MIXED-BISNIS-INI DIA SITUS E COMMERCE YANG DIINCAR DI HARBOLNAS 2018-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Ini Dia, Fakta-Fakta Harbolnas 2018

Hari Belanja Nasional atau Harbolnas akan kembali hadir di akhir tahun ini. Pesta belanja e-commerce ini akan digelar selama dua hari, yakni pada 11-12 Desember 2018. Layaknya Black Friday di Amerika Serikat dan Singles Day di China, Harbolnas merupakan kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

Pertama kali diselenggarakan pada 12 Desember 2018, Harbolnas dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja daring yang aman dan nyaman, serta bisa dilakukan kapan saja.

Harbolnas yang akan digelar bulan ini merupakan puncak rangkaian pesta belanja daring yang digelar sejak September 2018. Dalam Harbolnas nanti, banyak barang lokal yang juga dipasarkan.

[Baca Juga: Mengintip Konsep Flash Sale di Harbolnas 2018]

Mengutip viva.co.id, (7/12/2018), portal diskon Tanah Air, CupoNation mengungkapkan sejumlah fakta mengenai antusiasme masyarakat menyambut Halbolnas. Portal tersebut menganalisa perkembangan atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas selama dua tahun terakhir. Berikut tiga fakta terkait antusiame Harbolnas di Tanah Air :

Lima wilayah di Indonesia pemburu Harbolnas

Jumlah pengguna internet di Indonesia tersebar luas dari berbagai wilayah. Hal ini menimbulkan kesenjangan, di mana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya.

Jika dilihat dari data 2 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, maka volume penelusuran Google tertinggi pada kata kunci Harbolnas berasal dari Banten dan beberapa wilayah lain. Jika diurutkan, Banten menempati posisi pertama, dilanjutkan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Lima Situs e-commerce paling banyak ditelusuri

Setelah menganalisis volume penelusuran kata kunci Harbolnas pada minggu digelarnya Hari Belanja Online Nasional, diketahui bahwa ada lima situs e-commerce Indonesia yang paling banyak telusuri di Google.

Situs e-commerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi adalah Lazada, diikuti oleh Tokopedia dan beberapa e-commerce lain yakni Shopee, Bukalapak, dan Zalora.

[Baca Juga: Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Saat Harbolnas 2018]

Terdapat kesamaan dalam susunan peringkat 4 besar e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama Harbolnas dan Black Friday yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Tiga festival diskon yang paling populer di Indonesia

Selain Harbolnas terdapat beberapa festival diskon lain di Indonesia seperti Black Friday, Cyber Monday, 11.11, 10.10 dan JGOS. CupoNation menganalisis festival diskon yang paling banyak ditelusuri masyarakat indonesia melalui Google.

Berdasarkan hasil studi, kampanye cyber sale yang paling populer adalah Harbolnas, dan jika diurutkan berdasarkan peringkat adalah Harbolnas, Black Friday, 11.11, 10.10, Cyber Monday, dan JGOS.


Read More

Artikel Lainnya

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad

23 March 2023, 18:17

Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program In i.jpg

Bisnis

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini

21 March 2023, 11:48

Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023

20 March 2023, 14:47

Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syaria h.jpg

Bisnis

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah

17 March 2023, 10:29

Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.


Comments


Please Login to leave a comment.