Ini Cara Pemkot Bandung Awasi Keluarga Penerima Bantuan PKH BSN

Berita Kawasan

Ini Cara Pemkot Bandung Awasi Keluarga Penerima Bantuan PKH & BSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat, terutama di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Sembako Nasional (BSN) diharapkan dapat meringankan warga yang terdampak serta yang kurang mampu.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Yana mengatakan, saat ini banyak sekali warga terdampak. Ia pun ingin beragam bantuan yang datang bisa disalurkan secara merata kepada yang benar-benar membutuhkan.

[Baca Juga: Batasi Pengunjung, Harga Tiket Tempat Wisata di Bandung Barat Naik 30%]

Agar bansos dapat tepat sasaran, Pemkot Bandung akan memasang tanda berupa stiker yang nantinya ditempel di rumah penerima bantuan. Dengan begitu, maka masyarakat lain juga dapat ikut terlibat memantau kelayakan dan juga kondisi si penerima bantuan.

“Mudah-mudahan dengan verifikasi dan validasi ini, warga saling mengawasi. Sehingga jika dia (penerima) sudah lebih mampu atau naik kelas, bisa memberikannya kepada yang lebih berhak,” ujar Yana.

Pemkot Bandung Siapkan Bantuan Tunai Bagi Warga Terdampak COVID-19

Penandaan penerima bantuan PKH dan BSN ini kata Yana, akan dilakukan pihaknya secara masif di 30 kecamatan di Kota Bandung. Harapannya, dapat menyadarkan oknum-oknum nakal yang sebenarnya mampu, namun tetap menerima bantuan. Sementara itu bagi warga yang berhak menerima bantuan namun tidak terdata, bisa langsung segera lapor ke perangkat desa terkait seperti RT, RW dan kelurahan.

“Kalau transparan, orang bisa lihat kenapa sekarang menerima atau tidak. Padahal sebenarnya dia terkena dampak misalkan, makanya cepet-cepet lapor RT, RW, kelurahan,” terangnya.

[Baca Juga: Daop 2 Bandung Kembali Operasikan Kereta Api Jarak Jauh]

Adapun PKH dan BSN merupakan program pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu masyarakat kurang mampu yang berdomisili di luar Jabodetabek. Mereka yang berhak menerima adalah warga miskin, lansia atau disabilitas serta masyarakat yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi COVID-19. Lewat bantuan tersebut, masyarakat berhak mendapatkan bantuan sebesar 600 ribu rupiah per bulannya dari pemerintah.


Read More

Artikel Lainnya

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad

23 March 2023, 18:17

Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program In i.jpg

Bisnis

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini

21 March 2023, 11:48

Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023

20 March 2023, 14:47

Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syaria h.jpg

Bisnis

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah

17 March 2023, 10:29

Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    Slot Games QQHarian Terbaik & Terlengkap Se Indonesia. Ingin menghasilkan uang asli hanya dengan bermain? Daftar sekarang di QQHARIAN ( bisa cari atau search di google )

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys.....