MIXED-BISNIS-INI DIA SITUS E COMMERCE YANG DIINCAR DI HARBOLNAS 2018-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Ini Dia, Fakta-Fakta Harbolnas 2018

Hari Belanja Nasional atau Harbolnas akan kembali hadir di akhir tahun ini. Pesta belanja e-commerce ini akan digelar selama dua hari, yakni pada 11-12 Desember 2018. Layaknya Black Friday di Amerika Serikat dan Singles Day di China, Harbolnas merupakan kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

Pertama kali diselenggarakan pada 12 Desember 2018, Harbolnas dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja daring yang aman dan nyaman, serta bisa dilakukan kapan saja.

Harbolnas yang akan digelar bulan ini merupakan puncak rangkaian pesta belanja daring yang digelar sejak September 2018. Dalam Harbolnas nanti, banyak barang lokal yang juga dipasarkan.

[Baca Juga: Mengintip Konsep Flash Sale di Harbolnas 2018]

Mengutip viva.co.id, (7/12/2018), portal diskon Tanah Air, CupoNation mengungkapkan sejumlah fakta mengenai antusiasme masyarakat menyambut Halbolnas. Portal tersebut menganalisa perkembangan atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas selama dua tahun terakhir. Berikut tiga fakta terkait antusiame Harbolnas di Tanah Air :

Lima wilayah di Indonesia pemburu Harbolnas

Jumlah pengguna internet di Indonesia tersebar luas dari berbagai wilayah. Hal ini menimbulkan kesenjangan, di mana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya.

Jika dilihat dari data 2 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, maka volume penelusuran Google tertinggi pada kata kunci Harbolnas berasal dari Banten dan beberapa wilayah lain. Jika diurutkan, Banten menempati posisi pertama, dilanjutkan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Lima Situs e-commerce paling banyak ditelusuri

Setelah menganalisis volume penelusuran kata kunci Harbolnas pada minggu digelarnya Hari Belanja Online Nasional, diketahui bahwa ada lima situs e-commerce Indonesia yang paling banyak telusuri di Google.

Situs e-commerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi adalah Lazada, diikuti oleh Tokopedia dan beberapa e-commerce lain yakni Shopee, Bukalapak, dan Zalora.

[Baca Juga: Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Saat Harbolnas 2018]

Terdapat kesamaan dalam susunan peringkat 4 besar e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama Harbolnas dan Black Friday yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Tiga festival diskon yang paling populer di Indonesia

Selain Harbolnas terdapat beberapa festival diskon lain di Indonesia seperti Black Friday, Cyber Monday, 11.11, 10.10 dan JGOS. CupoNation menganalisis festival diskon yang paling banyak ditelusuri masyarakat indonesia melalui Google.

Berdasarkan hasil studi, kampanye cyber sale yang paling populer adalah Harbolnas, dan jika diurutkan berdasarkan peringkat adalah Harbolnas, Black Friday, 11.11, 10.10, Cyber Monday, dan JGOS.

Read More

Artikel Lainnya

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.


Comments


Please Login to leave a comment.