Ini Ciri-Ciri Penderita Jantung Terkena COVID-19

Kesehatan

Ini Ciri-Ciri Penderita Jantung Terkena COVID-19

Penderita penyakit jantung, seperti jantung kronis dan gagal jantung, bisa dikatakan sebagai orang-orang yang paling dikhawatirkan terkena infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Pasalnya, para penderita penyakit ini masuk ke dalam kategori kelompok rentan yang dapat mengalami komplikasi akibat penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut. Apalagi ini ditambah dengan salah satu indikasi tubuh kita terinfeksi COVID-19 adalah sesak yang sebenarnya kerap dialami penderita penyakit jantung. Lantas bagaimana ciri-ciri bahwa penderita jantung terinfeksi Virus Corona ini.

Ini Cara Ibadah Puasa Aman untuk Penderita Jantung dan Hipertensi

Menurut Dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP memang terdapat ciri-ciri khusus yang harus diperhatikan penderita jantung jika dirinya merasa terkena COVID-19. Hal ini diungkapkannya pada webinar yang digelar Klinik LightHOUSE Indonesia pada 12 Mei 2020. Di mana ia menyoroti bagaimana COVID-19 dapat memicu komplikasi penyakit yang gejalanya mirip dengan sesak akibat serang jantung.

“Jadi COVID ini sendiri memang memberikan komplikasi ke seluruh tubuh kita. Jadi yang awal-awal kita tahu selain dari sistem pernapasan juga memberikan komplikasi pada sistem kardiovaskuler. Dia menyebabkan peradangan tidak hanya pada paru-paru tapi juga menyebabkan komplikasi pada radang otot jantung yang kita sebut miokarditis,” sebut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Royal Taruma tersebut pada sesi tanya jawab kulzoom bertajuk Sehat Saat Puasa di Masan Pandemi Bagi Penderia Jantung & Hipertensi (12/5/2020).

[Baca Juga: Penderita Sakit Jantung & Hipertensi Perhatikan Ini Saat Berbuka Puasa]

Selain itu penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 ini semakin menyerupai serangan jantung jika memicu gangguan pada pembuluh darah di jantung. Bila ini terjadi, menurut David maka muncul risiko efek seperti Anda terkena serangan jantung berat. Inilah yang sebenarnya semakin membuat keadaan seseorang yang terinfeksi COVID-19 berada dalam kondisi akut.

Dengan kondisi yang disebutkan di atas maka komplikasi COVID-19 dapat terlihat seperti serangan jantung. Namun menurut David, terdapat ciri-ciri yang bisa membuat seseorang penderita penyakit jantung dapat diketahui terkena COVID-19 dan bukan serangan jantung.

“Otomatis kalau misalnya COVID, kita harus curiga bahwa pasien ini memiliki riwayat kontak (dengan pasien positif COVID-19), tadi yang pertama. Kemudian ada riwayat pergi ke zona merah, ada riwayat demam. Kemudian dia berkomplikasi, seperti yang kita ketahui ada gejala seperti serangan jantung (yang) sesaknya bertambah berat misalnya. Kemudian ada nyeri dada, ada perubahan pada rekaman jantung atau EKG. Kemudian pada laboratorium, kita dapatkan peningkatan dari enzim jantung dan ini mungkin bisa saja komplikasi dari COVID,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.