Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Smartphone untuk Membuat Film

Pendidikan

Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Ponsel Pintar untuk Membuat Film

Sutradara Joko Anwar akan menjadi salah satu mentor pada pelatihan yang digelar Samsung bernama Galaxy Movies Studio.Bersama dua orang sutradara lainnya yakni Yandi Laurens dan Sammaria Simanjuntak, Joko akan memberikan pengalamannya dalam memproduksi sebuah film hanya dengan menggunakan ponsel pintar.

[Baca Juga: Ulasan: Film Pertama Jagat Sinema Bumilangit Gundala Buat Kagum]

"Dengan mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan membuat konten melalui Galaxy Movie Studio, dapat menjadi awal yang baik untuk masyarakat maupun Indonesia dalam menciptakan bibit-bibit film,” kata Joko Anwar.

Dalam kesempatan tersebut, Sutradara film Gundala itu juga memberikan beberapa tips pre-produksi film kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan ponsel pintarnya untuk membuat film. Apa saja ya kira-kira?

Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Smartphone untuk Membuat Film

1) Gali Ide

Untuk menjadi film maker kata Joko, tentu perlu sebuah ide dan wawasan yang luas. Ia pun menyarankan untuk tidak membuat film yang hanya mengikuti tren semata. Cobalah berusaha untuk berpikir out of the box namun juga jalan ceritanya tetap dapat dinikmati.

2) Segera Catat Ide yang Ada di Kepala

Kebanyakan orang mempunyai banyak ide di kepala, namun urung direalisasikan. Maka dari itu, langsung segera catat apabila memiliki ide di di kepala. Karena menurut Joko Anwar, tidak ada ide yang tidak berguna untuk sebuah proses pembuatan film. Jika semua ide telah tercatat, itu bisa menjadikan imajinasi kalian semakin kaya dan lebih kreatif dari segi jalan cerita.

3) Ubah Naskah Kamu Menjadi Visual

Sebelum era ponsel pintar seperti saat ini kata Joko, para sutradara harus menggambar secara manual menggunakan kertas dan alat tulis ketika akan membuat storyboard. Namun kini ketika mulai marak penggunaan ponsel pintar, Joko pun dengan mudah membuat visual nyata dari sebuah adegan dengan menggunakan videoboard. Apalagi kata Joko, dengan kehadiran ponsel pintar yang memiliki S Pen seperti Galaxy Note 10+, pembuatan floorplan untuk penggambaran posisi kamera, kru, properti hingga aktor jadi lebih mudah.

[Baca Juga: Samsung Gandeng 3 Sutradara Ajarkan Buat Film dengan Smartphone]

Bagi yang ingin tau lebih lanjut, kalian bisa mengikuti pelatihan Galaxy Movies Studio yang akan digelar secara online maupun offline. Untuk online nya sendiri akan dimulai pada bulan Desember di akun Youtube Samsung Indonesia. Sementara untuk pelatihan offline, akan digelar di lokasi-lokasi tertentu untuk memberikan kesempatan bagi para pengguna ponsel Galaxy menggali potensinya bersama para 3 sutradara kawakan tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Carry on Snacks, Camilan Praktis dari A&W

Kuliner

Carry on Snacks, Camilan Praktis dari A&W

12 December 2019, 19:00

Restoran A&W Indonesia menghadirkan menu baru yang dibuat praktis untuk para konsumen. Variannya terdiri dari french fries, chicken strips, chicken chunks, dan fries cube.

Sambut Natal dan Tahun Baru, RedDoorz Bagi-Bagi Promo Menarik

Bisnis

Sambut Natal dan Tahun Baru, RedDoorz Bagi-Bagi Promo Menarik

12 December 2019, 18:00

RedDoorz bagi bagi promo menginap akhir tahun dengan potongan harga hingga 40 persen. Gunakan kode PINGPOINT40 dalam program promo akhir tahun RedDoorz Sultan.

Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Diramaikan Berbagai Inovasi

Berita Kawasan

Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Ramai Berbagai Inovasi

12 December 2019, 17:00

Untuk memberikan wadah untuk para instansi di bidang pendidikan dan kesehatan, Kabupaten Bekasi mengadakan Gelar Inovasi Daerah.

Mitsubishi dan PMI Sepakati Mobil Listrik Sebagai Unit Tanggap Darurat

Kesehatan

Mitsubishi dan PMI Sepakati Mobil Listrik untuk Unit Tanggap Darurat

12 December 2019, 16:00

Mitsubishi pinjamkan mobil listirk kepada PMI demi menunjang ekspedisi unit tanggap darurat. Kesepakatan kedua belah pihak sudah ditandatangani


Comments


Please Login to leave a comment.