Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah

Bisnis

Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah

Data pemerintah memprediksi sekitar 600.000 sampai 700.000 orang berisiko terpapar Virus Corona SARS-CoV-2 atau virus Corona. Dilansir dari BBC.com (23/3/2020), tenaga kesehatan menilai tes massal efektif untuk memetakan pusat-pusat penyebaran virus. Kendati demikian, mereka juga mengimbau bila tren penyebaran pada suatu wilayah cenderung pesat dan sulit untuk menelusuri kasus, maka opsi penutupan wilayah atau lockdown layak dipilih.

Di Indonesia, penerapan lockdown mengacu pada UU Karantina Kesehatan. Dilansir dari Tempo.co (23/3/2020), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan, ada empat jenis pembatasan yang diatur dalam UU Karantina Kesehatan, yakni karantina rumah, karantina rumah sakit, karantina wilayah dan pembatasan sosial berskala besar.

[Baca Juga: Pemerintah Janjikan Insentif dan Santunan Bagi Petugas Medis COVID-19]

Karantina wilayah ini lah yang dikenal masyarakat dengan istilah lockdown dan wewenang untuk memutuskan yakni Menteri Kesehatan. Sampai saat ini, pemerintah sendiri belum berencana untuk melakukan karantina wilayah.

Namun, sejumlah negara seperti China dan Italia telah melakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus Corona. Di kawasan Asia Tenggara, otoritas pemerintahan Malaysia memutuskan untuk menerapkan lockdown.

Terdampak COVID-19, Pengusaha Minta Uluran Tangan Pemerintah

Beban Ekonomi

Lantas, apa saja dampaknya bila suatu wilayah menerapkan lockdown? Dilansir dari New Strait Times (24/3/2020), seorang profesor ekonomi dari Sunway University Business School, Yeah Kim Leng mengatakan, lockdown akan berimbas pada perekonomian suatu negara.

Hal itu terjadi karena pemerintah melarang perkumpulan atau kegiatan sosial, politik, keagamaan dan acara-acara yang dilakukan dalam jumlah orang yang banyak. Selain itu, kegiatan transaksi jual beli pun juga akan terdampak.

[Baca Juga: Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat]

Meski demikian, Yeah mengatakan kalau dampak ekonomi yang ditimbulkan tergantung dari berapa lamanya waktu lockdown yang diberlakukan. Bila lockdown dilakukan berkepanjangan, maka dapat menyebabkan bisnis bangkrut, pemutusan hubungan kerja dan memperparah penurunan ekonomi.

Kondisi pun akan kian memburuk bila lockdown turut dilakukan ke sektor bisnis, perkantoran dan pabrik. Kemungkinan buruk tersebut dapat terjadi karena akan ada kerugian produksi dan pendapatan. "Retail, hotel, restoran, transportasi dan industri terkait pariwisata akan paling terpengaruh karena orang akan diminta untuk tinggal di dalam ruangan," katanya.

Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah

Per 25 Maret 2020, 790 orang di Indonesia positif COVID-19. Sebanyak 58 diantaranya meninggal dunia dan 31 orang dinyatakan sembuh. Jakarta menjadi provinsi di Indonesia dengan jumlah kasus terbanyak, yakni 463 kasus. Dari total tersebut, sebanyak 23 orang meninggal dan 31 orang dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menetapkan status tanggap darurat selama 2 pekan ke depan (20/3/2020). Penetapan status tanggap darurat ini dibarengi dengan dikeluarkannya Surat Seruan Gubernur perihal imbauan kepada perkantoran di DKI Jakarta untuk menghentikan kegiatannya sementara waktu dan bekerja di rumah.

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.