Ini Cara Pemkot Tangerang Antisipasi COVID-19 Varian Omicron.jpg

Kesehatan

Ini Cara Pemkot Tangerang Antisipasi COVID-19 Varian Omicron

Saat ini dunia kembali dibayangi varian baru di COVID-19 yang disinyalir lebih cepat penularannya dibandingkan varian Delta, yakni varian Omicron. Kondisi ini pun langsung memicu pemerintah pusat bersiaga demi mencegah varian baru dari virus SARS-CoV-2 masuk ke Indonesia. Tak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga melakukan upayanya sendiri. Salah satunya adalah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang meminta masyarakat untuk terus waspada dan menggenjot upaya vaksinasinya yang nyaris berada di angka 100 persen.

Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan telah menerima instruksi dari pemerintah pusat terkait ancaman virus SARS-CoV-2 varian B.1.1.529 atau yang dikenal dengan nama Omicron. Di mana virus yang disebut berasal dari Afrika Selatan ini telah mulai menyebar secara perlahan di sejumlah negara, khususnya di benua Eropa serta beberapa negara tetangga Tanah Air.

Ini Cara Pemkot Tangerang Antisipasi COVID-19 Varian Omi cron.jpg

“Pada dasarnya, arahan Kemenkes tidak jauh berbeda seperti saat varian covid-19 lainnya bermunculan. Yaitu, perketat kedisiplinan 5M dan pastikan anda, keluarga dan lingkungan anda telah mengikuti vaksinasi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (2/12/2021).

Selain kewaspadaan melalui protokol kesehatan (prokes) 5M, aspek vaksinasi memang sangat digarisbawahi oleh dr Dini. Karena menurutnya, COVID-19 sendiri penularannya melalui virus sehingga mau tidak mau Anda perlu divaksinasi sebagai langkah perlawanan terhadap potensi paparan. Sehingga ia meminta masyarakat di Kota Tangerang yang belum sama sekali mendapatkan vaksinasi agar segera menerima dosis vaksin COVID-19.

Dari sisi capaian vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Kepala Dinkes Kota Tangerang itu mengungkapkan bahwa untuk dosis pertama sudah mendekati angka 100 persen (target 1.479.301 jiwa), yaitu di 1.384.897 jiwa (94 persen) dengan dosis keduanya ada 1.041.759 jiwa (70 persen).

[Baca Juga: Sejauh ini Belum Ada Ditemukan Kasus COVID Omicron di Sumut]

Datangnya varian Omicron ini di dunia menjelang momen Natal dan Tahun Baru 2022 sehingga semakin meningkatkan kewaspadaan dari Pemkot Tangerang. Dari sini, dr Dini menambahkan agar masyarakat lebih bijaksana dalam menanggapi situasi tersebut apalagi jelang liburan. Mengingat pemerintah tak ingin terulang lagi hantaman COVID-19 seperti yang terjadi di gelombang kedua lalu.

“Menghadapi libur Nataru kita sama-sama tahu, telah dihantui dengan kasus COVID-19 gelombang ketiga. Hal ini, tidak bisa dianggap sepele, dan harus disikapi dengan bijaksana. Dengan itu ada baiknya, ikuti aturannya, jaga kesehatan keluarga, karena kita tau, kita sama-sama tidak mau pengetatan besar-besan kembali terjadi,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.