Ingin Tetap Fit Dalam Kondisi Pandemi Pesan Makanan Di sini

Kesehatan

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19

Kala pandemi COVID-19, muncul kekhawatiran terhadap pangan yang dikonsumsi, terutama makanan yang dibeli melalui layanan pesan antar.

Menjawab hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan ciri pangan yang aman dikonsumsi dalam konferensi pers di Gedung BNPB yang ditayangkan melalui saluran Youtube BNPB, Rabu (3/6/2020).

Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM Emma Setyawati memaparkan bahwa pangan aman adalah pangan yang bebas dari cemaran biologi, kimia dan fisik. Emma mengatakan, mikroorganisme seperti virus, termasuk Virus Corona baru bernama SARS-CoV-2 adalah salah satu dari cemaran biologi.

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19.jpg

“Virus adalah cemaran biologi. Virus tidak ditularkan dari makanan, cuma dia [virus] bisa hidup di inang yang juga hidup. Nah, berarti dari tangan ke tangan, dari droplet, dan seterusnya,” jelas Emma.

Oleh karena itu, untuk memastikan pangan aman dari virus, kata dia, perlu diperhatikan bagaimana proses pangan tersebut diproduksi dan didistribusikan. “Berarti kita bicara produksinya, bagaimana kemudian dia [pangan] berpindah tangan dari produsen ke distributor, dan dari distributor ke masyarakat bagaimana,” lanjutnya.

[Baca Juga: Tips Membeli Makanan di Warung Makan Kala Pandemi COVID-19]

Emma menuturkan BPOM sudah membuat panduan manajemen pengedaran pangan untuk produsen dan distributor agar pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat tetap aman.

“Jadi sebetulnya kalau produksi dan distribusi pangan pedomannya dari dulu sudah ada. Tapi, sekarang [saat pandemi COVID-19] ada penambahan, yaitu protokol kesehatan,” kata Emma.

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19 1.jpg

Pangan yang aman, tutur Emma adalah pangan yang diproduksi dengan menerapkan protokol kesehatan. “Jangan sampai desak-desakan di sarana produksinya, pakailah masker, bahkan pakai penutup rambut. Pakai juga sarung tangan di tempat produksi. Ketika mengantarkan juga jangan sampai bersentuhan langsung dengan pangannya,” jelasnya.

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19 2.jpg

Emma pun menyebut bila hanya kemasan tersier pangan yang dapat disentuh agar pangan terhindar dari kuman. “Ada kemasan primer, sekunder, dan tersier. Nah, yang bisa disentuh ini kemasan tersiernya, yaitu yang kedap, yang tidak bisa membuat keringat masuk dan menempel di makanannya,”

[Baca Juga: Selain Lihat Tanggal Kedaluwarsa, Ini Cara Ketahui Kualitas Makanan]

Mengutip jurnal sains dan seni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3/6/2020), dijelaskan bahwa kemasan primer digunakan untuk langsung mewadahi produk olahan. Sementara itu, kemasan sekunder berfungsi untuk melindungi kelompok kemasan primer, sedangkan kemasan tersier digunakan apabila masih dibutuhkan pengemasan setelah primer dan sekunder.

Pedoman produksi dan distribusi pangan yang telah ditambahkan protokol kesehatan tersebut, sambung Emma, telah dibuat dalam satu buku. Selain melalui buku, Emma mengatakan pihak BPOM giat mengadakan konferensi dengan banyak pihak, termasuk dengan perusahaan penyedia jasa layanan antar makanan.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.