Ingin Tetap Fit Dalam Kondisi Pandemi Pesan Makanan Di sini

Kesehatan

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19

Kala pandemi COVID-19, muncul kekhawatiran terhadap pangan yang dikonsumsi, terutama makanan yang dibeli melalui layanan pesan antar.

Menjawab hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan ciri pangan yang aman dikonsumsi dalam konferensi pers di Gedung BNPB yang ditayangkan melalui saluran Youtube BNPB, Rabu (3/6/2020).

Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM Emma Setyawati memaparkan bahwa pangan aman adalah pangan yang bebas dari cemaran biologi, kimia dan fisik. Emma mengatakan, mikroorganisme seperti virus, termasuk Virus Corona baru bernama SARS-CoV-2 adalah salah satu dari cemaran biologi.

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19.jpg

“Virus adalah cemaran biologi. Virus tidak ditularkan dari makanan, cuma dia [virus] bisa hidup di inang yang juga hidup. Nah, berarti dari tangan ke tangan, dari droplet, dan seterusnya,” jelas Emma.

Oleh karena itu, untuk memastikan pangan aman dari virus, kata dia, perlu diperhatikan bagaimana proses pangan tersebut diproduksi dan didistribusikan. “Berarti kita bicara produksinya, bagaimana kemudian dia [pangan] berpindah tangan dari produsen ke distributor, dan dari distributor ke masyarakat bagaimana,” lanjutnya.

[Baca Juga: Tips Membeli Makanan di Warung Makan Kala Pandemi COVID-19]

Emma menuturkan BPOM sudah membuat panduan manajemen pengedaran pangan untuk produsen dan distributor agar pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat tetap aman.

“Jadi sebetulnya kalau produksi dan distribusi pangan pedomannya dari dulu sudah ada. Tapi, sekarang [saat pandemi COVID-19] ada penambahan, yaitu protokol kesehatan,” kata Emma.

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19 1.jpg

Pangan yang aman, tutur Emma adalah pangan yang diproduksi dengan menerapkan protokol kesehatan. “Jangan sampai desak-desakan di sarana produksinya, pakailah masker, bahkan pakai penutup rambut. Pakai juga sarung tangan di tempat produksi. Ketika mengantarkan juga jangan sampai bersentuhan langsung dengan pangannya,” jelasnya.

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19 2.jpg

Emma pun menyebut bila hanya kemasan tersier pangan yang dapat disentuh agar pangan terhindar dari kuman. “Ada kemasan primer, sekunder, dan tersier. Nah, yang bisa disentuh ini kemasan tersiernya, yaitu yang kedap, yang tidak bisa membuat keringat masuk dan menempel di makanannya,”

[Baca Juga: Selain Lihat Tanggal Kedaluwarsa, Ini Cara Ketahui Kualitas Makanan]

Mengutip jurnal sains dan seni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3/6/2020), dijelaskan bahwa kemasan primer digunakan untuk langsung mewadahi produk olahan. Sementara itu, kemasan sekunder berfungsi untuk melindungi kelompok kemasan primer, sedangkan kemasan tersier digunakan apabila masih dibutuhkan pengemasan setelah primer dan sekunder.

Pedoman produksi dan distribusi pangan yang telah ditambahkan protokol kesehatan tersebut, sambung Emma, telah dibuat dalam satu buku. Selain melalui buku, Emma mengatakan pihak BPOM giat mengadakan konferensi dengan banyak pihak, termasuk dengan perusahaan penyedia jasa layanan antar makanan.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.