Soto Betawi Bang Sawit

Kuliner

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Indonesia merupakan negara yang besar yang kaya, keberagaman suku yang ada Indonesia membuat negara yang amat kaya ini memiliki ribuan makanan khas yang memiliki keunikannya masing-masing. Yang pasti, semua makanan Indonesia rasanya nikmat karena kaya akan rempah-rempah. Namun saking banyaknya kuliner yang kita miliki, Indonesia justru tak punya makanan nasional layaknya negara lain.

Malaysia dengan Nasi Lemak, Thailand dengan Tom Yum, Singapura dengan Laksa. Lalu apa makanan nasional Indonesia? Jawabannya, tidak ada. Maka dari itu, Kementrian Pariwisat (Kemenpar) Republik Indonesia menetapkan lima makanan sebagai National Food.

[Baca Juga: Ini Gado-Gado Legendaris Dekat Taman Ismail Marzuki]

Menurut penuturan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada (17/9/2019) saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Menteng, kelima makanan ini dipilih melalui kurasi dan proses yang ketat. Pasalnya, makanan Indonesia sangat banyak. Dipilihnya kelima makanan ini juga bertujuan agar lebih mudah untuk mengenalkan kuliner khas Indonesia ke wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kita harus bersama-sama populerkan makanan khas Indonesia ke dunia. Dari banyaknya makanan Indonesia Kemenpar pilih lima, sedangkan Bekraf pilih satu,” ujar Arief pada awak media. Makanan khas Indonesia yang dipilih menjadi makanan nasional menurut Kemenpar adalah Soto, Rendang, Sate, Nasi Goreng, dan Gado-Gado. Sedangkan, makanan nasional pilihan Bekraf adalah Soto.

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Soto

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Rendang

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Sate

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Nasi Goreng

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Gado-gado

Arief melanjutkan, menurutnya Indonesia sudah berhasil memopulerkan tiga dari lima makanan yang telah disebutkan. Pada tahun 2016, CNN merilis 50 Makanan Terenak Sedunia berdasarkan hasil vote di media sosial, hasilnya Rendang, Sate, dan Nasi Goreng berhasil masuk dalam daftar teratas. “Kita hanya perlu memopulerkan Soto dan Gado-Gado,” sebut Arief.

[Baca Juga: 5 Gerai Soto Nikmat di BSD Serpong yang Patut Anda Coba]

Penetapan makanan nasional ini tentu tidak bisa lepas dari tujuan pemerintah untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia lewat kuliner. Seperti yang kita ketahui bersama, kuliner tak bisa lepas dari pariwisata. Saat turis berkunjung ke suatu daerah pasti tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khas setempat, maka dari itu potensi pasar ini lah yang ingin dimanfaatkan Kemenpar. “Wisatawan itu biasanya menghabiskan bujet wisatanya sekitar 30-40 persen di kuliner dan belanja,” kata Arief.

Selain memaksimalkan makanan nasional di dalam negeri, Kemenpar juga berkolaborasi dengan Restoran Indonesia yang berada di luar negeri untuk menjadikan lima makanan tersebut sebagai menu wajib.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.