Ini Cara Cegah Penumpukan Asam Laktat Saat Olahraga

Kesehatan

Ini Cara Cegah Penumpukan Asam Laktat Saat Olahraga

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, asam laktat muncul ketika Anda berolahraga dan ini merupakan hal yang alamiah. Sayangnya jika terjadi penumpukan asam laktat maka Anda akan merasa ketidaknyamanan pada tubuh. Contohnya adalah nyeri pada bagian otot, kram di titik tertentu tubuh, hingga rasa mual. Walau ini merupakan kondisi yang alamiah, tentu saja penumpukan asam laktat akan cenderung mengganggu kegiatan Anda pasca-berolahraga. Kira-kira bisakah kondisi ini dicegah?

Kondisi ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan sejumlah rutinitas yang bisa Anda lakukan ketika berolahraga. Penasaran apa saja? Berikut ini sejumlah cara untuk mencegah penumpukan asam laktak saat berolahraga, sebagaimana dilansir dari healthline.com (24/9/2019).

Ini Cara Cegah Penumpukan Asam Laktat Saat Olahraga

  • Rutin Konsumsi Air

Salah satu hal yang penting jika Anda berolahraga adalah tetap rutin mengonsumsi air. Usahakan setidaknya minum delapan gelas air setiap harinya dan ini perlu ditingkatkan sebelum hingga sesudah olahraga.

Pandangan utama mengenai konsumsi air ketika berolahraga adalah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tapi percaya atau tidak, konsumsi air saat berolahraga juga membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan asam laktat serta membantu nutrisi untuk menghasilkan energi.

[Baca Juga: Ini Pemicu Nyeri Otot Hingga Rasa Mual Usai Berolahraga]

  • Berikan Waktu Jeda

Penumpukan asam laktat yang memicu rasa nyeri dan pegal-pegal sebenarnya bisa dicegah juga dengan olahraga rutin. Namun istirahat atau memberikan waktu jeda yang cukup juga dibutuhkan. Jadi jika Anda olahraga rutin setiap harinya, usahakan ada waktu sehari untuk mengistirahatkan otot-otor sekaligus memberikan kesempatan tubuh memecah asam laktat yang berlebihan sehingga tidak terjadi penumpukan di sesi olahraga keesokan harinya.

  • Berlatih Pernapasan yang Baik

Pada dasarnya asam laktat tercipta ketika tubuh membutuhkan energi sedangkan oksiden yang dihantarkan di tubuh tidak bisa menandingi intensitas dari kegiatan fisik yang Anda lakukan. Oleh karena itu pelatihan napas yang baik sehingga dapat memberikan lebih banyak oksigen ke tubuh dapat memperlambat produksi asam laktat.

Untuk latihannya, Anda bisa dengan membiasakan menarik napas perlahan dari hidung dan hembuskan melalui mulut. Usahakan untuk menahan napas selama beberapa detik usai menghirup. Metode latihan pernapasan ini bisa Anda lakukan secara rutin agar terbiasa ketika sedang sesi olahraga.

  • Jangan Lupa Peregangan

Pemanasan merupakan hal yang lumrah dilakukan sebelum berolahraga tapi melakukan peregangan secara rutin lebih baik lagi. Anda bisa mencoba peregangan pada pagi dan malam setiap harinya. Ini dapat membantu sirkulasi pernapasan di tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan meredakan keteganga di otot. Tentu saja dengan membantu proses sirkulasi pernapasan maka dengan peregangan, oksiden yang dibawa ke otot pun lebih banyak.

  • Konsumsi Jus Jeruk

Mungkin ini terdengar sepele tapi mengonsumsi jus jeruk sebelum Anda berolahraga dapat menjadi rutinitas yang baik. Terdapat penelitian yang melibatkan 26 perempuan berusia paruh baya dengan kondisi berat badan berlebihan untuk berolahraga tiga kali setiap pekannya selama tiga bulan.

Kemudian para perempuan itu dibagi dua kelompok, ada yang diminta rutin minum jus jeruk sebelum berolahraga dan ada yang tidak. Ternyata di kelompok yang rutin minum jus jeruk diketahui tubuh mereka menunjukkan kadar asam laktat yang lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak minum. Selain itu, mereka yang minum jus jeruk juga disebut memperlihatkan peningkatan kinerja fisik kala berolahraga.

[Baca Juga: Inilah Olahraga yang Cocok Berdasarkan Usia]

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah kemungkinan terjadinya penumpukan asam laktat saat Anda berolahraga. Salah satu kunci yang penting juga adalah jangan terlalu paksaan tubuh Anda untuk berolahraga berat dan fokus pada rutinitas. Jika ingin melakukan peningkatan terhadap intensitasnya, lakukan secara perlahan dalam jangka waktu tertentu demi membiasakan tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.