Bisnis
Ini Dia, Fakta-Fakta Harbolnas 2018
Hari Belanja Nasional atau Harbolnas akan kembali hadir di akhir tahun ini. Pesta belanja e-commerce ini akan digelar selama dua hari, yakni pada 11-12 Desember 2018. Layaknya Black Friday di Amerika Serikat dan Singles Day di China, Harbolnas merupakan kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.
Pertama kali diselenggarakan pada 12 Desember 2018, Harbolnas dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja daring yang aman dan nyaman, serta bisa dilakukan kapan saja.
Harbolnas yang akan digelar bulan ini merupakan puncak rangkaian pesta belanja daring yang digelar sejak September 2018. Dalam Harbolnas nanti, banyak barang lokal yang juga dipasarkan.
Mengutip viva.co.id, (7/12/2018), portal diskon Tanah Air, CupoNation mengungkapkan sejumlah fakta mengenai antusiasme masyarakat menyambut Halbolnas. Portal tersebut menganalisa perkembangan atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas selama dua tahun terakhir. Berikut tiga fakta terkait antusiame Harbolnas di Tanah Air :
Lima wilayah di Indonesia pemburu Harbolnas
Jumlah pengguna internet di Indonesia tersebar luas dari berbagai wilayah. Hal ini menimbulkan kesenjangan, di mana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya.
Jika dilihat dari data 2 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, maka volume penelusuran Google tertinggi pada kata kunci Harbolnas berasal dari Banten dan beberapa wilayah lain. Jika diurutkan, Banten menempati posisi pertama, dilanjutkan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
Lima Situs e-commerce paling banyak ditelusuri
Setelah menganalisis volume penelusuran kata kunci Harbolnas pada minggu digelarnya Hari Belanja Online Nasional, diketahui bahwa ada lima situs e-commerce Indonesia yang paling banyak telusuri di Google.
Situs e-commerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi adalah Lazada, diikuti oleh Tokopedia dan beberapa e-commerce lain yakni Shopee, Bukalapak, dan Zalora.
Terdapat kesamaan dalam susunan peringkat 4 besar e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama Harbolnas dan Black Friday yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.
Tiga festival diskon yang paling populer di Indonesia
Selain Harbolnas terdapat beberapa festival diskon lain di Indonesia seperti Black Friday, Cyber Monday, 11.11, 10.10 dan JGOS. CupoNation menganalisis festival diskon yang paling banyak ditelusuri masyarakat indonesia melalui Google.
Berdasarkan hasil studi, kampanye cyber sale yang paling populer adalah Harbolnas, dan jika diurutkan berdasarkan peringkat adalah Harbolnas, Black Friday, 11.11, 10.10, Cyber Monday, dan JGOS.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Kuliner
Bubur India, Menu Khas Ramadan Masjid Jami Pekojan Semarang
20 April 2021, 18:06
Tradisi menyuguhkan takjil Bubur India ini sudah ada lebih dari 100 tahun lalu. Saat itu pedagang dari Gujarat, India, dan Pakistan datang dan menetap di jalan Petolongan.

Kuliner
Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan
20 April 2021, 17:00
Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Berita Kawasan
Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila
20 April 2021, 15:05
Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Pendidikan
Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini
20 April 2021, 14:08
Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.