Ini Cara Kawan Lama Retail dalam Hadapi Era Disrupsi Bisnis Ritel

Bisnis

Ini Cara Kawan Lama Retail dalam Hadapi Era Disrupsi Bisnis Ritel

Saat ini tak bisa dipungkiri terjadi rintangan cukup berat bagi para pengusaha bisnis ritel di era digital yang memunculkan banyak disrupsi. Mengingat banyak konsumen yang cenderung lebih senang berbelanja secara online dibandingkan datang langsung ke toko konvensional. Namun dalam keadaan ini, pihak Kawan Lama Group melalui Kawan Lama Retail justru telah membuka ratusan toko baru di tahun 2019 untuk berbagai unit bisnisnya di Indonesia. Bahkan perusahaan ini baru saja meresmikan sembilan usahanya di Neo Soho Mall, Jakarta Barat secara bersamaan.

Sekadar informasi, era disrupsi yang dimaksud di sini adalah inovasi digital yang masuk ke pasar dunia, termasuk Indonesia. Inovasi ini memicu pola hidup mayoritas masyarakat yang memindahkan segala kegiatannya yang kerap dilakukan di dunia nyata ke internet. Hal ini pun memicu “penjegalan” para pengusaha bisnis ritel dengan para konsumennya yang akhirnya cenderung menggunakan metode e-commerce untuk berbelanja.

Ini Cara Kawan Lama Retail dalam Hadapi Era Disrupsi Bisnis Ritel

Penjegalan ini pun tak dipungkiri juga terasa oleh unit bisnis dalam naungan Kawan Lama Group. “Era disrupsi seperti ini merupakan kondisi yang tidak mudah bagi mayoritas, tidak hanya ritel sebenarnya yang menganggap ini sesuatu yang challenging. Bahkan kalau kita lihat dunia FMCG (fast moving consumer goods) juga mengalami penurunan itu menurut data-data yang saya baca,” tutur Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi pada konferensi pers Kawan Lama Retail di Neo Soho Mall, Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat (16/10/2019).

[Baca Juga: Serentak! Kawan Lama Retail Buka 9 Usaha di Neo Soho]

Demi menghadapi tantangan ini, ia menyebut, pihak Kawan Lama Group bergerak secara hati-hati dalam mengembangkan bisnisnya, seperti ACE dan INFORMA. Hal ini termasuk dalam pendirian toko atau gerai baru, seperti kapan waktunya, di mana, hingga posisi atau layout yang tepat. Menurut Nana, hal yang diterapkan perusahaannya dalam menghadapi era disrupsi digital ini adalah terkait fleksibilitas.

“Sampai dengan saat ini, bisnis kami secara overall bertumbuh dengan cukup baik. Nah, berbekal dari itu, kami pun punya kepercayaan dengan adanya era disrupsi seperti ini, selama kami masih bisa tetap fleksibel, menyesuaikan diri, adaptatif perkembangan-perkembangan yang ada, seharusnya potensi itu masih bisa tetap kita kejar untuk tetap bisa berkembang,” ungkapnya.

[Baca Juga: Bijak Menyikapi Era Digitalisasi pada Bisnis Ritel]

Dari dasar pemikiran di atas, Kawan Lama Retail memandang dibutuhkan suatu langkah yang membuat bisnis ritelnya tetap dipandang lebih baik oleh para konsumennya sehingga menganggap disrupsi digital sebagai tantangan bisnis. “(Langkah) yang paling diutamakan adalah dengan mengutamakan customer, bagaimana membuat customer satisfied berbelanja di toko-toko kami. Itu mencakup bagaimana kami mengerti apa yang dibutuhkan oleh para customer semuanya. Tentu kami melakukan riset, banyak berdialog juga dengan customer, mengamati perkembangan yang ada, dan memastikan kami cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada,” pungkasnya


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.