Ini Cara Komunitas Wahiha Inakucha Peringati Hari Disabilitas Internasional 2020.jpg

Berita Kawasan

Ini Cara Komunitas Wahiha Inakucha Peringati Hari Disabilitas Internasional 2020

Pada 3 Desember 2020, seluruh dunia tengah memperingati momen Hari Disabilitas Internasional dan menjadi momentum untuk masyarakat global menaruh perhatian sekaligus mendorong penyelesaian persoalan yang harus dihadapi oleh para penyandang disabilitas atau Insan Berkebutuhan Khusus (IBK). Dalam momentum ini komunitas Wadah Himpunan Harapan Indonesia ku Bercahaya (Wahiha Inakucha) memilih untuk turun ke jalan demi memperjuangkan hak IBK dalam bekerja dan bermasyarakat.

Kegiatan ini digelar Wahiha Inakucha bersama dengan mitra komunitas tersebut di wilayah Jabodetabek. Di mana mereka membagikan stiker serta pamflet yang bertujuan demi meningkatkan rasa peduli masyarakat Tanah Air terhadap para IBK. Apalagi kegiatan ini bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional 2020 sehingga menjadi momen yang tepat dalam usaha mengakhiri diskriminasi yang kerap menimpa IBK.

Ini Cara Komunitas Wahiha Inakucha Peringati Hari Disabilitas Internasional 202 0.jpg

“Sesuai dengan tema HDI 2020, ‘Not All Disabilities Are Visible' atau dalam bahasa Indonesia adalah 'Tidak Semua Disabilitas Terlihat’, kami ingin mengajak seluruh masyarakat lebih peka terhadap IBK,” ucap Inisiator Wahiha Inakucha Maria Isabella, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (3/12/2020).

Kegiatan yang digelar Wahiha Inakucha ini juga berangkat dari pandangan komunitas tersebut terhadap potensi dari pada IBK yang masih belum “tergali” secara maksimal di ranah pekerjaannya. Contohnya adalah perihal perusahaan di Indonesia yang terbilang masih selekif dalam memilih calon karyawannya, khususnya bagi mereka yang memang berstatus sebagai penyandang disabilitas.

[Baca Juga: Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia]

Perihal ranah profesional di dunia kerja, baik itu di perusahaan atau instansi, menurut Maria, lembaga pendidikan hanya berfokus pada IBK yang masih berusia anak-anak sampai belia sedangkan yang sudah menginjak usia dewasa tak lagi mendapatkan support. Padahal bila mengacu ke UU RI No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabiliitas, menurut inisiator komunitas Wahiha Inakucha itu, seharusnya terdapat harapan kesetaraan hak serta kesempatan bagi IBK untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, mandiri, serta sejahtera tanpa adanya diskriminasi.

“Kami berharap ke depan agar dapat lebih banyak memberikan support sistem terhadap mereka, yang tadinya dianggap tidak ada menjadi lebih bermakna, karena dengan menciptakan wadah yang tepat maka mereka merupakan bagian aset bangsa,” imbuh Maria.

Terkait persoalan perjuangan hak IBK berusia dewasa agar memiliki kesempatan yang sama inilah memang menjadi visi dari Wahiha Inakucha. Karena komunitas ini disebut didirikan dalam usaha memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas agar bisa berkarya dan kelak menjadi insan yang mandiri serta mampu turut berkompetitif tanpa adanya diskriminasi.

Read More

Artikel Lainnya

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

Kuliner

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

25 January 2021, 18:35

Para tamu dapat menikmati masakan Tionghoa autentik dan hidangan khas Indonesia sekaligus sebagai pengalaman kuliner yang unik di restoran NSNTR.

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

Kesehatan

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

25 January 2021, 17:39

Mohammad Idris mengatakan, pencanangan kampanye plasma konvalesen ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

Bisnis

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

25 January 2021, 16:38

Sebanyak 380 ekor burung berkicau asal Ende, Nusa Tenggara Timur, gagal diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya .jpg

Hobi dan Hiburan

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya

25 January 2021, 15:41

Penyanyi solo Aldiv secara resmi merilis single perdananya yang berisi curahan hati mengenai cinta yang bertepuk sebelah tangan.


Comments


Please Login to leave a comment.