Ini Cara Unpad Tanggapi PSBB Jawa-Bali.jpg

Pendidikan

Ini Cara Unpad Tanggapi PSBB Jawa-Bali

Pemerintah pusat pada pekan ini mengumumkan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah Jawa dan Bali (PSBB Jawa-Bali) yang dikenal dengan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Kebijakan ini diambil untuk terus berusaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan mulai diberlakukan pada 11 sampai 25 Januari 2021 dengan salah satu wilayah yang masuk dalam kebjakan ini adalah Bandung Raya. Dalam menanggapi PSBB Jawa-Bali in, Universitas Padjadjaran (Unpad) mengumumkan kebijakan kegiatan di kampusnya.

Kebijakan yang diambil perguruan tinggi negeri itu adalah terkait pengaturan perkantoran di area kampusnya serta kegiatan tridarmanya (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat). Dengan langkah yang Unpad pilih adalah mengombinasikan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan bekerja di kantor atau Work From Office (WFO).

Ini Cara Unpad Tanggapi PSBB Jawa-Bali .jpg

“Universitas Padjadjaran tetap berkomitmen menjaga dan melakukan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 serta menjaga dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa untuk tetap sehat, produktif dan berkinerja,” jelas Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dalam surat edarannya terkait kebijakan pembatasan kegiatan di kampus, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (7/1/2021).

Melalui surat edaran yang dikeluarkan kemarin itu, Unpad membagi pengaturan pola kerja dengan 75 persen WFH dan 25 persen lainnya WFO. Dengan unit kerja di masing-masing fakultas mengatur penjadwalannya. Pihak Unpad juga memastikan bahwa untuk pegawainya yang WFO maka harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dibandingkan sebelumnya demi mendukung usaha pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Banyak Kasus COVID-19 Baru, Kota Bandung Kembali Perpanjang PSBB]

Kebijakan pembagian pola aktivitas di kampus ini hanya untuk dosen serta tenaga kependidikan dengan kegiatan mahasiswa yang sepenuhnya dilakukan secara daring. Di mana dari mulai perkuliahan, sidang, hingga kegiatan kemahasiswaan tidak boleh dilakukan di kampus dan dialihkan secara online. Sedangkan untuk dari sisi pelayanan, semuanya dilakukan daring juga.

Lalu aktivitas ibadah di area Masji Raya Unpad dan Masjid Al-Jihad juga turut diatur pada surat edaran dari Rektor Unpad. Di mana kapasitasnya hanya boleh 50 persen dengan protokol kesehatan ketat. Kemudian untuk pelayanan di fasilitas kesehatan Unpad seperti Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Klinik Kesehatan, Rumah Sakit Pendidikan, dan Sarana Pemeriksaan COVID-19 disebut tak ada perubahan tapi tetap dengan protokol kesehatan yang lebih ketat dibandingkan sebelumnya.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.