Ini Cara Pemkot Bandung Awasi Keluarga Penerima Bantuan PKH BSN

Berita Kawasan

Ini Cara Pemkot Bandung Awasi Keluarga Penerima Bantuan PKH & BSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat, terutama di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Sembako Nasional (BSN) diharapkan dapat meringankan warga yang terdampak serta yang kurang mampu.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Yana mengatakan, saat ini banyak sekali warga terdampak. Ia pun ingin beragam bantuan yang datang bisa disalurkan secara merata kepada yang benar-benar membutuhkan.

[Baca Juga: Batasi Pengunjung, Harga Tiket Tempat Wisata di Bandung Barat Naik 30%]

Agar bansos dapat tepat sasaran, Pemkot Bandung akan memasang tanda berupa stiker yang nantinya ditempel di rumah penerima bantuan. Dengan begitu, maka masyarakat lain juga dapat ikut terlibat memantau kelayakan dan juga kondisi si penerima bantuan.

“Mudah-mudahan dengan verifikasi dan validasi ini, warga saling mengawasi. Sehingga jika dia (penerima) sudah lebih mampu atau naik kelas, bisa memberikannya kepada yang lebih berhak,” ujar Yana.

Pemkot Bandung Siapkan Bantuan Tunai Bagi Warga Terdampak COVID-19

Penandaan penerima bantuan PKH dan BSN ini kata Yana, akan dilakukan pihaknya secara masif di 30 kecamatan di Kota Bandung. Harapannya, dapat menyadarkan oknum-oknum nakal yang sebenarnya mampu, namun tetap menerima bantuan. Sementara itu bagi warga yang berhak menerima bantuan namun tidak terdata, bisa langsung segera lapor ke perangkat desa terkait seperti RT, RW dan kelurahan.

“Kalau transparan, orang bisa lihat kenapa sekarang menerima atau tidak. Padahal sebenarnya dia terkena dampak misalkan, makanya cepet-cepet lapor RT, RW, kelurahan,” terangnya.

[Baca Juga: Daop 2 Bandung Kembali Operasikan Kereta Api Jarak Jauh]

Adapun PKH dan BSN merupakan program pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu masyarakat kurang mampu yang berdomisili di luar Jabodetabek. Mereka yang berhak menerima adalah warga miskin, lansia atau disabilitas serta masyarakat yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi COVID-19. Lewat bantuan tersebut, masyarakat berhak mendapatkan bantuan sebesar 600 ribu rupiah per bulannya dari pemerintah.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 7 months lalu
    anisa

    Slot Games QQHarian Terbaik & Terlengkap Se Indonesia. Ingin menghasilkan uang asli hanya dengan bermain? Daftar sekarang di QQHARIAN ( bisa cari atau search di google )

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys.....