Warga Green Bay Pluit Ikut Sosialisasi Virus Corona

Bisnis

Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia

Sejumlah sektor perekonomian di Indonesia terdampak akibat persebaran Virus COVID-19 atau Virus Corona. Sebelumnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada akhir tahun 2019 memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional akan mencapai 5,04 persen pada tahun 2020. Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Agus Eko Nugroho, mengatakan pembatasan ekspor-impor oleh pemerintah ke China sebagai dampak dari pencegahan Virus Corona ini menyebabkan Indonesia sulit mencapai angka tersebut.

“Akibat wabah Virus Corona menyebabkan pelemahan perekonomian Tiongkok mengalami kontraksi. Kondisi tersebut kemudian disusul dengan kebijakan pemerintah Indonesia tentang upaya pembatasan ekspor-impor ke Tiongkok membuat angka tersebut akan sulit untuk dicapai,” ujarnya, dalam siaran persnya (27/2/2020).

Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Panky Tri Febiansyah menyebutkan ada beberapa sektor yang terdampak akibat kebijakan pemerintah untuk mencegah persebaran virus Corona di Indonesia. Pertama, sektor pariwisata menjadi sektor yang terdampak pertama kali dengan potensi kerugian pendapatan devisa nasional mencapai 2 milyar dolar Amerika Serikat.

“Angka tersebut dari hasil simulasi berdasarkan perhitungan catatan 2019, ada 2 juta turis asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia dengan rata-rata lama tinggal 6 hari dan menghabiskan 157 dolar per orang per hari,” terangnya.

[Baca Juga: Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata]

Selain sektor pariwisata, sektor perdagangan juga diprediksi turut terdampak. Akibat pembatasan ekspor impor, sebanyak lebih dari 495 jenis komoditas dengan tujuan ekspor China akan terimbas. Kemudian sekitar 499 jenis barang impor dari China diperkirakan akan menyusut. Bahkan, katanya dapat menghilang dari pasar Indonesia.

“Sebagian besar produk yang merupakan barang konsumsi strategis akan memiliki implikasi serius terhadap inflasi dalam negeri. Pemerintah perlu memantau kondisi pasar mengingat pada potensi pergerakan harga menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Panky.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Terkait hal tersebut, ia menyarankan agar pemerintah, dalam hal ini khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberi kelonggaran jatuh tempo kredit bagi UMKM yang kemungkinan terdampak akibat pelemahan ekonomi China.

“Sejumlah langkah strategis harus dipersiapkan guna mereduksi potensi dampak negatif pelemahan perekonomian dan sejumlah blokade perdagangan akibat wabah COVID-19 ini,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.