Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat

Kesehatan

Ini Dia Jenis-jenis Kacang untuk Diet Sehat

Apakah Anda sedang menjalani diet sehat? Jika iya, Anda harus memiliki tekad yang kuat dan tentu saja Anda juga harus pintar memilih jenis makanan diet sehat. Ganti camilan yang tidak sehat dengan camilan sehat agar diet sehat yang Anda jalani berhasil dengan cukup baik. Pilih jenis makananmu dengan kacang-kacangan. Karena kacang sejatinya mengandung cukup serat, protein, dan vitamin B yang sangat baik. Dengan mengonsumsi kacang, Anda mendapatkan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, antara lain:

  • Mengurangi kolesterol
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menyediakan protein untuk energi

[Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi]

Melansir healthline.com (14/10/2019), ini empat jenis kacang sebagai diet sehat Anda.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Kedelai

1) Kacang Kedelai

Kedelai adalah sumber protein yang bergizi. Biasanya orang akan mengonsumsinya setelah direbus atau sudah diolah menjadi tahu. Kacang ini sangat tinggi protein. Satu cangkir kedelai yang dimasak mengandung 31 atau 32 gram protein, salah satu jenis kacangan yang tepat untuk dijadikan diet sehat bagi para vegetarian yang membutuhkan protein nabati tinggi. Kandungan antioksidan yang berupa isoflavon dalam kacang kedelai ini membantu mengurangi risiko kanker.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Merah

2) Kacang Merah

Kacang merah mengandung manfaat potasium yang sangat tinggi, antioksidan folat, serat, zat besi. Mengonsumsi kacang merah dengan jumlah yang cukup, akan mengurangi berbagai risiko penyakit yang berbahaya. Kandungan serat yang tinggi pada kacang merah dapat pula membantu mengurangi kadar gula darah. Kacang merah bisa dikonsumsi dengan diolah seperti sup mau pun rendang.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Polong

3) Kacang Polong

Kacang buncis memiliki kandungan vitamin, makronutrien, mineral, vitamin A dan C, dan sumber serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan Anda dan meminimalisir risiko terjadinya sembelit. Mengonsumsi buncis dapat membantu menekan kadar gula darah, dan seperti manfaat kacang lainnya yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Untuk diet sehat Anda, bisa diolah buncis menjadi sayur bening yang lezat.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Pinto

4) Kacang Pinto

Kacang Pinto memang tidak banyak ditemukan di pasaran. Namun, kacang ini sangat bagus dikonsumsi Anda yang sedang menjalani diet sehat, karena merupakan jenis kacang yang rendah lemak. Dan juga memiliki banyak kandungan protein dan serat. Seperti dilansir laman nutrialhealth.com (14/10/2019). Kacang ini rendah sodium, satu cangkir kacang pinto rebus hanya mengandung 2 miligram sodium. Sajikan kacang pinto ke dalam sup sayuran Anda di rumah.

[Baca Juga: Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat]

Keempat jenis kacang di atas bisa Anda olah dengan menu kesukaan Anda di rumah sebagai asupan diet sehat. Sudah tentu enak dan menyehatkan, bisa dinikmati kapan pun dan kaya manfaatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.