Ini Detail dan Referensi di Film Joker yang Anda Luput

Hobi dan Hiburan

Ini Detail dan Referensi di Film Joker yang Anda Luput

Bila membahas film yang saat ini banyak menuai perhatian penonton di Jabodetabek, tentu saja Joker menjadi yang paling ramai. Mengingat penampilan dari Joaquin Phoenix sebagai karakter the clown prince of crime Kota Gotham dipandang berhasil memperlihatkan sisi kerentanan psikologi Arthur Fleck yang memicunya menjadi sang supervillain di dunia Batman. Menariknya, banyak referensi serta detail yang digunakan sutradara Todd Phillips selaku sutradaranya dalam film tersebut yang dapat luput jika tidak diperhatikan secara seksama.

Tentu saja detail ini diambil sebagai bagian dari inspirasi Todd Phillips dalam membangun karakter Arthur Fleck sekaligus menjadi bahan referensi dari Joaquin Phoenix. Penasaran apa saja? Berikut ini beberapa detail tersebut yang dilansir dari berbagai sumber.

Ulasan Film Joker Ketika Villain Berasal dari Orang Baik yang Tersakiti
  • Arthur Fleck sebagai Komedian Stand-up

Di dunia Batman sendiri yang membentang dari komik, video games, hingga film, karakter Joker memiliki kisahnya masing-masing. Ada yang dijelaskan mengenai latar belakangnya, ada yang cenderung membuatnya sebagai karakter misterius. Dalam film Joker, Todd Phillips memilih menjadikan Arthur Fleck sebagai pria yang mencoba menjadi komedian stand-up tapi gagal.

Salah satu referensi mengenai kisah origin dari Joker mengenai komedian stand-up ini adalah komik karya Alan Moore dan Brian Hollan berjudul The Killing Joke. Komik yang dirilis pada tahun 1988 oleh DC Comics ini menceritakan mengenai seorang pria yang tak disebutkan namanya dan ia berhenti dari pekerjaannya demi menjadi komedian stand-up. Kegagalan inilah yang memicunya masuk ke dalam dunia kriminal dan membuatnya terkena insiden yang membuatnya berakhir menjadi karakter Joker.

Ulasan Film Joker Ketika Villain Berasal dari Orang Baik yang Tersakiti
  • Terinspirasi dari Karya Martin Scorsese

Bila Anda buka penggemar film-film jadul maka ini akan sulit terlihat jelas ketika Anda pertama kali menonton Joker. Namun sutradara yang paling menginspirasi Todd Phillips dalam Joker adalah Martin Scorsese. Pasalnya, berbagai detail dari film Joker memiliki referensi dari dua film Martin Scorsese, yaitu The King of Comedy dan Taxi Driver.

Hal yang pertama adalah tahun dari latar belakang film Joker, yakni Kota Gotham di tahun 1980-an dan ini hampir serupa dengan setting Taxi Driver di tahun 1976 serta The King of Comedy di tahun 1983. Selain itu detail lainnya terlihat saat Arthur Fleck terlihat bermain dengan pistol sambil memberikan intimidasi ketika berada di apartemen dan ini serupa dengan salah satu scene Travis Bickle di Taxi Driver. Apalagi saat keduanya tidak memakai baju, Arthur dan Travis terlihat memiliki luka yang sama di bagian punggungnya.

[Baca Juga: Kenali Pseudobulbar, Gangguan Otak yang Dialami Tokoh Joker]

Referensi The King of Comedy juga bisa dilihat dari peran Robert De Niro di film Joker sebagai host acara talk show bernama Murray Franklin. Karakter Franklin ini sangat menyerupai Jerry Langford sebagai host di film The King of Comedy. Selain itu referensi lainnya dalam film Joker adalah saat Arthur melihat videonya melakukan stand-up ditayangkan secara perdana di acara Live With Murray Franklin dan ini menyerupai ketika Rupert Pupkin di The King of Comedy menyaksikan penampilan stand up perdananya.

Ini Detail dan Referensi di Film Joker yang Anda Luput
  • Robert De Niro

Seperti yang sudah dibahas di atas, The King of Comedy dan Taxi Driver menjadi bagian dari detail serta referensi yang digunakan oleh Todd Phillips dalam Joker. Namun tahukah Anda siapa aktor yang berperan di ketiga film itu? Ya, Robert De Niro. Dalam Film Taxi Driver, De Niro berperan sebagai Travis Bickle, di film The King of Comedy ia berperan sebagai Rupert Pupkin, dan di film Joker, ia berperan sebagai Murray Franklin.

Ini Detail dan Referensi di Film Joker yang Anda Luput
  • The Dark Knight

Tidak bisa dipungkri, salah satu film yang membuat nama Joker melejit sebagai supervillain secara mainstream adalah The Dark Knight karya Christhopher Nolan. Pada salah satu scene dalam film itu, Joker terlihat dibawa oleh mobil polisi sambil melihat suasana Kota Gotham. Hal yang serupa juga diperlihatkan menuju akhir film Joker, usai ia menembak Murray Franklin, Joker pun terlihat dibawa menggunakan mobil polisi.

[Baca Juga: Ulasan Film Joker: Ketika Villain Berasal dari Orang Baik yang Tersakiti]

Itulah beberapa detail mengenai film Joker. jika Anda penasaran mengenai referensi-referensi tersebut, Anda bisa kembali menontonnya serta membandingkan dengan beberapa film yang dibahas di atas. Pasalnya, bisa saja Anda mungkin menemukan detail yang belum diungkap dalam artikel ini.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.