Soto Betawi Bang Sawit

Kuliner

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Indonesia merupakan negara yang besar yang kaya, keberagaman suku yang ada Indonesia membuat negara yang amat kaya ini memiliki ribuan makanan khas yang memiliki keunikannya masing-masing. Yang pasti, semua makanan Indonesia rasanya nikmat karena kaya akan rempah-rempah. Namun saking banyaknya kuliner yang kita miliki, Indonesia justru tak punya makanan nasional layaknya negara lain.

Malaysia dengan Nasi Lemak, Thailand dengan Tom Yum, Singapura dengan Laksa. Lalu apa makanan nasional Indonesia? Jawabannya, tidak ada. Maka dari itu, Kementrian Pariwisat (Kemenpar) Republik Indonesia menetapkan lima makanan sebagai National Food.

[Baca Juga: Ini Gado-Gado Legendaris Dekat Taman Ismail Marzuki]

Menurut penuturan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada (17/9/2019) saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Menteng, kelima makanan ini dipilih melalui kurasi dan proses yang ketat. Pasalnya, makanan Indonesia sangat banyak. Dipilihnya kelima makanan ini juga bertujuan agar lebih mudah untuk mengenalkan kuliner khas Indonesia ke wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kita harus bersama-sama populerkan makanan khas Indonesia ke dunia. Dari banyaknya makanan Indonesia Kemenpar pilih lima, sedangkan Bekraf pilih satu,” ujar Arief pada awak media. Makanan khas Indonesia yang dipilih menjadi makanan nasional menurut Kemenpar adalah Soto, Rendang, Sate, Nasi Goreng, dan Gado-Gado. Sedangkan, makanan nasional pilihan Bekraf adalah Soto.

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Soto

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Rendang

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Sate

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Nasi Goreng

Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar

Gado-gado

Arief melanjutkan, menurutnya Indonesia sudah berhasil memopulerkan tiga dari lima makanan yang telah disebutkan. Pada tahun 2016, CNN merilis 50 Makanan Terenak Sedunia berdasarkan hasil vote di media sosial, hasilnya Rendang, Sate, dan Nasi Goreng berhasil masuk dalam daftar teratas. “Kita hanya perlu memopulerkan Soto dan Gado-Gado,” sebut Arief.

[Baca Juga: 5 Gerai Soto Nikmat di BSD Serpong yang Patut Anda Coba]

Penetapan makanan nasional ini tentu tidak bisa lepas dari tujuan pemerintah untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia lewat kuliner. Seperti yang kita ketahui bersama, kuliner tak bisa lepas dari pariwisata. Saat turis berkunjung ke suatu daerah pasti tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khas setempat, maka dari itu potensi pasar ini lah yang ingin dimanfaatkan Kemenpar. “Wisatawan itu biasanya menghabiskan bujet wisatanya sekitar 30-40 persen di kuliner dan belanja,” kata Arief.

Selain memaksimalkan makanan nasional di dalam negeri, Kemenpar juga berkolaborasi dengan Restoran Indonesia yang berada di luar negeri untuk menjadikan lima makanan tersebut sebagai menu wajib.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.