Ini Cara Atasi Karyawan Toxic ala Presiden Direktur Avrist Assurance

Bisnis

Ini Cara Atasi Karyawan Toxic ala Presiden Direktur Avrist Assurance

Di lingkungan profesional seperti kantor, pasti terdapat berbagai karyawan yang memiliki tabiat yang beragam. Di mana mereka bekerja demi mengejar target serta misi dari perusahaan tempat mereka bernaung. Sayangnya di antara tabiat ini, ada saja yang termasuk dalam kategori toxic employee atau karyawan yang cenderung mengganggu keharmonisan kantor, tak mematuhi aturan, bahkan bisa memicu merugikan perusahaan. Bila dihadapi dengan kondisi seperti ini, Presiden Direktur Avrist Assurance Anna Leonita memiliki caranya sendiri.

Di setiap perusahaan, masalah karyawan toxic pasti hampir selalu ada. Dari mulai mereka yang tak bisa mengikuti kultur di perusahaan hingga karyawan yang lebih memilih untuk membicarakan hal-hal negatif mengenai atasan atau tempatnya bekerja demi menanamkan opininya kepada karyawan yang lain. Sikap negatif seperti inilah yang bergerak layaknya “virus” dan mengganggu upaya tim dalam perusahaan.

Ini Cara Atasi Karyawan Toxic ala Presiden Direktur Avrist Assurance

Bekerja di dunia keuangan selama 20 tahun, tentu saja membuat Anna Leonita tak asing lagi dengan permasalahan seperti ini. Apalagi sejak ia ditunjuk menjadi presiden direktur dari perusahaan Avrist Assurance dan membuatnya menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut. Bila dihadapi dengan kondisi ini, perempuan yang masuk dalam daftar Gorbes Asia’s Power Businesswomen 2019, ia akan menilai personal dari karyawannya terlebih dahulu.

[Baca Juga: Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman]

“Saya kira setiap orang itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya, saya tidak mau fokus kelemahan dari tim, teman-teman atau karyawan di perusahaan. Seperti yang saya bilang, sebagai seorang wanita, saya memiliki empati yang lebih tinggi. Di situ saya selalu fokus apa sih yang mesti ditingkatkan dari karyawan ini, saya tidak mau beranggapan (dia) ini toxic,”ujarnya kepada PingPoint.co.id di sela-sela Avrist Warrior Woman Media Talk Show di UnionSPACE, Satrio Tower lantai 16, Jln. Prof. DR. Satrio, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (10/12/2019).

Dari penilaian terhadap karyawan tersebut, Anna bisa menarik benang merah kira-kira apa yang membuatnya melakukan hal-hal yang mungkin bisa mengganggu ritme tim atau lingkungan kerja. “Mungkin penempatan yang kurang pas di pekerjaan atau mungkin dia enggak cocok untuk pekerjaan itu. Tugas kita sebagai pemimpin di perusahaan untuk menggali apa yang pas untuk karyawan tersebut,” tuturnya.

[Baca Juga: Ini Sosok Wirausahawati dari Avrist Warrior Woman]

Presiden Direktur Avrist Assurance itu menerapkan apa yang dilakukan untuk anak-anaknya di rumah serupa untuk karyawan di perusahaannya. Jadi Anna Leonita memberikan kesempatan untuk buah hatinya berkreasi dalam melihat di mana bakatnya dapat diterapkan dan hal ini menurutnya juga bisa diterapkan untuk karyawan yang dipandang toxic employee. “Kita harus kasih kesempatan itu dan balik lagi tergantung ke karyawan itu. Apakah dia mau menjalani dan menerima tantangan yang baru itu atau tidak,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 years, 12 months lalu
    octavia

    Yuks bergabung dengan dupa88. net Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan