Ini Cara Pemprov Jawa Barat Bantu Petani dan Kebun Binatang Bandung.jpg

Berita Kawasan

Ini Cara Pemprov Jawa Barat Bantu Petani dan Kebun Binatang Bandung

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat yang saat ini telah diperpanjang menjadi PPKM Level 4 COVID-19 yang diterapkan di sejumlah wilayah di Tanah Air sangat berpengaruh terhadap berbagai hal. Dari mulai petani yang disinyalir kesulitan menjual hasil buminya akibat ekonomi masyarakat yang melemah bahkan hingga kebun binatang yang disinyalir kesulitan memberi makan hewan koleksinya karena tak ada tiket yang terjual. Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun berupaya mengatasi kedua hal ini layaknya “sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui”.

Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan Jawa Barat baru-baru ini membeli sayuran dari para petani di Kabupaten Sukabumi. Hal ini dilakukan karena para petani yang merasa kesulitan menjual hasil panen mereka akibat daya beli warga yang menurun yang dipicu kebijakan PPKM. Pembelian hasil panen ini juga dilakukan demi mencegah dibuangnya hasil jerih payah para petani.

Ini Cara Pemprov Jawa Barat Bantu Petani dan Kebun Binatang Bandun g.jpg

“Pada masa PPKM banyak masyarakat yang terdampak termasuk para petani di Kabupaten Sukabumi. Hasil panennya dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan sebagian dibuang karena tidak ada yang membeli dan sulit menjual ke pasar,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (5/8/2021).

Ribuan kilogram hasil panen petani itu pun kemudian dibawa ke Kebun Binatang Bandung untuk digunakan sebagai pakan hewan herbivora yang ada di sana. “Bantuan yang kita berikan berupa wortel 60 kilogram, waluh 359 kilogram, pakcoy 300 kilogram, sosin 400 kilogram, bonteng (timun) 250 kilogram, kangkung dan kacang panjang 10 kilogram,” jelas Epi.

Penyaluran bantuan sayur ini bukan tanpa sebab, mengingat Kebun Binatang Bandung mengaku kesulitan memberikan pakan hewan-hewannya sejak pemerintah menerapkan kebijakan PPKM. Pasalnya, objek wisata di Kota Kembang ini mengandalkan pengunjung untuk biaya operasionalnya dan ini tentu saja termasuk pemberian pakannya.

Eri melanjutkan, langkah yang dilakukan Dinas Kehutanan Jawa Barat ini diharapkan dapat diikuti masyarakat lainnya di Indonesia. Karena selain membantu sesama dengan membeli hasil panen petani, di sisi lain Anda juga membantu satwa-satwa yang turut terdampak pandemi.


Read More

Bandung Zoo

Kebun Binatang

+62222502770
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.