Ini Daftar 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Ini Daftar 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Oatmeal jadi salah satu pilihan menu sarapan sehat yang cukup direkomendasikan banyak ahli gizi, khususnya bagi mereka yang sedang dalam program diet ringan ataupun memiliki kondisi tubuh tertentu. Kandungan baik di dalam oatmeal seperti serat, vitamin, mineral, gluten free hingga antidioksidan memberikan banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Oatmeal sendiri terbuat gandum utuh yang kemudian diolah menjadi gandum kering siap masak. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurnya dengan air panas atau susu dan ditambahkan dengan buah atau abon sebagai topping tambahan. Selain rasanya karena yang lezat, oatmeal juga memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat oatmeal.

Ini Daftar 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

1) Merawat Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Selain melancarkan, Kandungan beta-glucan di dalam oatmeal dapat menjadi lapisan gel yang merawat bagian dalam perut. Lapisan inilah yang kemudian melapisi dinding perut dan saluran pencernaan. Fungsi dari lapisan ini adalah sebagai bahan makanan bagi bakteri baik di dalam usus sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan mereka. Bakteri baik yang terjaga pertumbuhannya bisa membuat usus menjadi lebih sehat.

2) Mengurangi Gejala Sembelit

Masalah sembelit menjadi penyakit perut yang tidak boleh dianggap sepele. Kekurangan daya untuk mencerna sari makanan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Gangguan pencernaan ini biasanya terjadi pada saluran usus yang jarang dilewati oleh makanan. Maka dari itu, mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat mengurangi resiko gejala sembelit. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kandungan serat pada oatmeal dapat melancarkan pergerakan di area usus sehingga bias mencegah terjadinya sembelit.

[Baca Juga: 7 Manfat Oatmeal untuk Kecantikan]

3) Meredakan Gejala Insomia

Selain dijadikan hidangan sarapan, ternyata oatmeal juga dapat dikonsumsi malam hari. Melansir dari threatfood.com (19/5/2020), orang Eropa terbiasa mengonsumsi semangkok gandum pada malam hari untuk membuat tubuh lebih santai dan mempercepat rasa kantuk. Hal tersebut terjadi karena kandungan melatonin dan karbohidrat kompleks pada oatmeal membantu memasukan zat triptofan ke dalam otak. Selain itu, kandungan vitaminnya yang beragam juga bisa memproduksi lebih banyak serotonim di dalam otak sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks menjelang waktu beristirahat.

4) Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan polifenol di dalam oatmeal merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides sendiri berperan sebagai kandungan ekslusif antioksidan yang terdapat pada gandum. Senyawa antioksidan ini dapat memberikan beragam manfaat baik bagi tubuh, mulai dari meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan produksi asam nitrat.

[Baca Juga: Ternyata Gandum dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh!]

5) Merawat Kesehatan Kulit

Sejak tahun 2003, gandum koloid telah diakui sebagai salah satu zat pelindung kulit. Namun, manfaat gandum untuk kesehatan kulit telah memiliki sejarah yang jauh lebih panjang, khususnya untuk mengatasi gatal-gatal dan iritasi. Gandum yang dimaksud di sini tentu berbeda dengan gandum yang dikonsumsi sebagai sarapan, melainkan dalam produk kosmetik. Diketahui juga bahwa kandungan koloid pada gandum dapat meredakan masalah kulit seperti eksim.

Kandungan baik pada oatmeal tidak hanya merawat tubuh dari dalam melainkan juga dari luar. Selain mengandung banyak serat, semangkok gandum juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga aman dikonsumsi untuk mengurangi asupan karbohidrat lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.