Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Kesehatan

Ini Cara Menteri Terawan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Masuknya wabah Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 membuat gempar masyarakat Indonesia. Di berbagai pusat perbelanjaan, masker serta hand sanitizer menjadi buruan warga yang khawatir tertular virus tersebut.

Padahal seperti yang telah diinformasikan oleh Kementerian Kesehatan maupun Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa penggunaan masker sebetulnya tidak berpengaruh bagi orang yang memiliki tubuh sehat.

“Selain itu, tetap sama yang sakit pake masker yang sehat tidak perlu pake masker. Itu ketentuan WHO. Yang sakitlah yang pake masker, yang sehat tidak perlu kecuali melakukan tindakan di rumah sakit dan sebagainya,” ujar Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto saat berjumpa dengan wartawan di Jakarta (4/3/2020).

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Bahkan Terawan lebih menyarankan agar masyarakat memperkuat sistem imunitas tubuh dan lebih memperhatikan kondisi badan dibanding menggunakan masker.

Salah satu cara untuk memperkuat sistem imun tubuh kata Terawan adalah dengan menekankan pola hidup bersih dan sehat. Contohnya dengan makan-makanan yang bergizi seperti buah dan sayur, mengonsumsi air putih, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta berolahraga. Selain itu kata Terawan, menjaga pola tidur yang benar juga sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh.

Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

“Imunitas tubuh kita jangan sampai turun gara-gara banyak aktivitas kerja sehingga berkurangnya jam tidur. Kalau tidur kurang, ya imunitasnya turun, pola makan yang cukup. Bisa kita naikkan lewat program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),” terangnya.

Satu lagi yang penting menurut Terawan agar tubuh tetap sehat adalah dengan memiliki pola pikir yang positif. Caranya dengan menjaga hati dan pikiran atau Psikoneuroimunologi melalui informasi yang positif.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Dengan adanya pola pikir yang positif, maka imun tubuh akan naik, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Berbeda halnya dengan kepanikan, stress, dan kegelisahan yang justru akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

“Kalau kita mendapatkan persepsi hal-hal yang salah terus, membuat kita khawatir, cemas. Imunitas tubuh kita itu turun,” ucap Terawan.

Terakhir, Terawan pun mengimbau agar masyarakat senantiasa untuk selalu berdoa agar masyarakat dihindarkan dari segala penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.