah kalian.

Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir Cabut Seluruh Peralatan Listrik

2) Cabut Seluruh Peralatan Listrik

Ketika meninggalkan rumah untuk mengungsi, pastikan tidak barang elektrokin yang tersambung dengan stop kontak. Jika masih ada, dikhawatirkan dapat menyebabkan korsleting aliran listrik dan akhirnya membuat peralatan elektronik menjadi rusak.

Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir Alat Elektronik

3) Pindahkan Alat Elektronik ke Tempat yang Aman

Ketika sadar banjir mulai meninggi, paling tidak kalian bersiap untuk memindahkan alat elektronik terlebih dahulu ke tempat yang aman. Hal itu agar tidak terendam air. Baru setelah aman kalian bisa memasang lagi alat elektronik seperti biasanya.

“Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Ikhsan Asaad.

[Baca Juga: Jangan Panik, Coba Lakukan Ini Ketika Ponsel Terendam Akibat Banjir]

Yang juga perlu diperhatikan ketika musim hujan seperti ini adalah jangan sekali-kali kalian berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, panel, JPU, dan lainnya. Selain itu, jika melewati genangan, ada baiknya kalian menggunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari risiko bahaya termasuk tegangan listrik bocor.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.