Ini Dia 5 Tanda Rumah Ramah Anak

Properti dan Solusi

Ini Dia 5 Tanda Rumah Ramah Anak

Jika Anda sudah memiliki buah hati dalam kehidupan, tak bisa sembarang melakukan sesuatu. Bahkan perihal tempat tinggal saja, Anda harus memastikan sudah ramah anak. Hal tersebut kerap kali dikesampingkan, padahal ini penting untuk memastikan anak aman dan nyaman saat beraktivitas.

Bukan hanya warna cerah dan furnitur yang lucu, rumah yang ramah anak tak sesederhana itu. Namun apa saja kriteria yang bisa membuat rumah ramah anak? Dirangkum dari beberapa sumber (18/6/2019), berikut kriterianya.

1. Lingkungan Baik dan Aman

Lingkungan sangat memengaruhi kebiasaan dan perilaku anak, maka dari itu pilihlah lingkungan yang baik dan ramah anak. Teliti untuk memilih hunian yang memiliki lingkungan yang sehat dan kondusif. Akan lebih baik jika rumah yang akan Anda tempati memiliki lokasinya dekat dengan teman seumuran. Selain itu pastikan lingkungan tersebut aman. Lakukan tindakan preventif untuk menjaga buah hati dari tindak kejahatan. Anda bisa memilih hunian dengan sistem cluster atau yang dilengkapi dengan CCTV.

[Baca Juga: Ini Dia Resto Ramah Anak di Kemang]

2. Pastikan Perabotan Ujungnya Tumpul

Anak-anak memiliki energi yang tak terbatas. Tak heran jika mereka sangat aktif berlarian ke sana kemari. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko kecelakaan ada baiknya Anda memastikan jika ujung perabotan tumpul. Namun jika sudah terlanjur, Anda bisa melapisi ujung furnitur dengan kain atau busa.

3. Anak Tangga Tingginya Tak Lebih Dari 15 cm

Jika rumah Anda terdiri dari dua tingkat, pastikan tangga di rumah jaraknya tak terlalu besar. Hal ini akan membuat anak lebih mudah menaiki tangga dan sering bereksplorasi. Jika tinggi tangga rumah lebih dari 15 cm, anak akan lebih rawan jatuh terguling ke bawah karena lebih curam.

4. Tak Banyak Aksesori Pecah Belah

Aksesoris rumah yang terbuat dari keramik atau kaca memang lebih menarik. Namun jika Anda meletakkannya di area yang mudah digapai buah hati, jangan kaget jika aksesoris tersebut terjatuh dan pecah. Karena itu, jika Anda ingin tetap memiliki aksesoris yang mudah pecah belah ada baiknya diletakkan di posisi paling atas.

[Baca Juga: 3 Furnitur Ini Bisa Dibuat dari Sampah]

5. Ruangan Bebas Ekspresi

Bukan hal yang aneh jika anak-anak gemar mencoret-coret apapun untuk mengekspresikan perasaan dan pemikirannya. Namun karena kegiatan ini dapat mengotori barang dan rumah, kerap kali orangtua justru memarahi anaknya. Hal ini sulit dihindari jika Anda memiliki buah hati, maka dari itu gunakan cat tembok yang bisa dibersihkan dari noda coretan atau Anda membuat ruangan khusus sebagai tempat anak mengekspresikan diri.

Itulah beberapa kriteria rumah ramah anak. Sesuai penjelasan di atas, apakah rumah Anda sudah ramah untuk buah hati?


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.