Repot Mengurus Dua Anak Usia Balita Begini Caranya

Pendidikan

Ini Cara Menyenangkan Temani Anak Bermain dengan Balita di Rumah

Selama SFH selain belajar, anak juga butuh kegiatan bermain. Maka orangtua bersiap untuk menemani bermain. Hak anak untuk bermain sudah tercantum pada undang-undang No 23 2002 tentang perlindungan anak. Dalam pasal 11, berbunyi, “Setiap anak berhak untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri.”

Anak-anak memiliki kesempatan untuk menikmati waktu bermainnya, dengan memilih kegiatan bermain yang mereka sukai. Dengan bermain, anak butuh merasakan kesenangan dengan melakukan kegiatan yang disukainya tanpa adanya aturan tertentu.

Cara Ajarkan Anak Disiplin Sejak Usia Emas

“Dalam kegiatan bermain, proses menjadi lebih penting dari pada tujuan. Di mana saat proses tersebut ada unsur yang menyenangkannya, karena anak merasa tertantang dan menikmatinya,” ucap Psikolog Efriyani Djuwita saat memberikan materi tentang menemani anak bermain di rumah melalui siaran Zoom (05/05/2020).

Efriyani menyebutkan kegiatan bermain untuk sang anak memiliki manfaat dari berbagai aspek, antara lain:

1) Aspek Fisik dan Motorik

Pada bayi aktivitas fisiknya baru bisa tiduran terlentang di tempat tidur dengan caranya bermain yaitu mengangkat jempol kakinya. Dengan bermain seperti itu, bayi bisa menguasai badannya dan melatih kekuatan ototnya. Sedangkan dari Keterampilan motoriknya, halsu anak-anak bermain memasukkan bola-bola kecil ke dalam mangkuk main-annany saat ia mengambil bola, itu melaih ketermapilan motoriknya.

[Baca Juga: Bermain di Luar Ruangan Jadi Momen Belajar untuk Anak-Anak]

2) Aspek Kognitif

Kegiatan bermain ini melibatkan keterampilan bahasa. Misalnya saat bermain tebak kata ini dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Dan permainan yang melibatkan kemampuan problem solving.

3) Aspek Emosi

Saat anak bermain anak juga belajar berempati pada teman bermainnya.

4) Aspek Sosial

Saat anak bermain dengan teman atau orangtua, anak memiliki kesempatan untuk berbagi, bergiliran, atau berkomunikasi lebih baik dengan orang-orang di sekitarnya.

[Baca Juga: Bermain Sambil Belajar untuk Buah Hati Melalui Lego]

Efriyani melanjutkan, bermain sangat penting dilakukan untuk anak di tahap awal perkembangannya. Dan, saat orangtua menemani anak bermain, maka orangtua perlu mengetahui tahap perkembangan anaknya. Untuk anak usia 0-2 tahun anak berada pada sensor motorik, yaitu belajar melalui panca indra.

7 Cara Efektif Tambah Kosa Kata Anak 18 Bulan

Sedangkan anak usia 2-5 tahun sudah mampu berbahasa yang merupakan ciri kemampuan yang mengerti tentang simbol, “Misalnya bila sang ibu berkata es krim, maka anak sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk, rasa, dan warnanya,” jelas Efriyani.

Lebih lanjut, Efriyani menjelaskan berbagai peranan orangtua yang bisa dilakukan untuk menemani balita bermain di rumah:

  1. Orangtua menjadi teman bermain anak. Misalnya saat anak bermain dokter, orangtua bisa menjadi pasiennya
  2. Peran orangtua sebagai play leader, yakni memiliki inisiasi permainan anak, tetapi tetap memberikan ruang pada anak untuk berimprovisasi
  3. Orangtua mengamati dengan tetap melibatkan diri. Ketika anak meminta bantuan dapat dibantu dengan sesegera mungkin
  4. Orangtua dapat menyediakan aktivitas atau benda-benda yang dibutuhkan anak untuk bermain.

Kalau pun orangtua sibuk dengan kegiatannya saat di rumah, Efriyani mengimbau kepada orangtua agar tidak cuek dengan anak saat ia bermain. “Hal ini sangat bahaya pada anak yang berada di bawah usia lima tahun karena harus selalu mendapat pengawasan,” tandasnya.

Efriyani juga menyarankan, agar anak merasakan kebahagiaan saat bermain, yang perlu orangtua lakukan adalah selalu tersenyum bahkan tertawa ataupun melakukan eyescontact.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.