Ini Cara Kawan Lama Retail dalam Hadapi Era Disrupsi Bisnis Ritel

Bisnis

Ini Cara Kawan Lama Retail dalam Hadapi Era Disrupsi Bisnis Ritel

Saat ini tak bisa dipungkiri terjadi rintangan cukup berat bagi para pengusaha bisnis ritel di era digital yang memunculkan banyak disrupsi. Mengingat banyak konsumen yang cenderung lebih senang berbelanja secara online dibandingkan datang langsung ke toko konvensional. Namun dalam keadaan ini, pihak Kawan Lama Group melalui Kawan Lama Retail justru telah membuka ratusan toko baru di tahun 2019 untuk berbagai unit bisnisnya di Indonesia. Bahkan perusahaan ini baru saja meresmikan sembilan usahanya di Neo Soho Mall, Jakarta Barat secara bersamaan.

Sekadar informasi, era disrupsi yang dimaksud di sini adalah inovasi digital yang masuk ke pasar dunia, termasuk Indonesia. Inovasi ini memicu pola hidup mayoritas masyarakat yang memindahkan segala kegiatannya yang kerap dilakukan di dunia nyata ke internet. Hal ini pun memicu “penjegalan” para pengusaha bisnis ritel dengan para konsumennya yang akhirnya cenderung menggunakan metode e-commerce untuk berbelanja.

Ini Cara Kawan Lama Retail dalam Hadapi Era Disrupsi Bisnis Ritel

Penjegalan ini pun tak dipungkiri juga terasa oleh unit bisnis dalam naungan Kawan Lama Group. “Era disrupsi seperti ini merupakan kondisi yang tidak mudah bagi mayoritas, tidak hanya ritel sebenarnya yang menganggap ini sesuatu yang challenging. Bahkan kalau kita lihat dunia FMCG (fast moving consumer goods) juga mengalami penurunan itu menurut data-data yang saya baca,” tutur Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi pada konferensi pers Kawan Lama Retail di Neo Soho Mall, Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat (16/10/2019).

[Baca Juga: Serentak! Kawan Lama Retail Buka 9 Usaha di Neo Soho]

Demi menghadapi tantangan ini, ia menyebut, pihak Kawan Lama Group bergerak secara hati-hati dalam mengembangkan bisnisnya, seperti ACE dan INFORMA. Hal ini termasuk dalam pendirian toko atau gerai baru, seperti kapan waktunya, di mana, hingga posisi atau layout yang tepat. Menurut Nana, hal yang diterapkan perusahaannya dalam menghadapi era disrupsi digital ini adalah terkait fleksibilitas.

“Sampai dengan saat ini, bisnis kami secara overall bertumbuh dengan cukup baik. Nah, berbekal dari itu, kami pun punya kepercayaan dengan adanya era disrupsi seperti ini, selama kami masih bisa tetap fleksibel, menyesuaikan diri, adaptatif perkembangan-perkembangan yang ada, seharusnya potensi itu masih bisa tetap kita kejar untuk tetap bisa berkembang,” ungkapnya.

[Baca Juga: Bijak Menyikapi Era Digitalisasi pada Bisnis Ritel]

Dari dasar pemikiran di atas, Kawan Lama Retail memandang dibutuhkan suatu langkah yang membuat bisnis ritelnya tetap dipandang lebih baik oleh para konsumennya sehingga menganggap disrupsi digital sebagai tantangan bisnis. “(Langkah) yang paling diutamakan adalah dengan mengutamakan customer, bagaimana membuat customer satisfied berbelanja di toko-toko kami. Itu mencakup bagaimana kami mengerti apa yang dibutuhkan oleh para customer semuanya. Tentu kami melakukan riset, banyak berdialog juga dengan customer, mengamati perkembangan yang ada, dan memastikan kami cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada,” pungkasnya


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.