Ini Ciri Kursi Yang Kuat dan Tahan Banting

Properti dan Solusi

Ini Ciri Kursi Yang Kuat dan Tahan Banting

Kursi seakan menjadi barang wajib yang harus dimiliki di setiap rumah. Terutama untuk menjamu tamu atau kerabat yang berkunjung ke rumah. Untuk itu, memilih kursi yang awet dan tahan banting merupakan suatu keharusan. Sebab, kursi merupakan furniture yang digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Salah satu yang menjadi favorit masyarakat adalah kursi berbahan dasar kayu jati. Pemilihan kayu jati sebagai material untuk membuat kursi juga dikarenakan sifatnya yang kokoh dan juga awet. Selain itu, kayu jati juga memiliki ketahanan terhadap rayap dan juga cuaca, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai material kursi tamu.

[Baca Juga: Ini Cerita di Balik Seri Foto Kursi ala Roy Genggam]

Namun begitu, ternyata banyak pedagang yang sengaja memanfaatkan keunggulan kayu jati dengan memproduksi barang tiruan. Hal itu tentunya membuat konsumen rugi jika tidak cermat dalam membeli. Nah untuk itu PingPoint akan memberikan beberapa tips bagaimana mengetahui kursi berbahan kayu jati asli yang tentunya kuat dan tahan banting.

Ini Ciri Kursi Yang Kuat dan Tahan Banting Permukaan Halus

1) Permukaannya Halus

Permukaan kayu jati yang asli selalu terasa halus. Sebab, selain menggunakan pemoles buatan, kayu jati yang asli juga memproduksi cairan khusus yang memperhalus permukaan kayu. Kemudian cek juga ukiran-ukiran yang biasanya dibuat para pengrajin untuk memperindah tampilan kursi. Ukiran yang sengaja dibuat pengrajin biasanya halus. Berbeda dengan lubang yang dibuat karena kesalahan dari si pengrajin yang biasanya malah kasar.

2) Perhatikan Garis dan Mata Kayu.

Garis kayu jati asli memiliki alur yang halus dan presisi, rata dan tidak berkelok-kelok. Sementara, mata kayunya memiliki tekstur yang jelas dan tidak kabur. Selain itu, ketika membeli kursi berbahan kayu jati, perhatikan juga mata kayunya. Pilih kursi yang minim retakan mata kayu. Sebab seiring berjalannya waktu, mata kayu akan mengembang sehingga dapat merusak furniture.

3) Bobot Lebih Berat

Kursi dengan material kayu jati yang bagus biasanya lebih berat dibandingkan kursi dari bahan yang lain. Hal itu disebabkan, kayu jati asli memiliki serat kayu yang padat. Untuk mengeceknya, kalian bisa membandingkan kursi yang satu dengan kursi lain yang ukurannya sama.

Ini Ciri Kursi Yang Kuat dan Tahan Banting Cek Sambungan Kayu

4) Cek Sambungan Kayu

Sambungan kayu menjadi bagian penting agar kursi tetap kokoh dan tidak gampang roboh. Sambungan kayu juga menjadi penyambung antara dudukan kursi dengan kaki kursi. Pastikan bagian ini menyatu dengan rapat tanpa menimbulkan sela-sela agar kursi tidak rentan terhadap kerusakan.

[Baca Juga: Penggunaan Polywood Sebagai Pengganti Kayu Solid]

5) Warna Kayu Lebih Hidup

Untuk mendapatkan material kayu jati terbaik sebagai bahan pembuatan kursi, pilih kayu yang umurnya sudah tua. Hal itu bisa dilihat dari warnanya yang lebih hidup dibanding kayu jati yang berusia muda. Warna kayu jati yang berumur tua akan terlihat lebih hidup karena banyaknya pigmen kayu yang terbentuk pada kayu jati tua.

Ini Ciri Kursi Yang Kuat dan Tahan Banting Cek Kekuatan

5) Tes Kekuatan Kursi Sebelum Dibeli

Caranya, dengan meletakkan benda berat di atas kursi. Cobalah untuk duduk di kursi yang akan dibeli beberapa menit untuk merasakan kekokohan materialnya. Kursi yang baik, memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang tinggi.

Dengan menerapkan lima langkah pengecekan di atas, Pointers dapat memperolah kursi dengan kualitas prima. Kursi yang tahan banting pastinya akan awet dan tidak perlu diganti-ganti lagi. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.