Warga Green Bay Pluit Ikut Sosialisasi Virus Corona

Bisnis

Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia

Sejumlah sektor perekonomian di Indonesia terdampak akibat persebaran Virus COVID-19 atau Virus Corona. Sebelumnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada akhir tahun 2019 memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional akan mencapai 5,04 persen pada tahun 2020. Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Agus Eko Nugroho, mengatakan pembatasan ekspor-impor oleh pemerintah ke China sebagai dampak dari pencegahan Virus Corona ini menyebabkan Indonesia sulit mencapai angka tersebut.

“Akibat wabah Virus Corona menyebabkan pelemahan perekonomian Tiongkok mengalami kontraksi. Kondisi tersebut kemudian disusul dengan kebijakan pemerintah Indonesia tentang upaya pembatasan ekspor-impor ke Tiongkok membuat angka tersebut akan sulit untuk dicapai,” ujarnya, dalam siaran persnya (27/2/2020).

Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Panky Tri Febiansyah menyebutkan ada beberapa sektor yang terdampak akibat kebijakan pemerintah untuk mencegah persebaran virus Corona di Indonesia. Pertama, sektor pariwisata menjadi sektor yang terdampak pertama kali dengan potensi kerugian pendapatan devisa nasional mencapai 2 milyar dolar Amerika Serikat.

“Angka tersebut dari hasil simulasi berdasarkan perhitungan catatan 2019, ada 2 juta turis asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia dengan rata-rata lama tinggal 6 hari dan menghabiskan 157 dolar per orang per hari,” terangnya.

[Baca Juga: Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata]

Selain sektor pariwisata, sektor perdagangan juga diprediksi turut terdampak. Akibat pembatasan ekspor impor, sebanyak lebih dari 495 jenis komoditas dengan tujuan ekspor China akan terimbas. Kemudian sekitar 499 jenis barang impor dari China diperkirakan akan menyusut. Bahkan, katanya dapat menghilang dari pasar Indonesia.

“Sebagian besar produk yang merupakan barang konsumsi strategis akan memiliki implikasi serius terhadap inflasi dalam negeri. Pemerintah perlu memantau kondisi pasar mengingat pada potensi pergerakan harga menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Panky.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Terkait hal tersebut, ia menyarankan agar pemerintah, dalam hal ini khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberi kelonggaran jatuh tempo kredit bagi UMKM yang kemungkinan terdampak akibat pelemahan ekonomi China.

“Sejumlah langkah strategis harus dipersiapkan guna mereduksi potensi dampak negatif pelemahan perekonomian dan sejumlah blokade perdagangan akibat wabah COVID-19 ini,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.