Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Smartphone untuk Membuat Film

Hobi dan Hiburan

Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Ponsel Pintar untuk Membuat Film

Sutradara Joko Anwar akan menjadi salah satu mentor pada pelatihan yang digelar Samsung bernama Galaxy Movies Studio.Bersama dua orang sutradara lainnya yakni Yandi Laurens dan Sammaria Simanjuntak, Joko akan memberikan pengalamannya dalam memproduksi sebuah film hanya dengan menggunakan ponsel pintar.

[Baca Juga: Ulasan: Film Pertama Jagat Sinema Bumilangit Gundala Buat Kagum]

"Dengan mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan membuat konten melalui Galaxy Movie Studio, dapat menjadi awal yang baik untuk masyarakat maupun Indonesia dalam menciptakan bibit-bibit film,” kata Joko Anwar.

Dalam kesempatan tersebut, Sutradara film Gundala itu juga memberikan beberapa tips pre-produksi film kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan ponsel pintarnya untuk membuat film. Apa saja ya kira-kira?

Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Smartphone untuk Membuat Film

1) Gali Ide

Untuk menjadi film maker kata Joko, tentu perlu sebuah ide dan wawasan yang luas. Ia pun menyarankan untuk tidak membuat film yang hanya mengikuti tren semata. Cobalah berusaha untuk berpikir out of the box namun juga jalan ceritanya tetap dapat dinikmati.

2) Segera Catat Ide yang Ada di Kepala

Kebanyakan orang mempunyai banyak ide di kepala, namun urung direalisasikan. Maka dari itu, langsung segera catat apabila memiliki ide di di kepala. Karena menurut Joko Anwar, tidak ada ide yang tidak berguna untuk sebuah proses pembuatan film. Jika semua ide telah tercatat, itu bisa menjadikan imajinasi kalian semakin kaya dan lebih kreatif dari segi jalan cerita.

3) Ubah Naskah Kamu Menjadi Visual

Sebelum era ponsel pintar seperti saat ini kata Joko, para sutradara harus menggambar secara manual menggunakan kertas dan alat tulis ketika akan membuat storyboard. Namun kini ketika mulai marak penggunaan ponsel pintar, Joko pun dengan mudah membuat visual nyata dari sebuah adegan dengan menggunakan videoboard. Apalagi kata Joko, dengan kehadiran ponsel pintar yang memiliki S Pen seperti Galaxy Note 10+, pembuatan floorplan untuk penggambaran posisi kamera, kru, properti hingga aktor jadi lebih mudah.

[Baca Juga: Samsung Gandeng 3 Sutradara Ajarkan Buat Film dengan Smartphone]

Bagi yang ingin tau lebih lanjut, kalian bisa mengikuti pelatihan Galaxy Movies Studio yang akan digelar secara online maupun offline. Untuk online nya sendiri akan dimulai pada bulan Desember di akun Youtube Samsung Indonesia. Sementara untuk pelatihan offline, akan digelar di lokasi-lokasi tertentu untuk memberikan kesempatan bagi para pengguna ponsel Galaxy menggali potensinya bersama para 3 sutradara kawakan tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.