Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air

Pemerintah Indonesia beberapa waktu terakhir terus berupaya memperkuat pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air. Upaya terus digeber sejak tahun 2021 dan tentu saja ini tak terlepas dari umat Muslim di Indonesia yang angkanya menyentuh lebih dari 86 persen dari total penduduk Indonesia. Bahkan kabarnya ekonomi syariah di Tanah Air kerap masuk ke daftar 10 besar secara global. Pengembangan ekonomi syariah juga turut mendapatkan dukungan dari dunia perbankan dengan salah satunya adalah PT Bank Maybank Indonesia (Maybank) yang melalui unit usahanya mendorong peningkatan produk halal.

Pada awalnya ekonomi syariah dipandang hanya menyasar sektor keuangan tapi dengan waktu yang berjalan diketahui bahwa sektor riil juga penting masuk ke dalam target pengembangannya, contohnya adalah sektor produksi makanan serta minuman halal hingga fashion. Sektor inilah yang ingin didorong oleh pengembangannya oleh Maybank melalui Unit Usaha Syariah atau UUS. Hal ini dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai brand lokal yang memang sudah memiliki nama di tengah masyarakat Tanah Air guna menghadirkan produk yang mendukung sepenuhnya gaya hidup halal.

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air.jpg

“Sekarang ini, industri produk halal tak hanya fokus pada makanan dan minuman, namun juga mencakup sektor lainnya, seperti pakaian, kosmetik, hingga pariwisata. Oleh karena itu, kami bersinergi dengan sejumlah pengusaha lokal untuk menggiatkan produksi serta pengadaan produk halal tersebut. Pengembangan industri halal tentunya membutuhkan proses panjang yang tak mudah dan peran serta seluruh pihak, termasuk dari sektor keuangan syariah untuk bersama-sama mengembangkan industri dan ekonomi syariah,” tutur Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (4/10/2022).

[Baca Juga: Sebulan Lagi! Ini Tips Asupan untuk Hadapi Maybank Marathon 2022]

Selain melalui kolaborasi, UUS Maybank Indonesia terbuka untuk memberikan layanan perbankan syariah dari mulai untuk pembiayaan, investasi, sampai transaksi. Contoh pembiayaan syariah yang diberikan kepada muhil (nasabah) bisa dalam bentuk untuk modal kerja hingga usaha untuk membeli aset (mesin sampai properti) dengan target jenis usaha UKM, limit yang diberikan dimulai dari Rp300 juta-Rp50 miliar. Hadirnya UUS di Maybank terbilang mendapatkan respons yang positif dari nasabah melihat dalam lima tahun terakhir, UUS mengklaim laju rata-rata pertumbuhan asetnya sebanyak 13,1 persen dengan totalnya sampai Juni 2022 ada Rp41,1 triliun.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.