Hati-Hati Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir Leptospirosis

Kesehatan

Ini Cara Waspadai Leptospirosis di Kala Banjir

Di antara semua penyakit yang acap kali muncul di kala bencana banjir terjadi, ada satu yang kerap diwanti-wanti penyebarannya. Dengan genangan air yang masuk ke pemukiman warga dengan ketinggian yang beragam, tentu saja ini dapat memicu tercampurnya air tersebut dengan urine yang ditinggalkan hewan-hewan yang ikut terdampak banjir, seperti tikus. Inilah yang memicu leptospirosis dan bila tidak diwaspadai maka penyakit tersebut dapat menyebar dengan cepat di bencana seperti banjir Jakarta saat ini.

Ini Cara Waspadai Leptospirosis di Kala Banjir

Pada dasarnya leptospirosis merupakan penyakit yang dipicu infeksi akibat bakteri yang disebarkan melalui urine dari hewan, contohnya adalah tikus serta hewan ternak. Penyebaran dari penyakit ini kepada manusia biasanya terjadi ketika Anda bersentuhan dengan urine hewan-hewan tersebut secara langsung atau ketika terjadi kontak dengan air, tanah, hingga makanan yang terkontaminasi urine yang sudah terinfeksi bakteri Leptospira interrogans. Oleh karena itulah penyakit ini sangat mudah menyebar ketika terjadi bencana banjir.

[Baca Juga: Hati-Hati! Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir]

Bakteri Leptospira interrogans sendiri sebagaimana dilansir dari webmd.com (3/1/2020) biasanya tinggal di ginjal hewan dan menyebar ke air serta tanah melalui urine mereka. Sayangnya, hewan-hewan yang memiliki bakteri ini acap kali tidak memperlihatkan gejala bahwa mereka terinfeksi tapi tetap mampu menyebarkannya jika ada manusia yang kontak dengan air seni mereka.

Jika setelah Anda kontak dengan banjir dan memperlihatkan gejala seperti demam, sakit kepala, kedinginan, nyeri otot, muntah-muntah, mendadak sakit kuning, mata merah, sakit perut, diare, hingga ruam maka ada kemungkinan besar Anda terkena leptospirosis. Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang parah jika tak ditangani oleh medis seperti pendarahan di paru-paru, gagal ginjal, sampai pembengkakan jaringan yang menutupi otak.

Ini Cara Waspadai Leptospirosis di Kala Banjir

Jika Anda merupakan relawan atau salah satu pihak yang terdampak banjir Jakarta, terdapat beberapa langkah antisipasi demi menghindari leptospirosis. Sebagaimana dikutip dari cdc.gov (3/1/2020) berikut ini langkah tersebut:

  • Berusaha hindari kontak dengan air yang kemungkinan terkontaminasi urine hewan, khususnya air banjir.
  • Jangan berenang atau menelan air banjir.
  • Jika memang Anda akan menggunakan air dari sumber yang memang ada kemungkinan telah terkontaminasi air banjir, usahakan menebusnya terlebih dahulu atau meminta saran petugas medis mengenai bahan kimia apa yang aman untuk digunakan demi menangkal bakteri yang kemungkinan ada di sana.
  • Selalu menggunakan pakaian yang terlindungi, pastikan menggunakan sarung tangan karet dan sepatu bots, jika terpaksa melewati air banjir.

[Baca Juga: Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit]

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan demi menghindari kemungkinan terkena infeksi leptospirosis. Namun jika Anda merasakan gejala seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada baiknya langsung mengunjungi dokter atau posko kesehatan yang disediakan untuk melakukan pengecekan kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian,info bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... tapi jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...