Ini Cerita di Balik Seri Foto Kursi ala Roy Genggam

Berita Kawasan

Ini Cerita di Balik Seri Foto Kursi ala Roy Genggam

Bagi Roy Genggam, ide untuk proyek fotonya bisa datang dari mana saja. Baik dari dalam dirinya bak ilham yang muncul dan ingin diproyeksikan melalui lensa kameranya hingga dari faktor eksternal. Di antara begitu banyak proyek foto pribadinya yang menjadi realisasi ide dalam diri Roy Genggam terdapat tema yang terbilang unik dan lain dari yang lain. Pasalnya, fotografer kawakan ini menggunakan objek utamanya adalah kursi yang hingga saat ini sudah menghasilkan ratusan foto.

“Saya punya satu seri kursi. Kursi itu mungkin satu-satunya kursi di Indonesia yang berfoto dengan hampir 500 selebritis, ide itu bisa dari mana-mana,” ucap Roy Genggam kepada PingPoint.co.id di Studio Roy Genggam Photography, Jl. Albarkah No.2, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (25/11/2019).

Ini Cerita di Balik Seri Foto Kursi ala Roy Genggam

Kursi yang muncul dalam seri foto Roy Genggam ini pun tidak sembarangan.Walau dilihat sekilas ini layaknya kursi pada umumnya namun ini merupakan kursi Thonet yang berasal dari Eropa Timur. Usut punya usut, Thonet yang dimaksud oleh Roy Genggam adalah perusahaan mebel yang dibentuk oleh Michael Thonet di tahun 1800-an. Salah satu produknya yang paling terkenal adalah Komsumstuhl Nr.14 atau Kursi No.14 yang dibuat pada tahun 1859.

Kursi jenis Komsumstuhl Nr.14 inilah yang menjadi objek utama dalam seri foto Roy Genggam. Ketertarikan fotografer ini terhadap kursi ini ternyata sudah muncul sejak ia masih berkuliah di IKJ. Pasalnya, kala itu ia melihat keberadaan kursi tersebut di berbagai film dari negara lain yang ia tonton dan lambat laun ini memicu pandangan bahwa kursi ini terkesan “seksi”.

[Baca Juga: Solitude, Karya Roy Genggam Gambarkan Perempuan dengan Misteri]

Takdir tak sengaja akhirnya mempertemukan Roy Genggam dengan kursi Komsumstuhl Nr.14 pada tahun 1990-an ketika ia sedang memotret di Surabaya. Pada momen itu, ia juga memiliki rasa ketertarikan dengan barang-barang antik. “Saya masuk ke toko antik di Surabaya dan saya lihat kursi itu. Saya beli, Rp125.000 kalau enggak salah harganya cuman satu memang antik beneran,” sambungnya.

Ini Cerita di Balik Seri Foto Kursi ala Roy Genggam

Setelah kursi itu dikirim ke Jakarta, Roy Genggam kerap menggunakannya dalam sesi foto bersama selebritis Indonesia. Sudah terhitung hampir 500 selebritis Nusantara yang berpose dengan kursi tersebut. Dari mulai Agnez Monica ketika masih remaja, Project Pop, Mandra, almarhum Djaduk Ferianto, almarhum Bondan Winarno, Krisdayanti, bahkan hingga Ratu sebelum mereka bubar.

Selain itu, Roy Genggam juga memiliki kebiasaan untuk membawa kursi itu kemana-mana. Dari mulai pergi ke gunung, pantai, sungai, hingga perbukitan, ia tak lupa membawa kursi Komsumstuhl Nr.14. Ia selalu menyempatkan diri untuk menjadikan kursi itu sebagai model dalam fotonya dengan latar belakang lokasi yang dikunjungi.

[Baca Juga: Hewan Peliharaan dan Fotografi jadi Bagian Dunia Roy Genggam]

Bahkan yang paling menarik, pernah Roy Genggam pergi ke Parung bersama kursi itu dan kebetulan melihat bangunan yang hangus terbakar. Mendadak ia memiliki ide untuk memotret bangunan itu dengan kursi kesayangannya itu. Berdasarkan cerita warga setempat, bangunan tersebut sebelum dibakar merupakan lokasi prostitusi.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.