Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat

Kesehatan

Ini Dia Jenis-jenis Kacang untuk Diet Sehat

Apakah Anda sedang menjalani diet sehat? Jika iya, Anda harus memiliki tekad yang kuat dan tentu saja Anda juga harus pintar memilih jenis makanan diet sehat. Ganti camilan yang tidak sehat dengan camilan sehat agar diet sehat yang Anda jalani berhasil dengan cukup baik. Pilih jenis makananmu dengan kacang-kacangan. Karena kacang sejatinya mengandung cukup serat, protein, dan vitamin B yang sangat baik. Dengan mengonsumsi kacang, Anda mendapatkan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, antara lain:

  • Mengurangi kolesterol
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menyediakan protein untuk energi

[Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi]

Melansir healthline.com (14/10/2019), ini empat jenis kacang sebagai diet sehat Anda.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Kedelai

1) Kacang Kedelai

Kedelai adalah sumber protein yang bergizi. Biasanya orang akan mengonsumsinya setelah direbus atau sudah diolah menjadi tahu. Kacang ini sangat tinggi protein. Satu cangkir kedelai yang dimasak mengandung 31 atau 32 gram protein, salah satu jenis kacangan yang tepat untuk dijadikan diet sehat bagi para vegetarian yang membutuhkan protein nabati tinggi. Kandungan antioksidan yang berupa isoflavon dalam kacang kedelai ini membantu mengurangi risiko kanker.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Merah

2) Kacang Merah

Kacang merah mengandung manfaat potasium yang sangat tinggi, antioksidan folat, serat, zat besi. Mengonsumsi kacang merah dengan jumlah yang cukup, akan mengurangi berbagai risiko penyakit yang berbahaya. Kandungan serat yang tinggi pada kacang merah dapat pula membantu mengurangi kadar gula darah. Kacang merah bisa dikonsumsi dengan diolah seperti sup mau pun rendang.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Polong

3) Kacang Polong

Kacang buncis memiliki kandungan vitamin, makronutrien, mineral, vitamin A dan C, dan sumber serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan Anda dan meminimalisir risiko terjadinya sembelit. Mengonsumsi buncis dapat membantu menekan kadar gula darah, dan seperti manfaat kacang lainnya yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Untuk diet sehat Anda, bisa diolah buncis menjadi sayur bening yang lezat.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Pinto

4) Kacang Pinto

Kacang Pinto memang tidak banyak ditemukan di pasaran. Namun, kacang ini sangat bagus dikonsumsi Anda yang sedang menjalani diet sehat, karena merupakan jenis kacang yang rendah lemak. Dan juga memiliki banyak kandungan protein dan serat. Seperti dilansir laman nutrialhealth.com (14/10/2019). Kacang ini rendah sodium, satu cangkir kacang pinto rebus hanya mengandung 2 miligram sodium. Sajikan kacang pinto ke dalam sup sayuran Anda di rumah.

[Baca Juga: Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat]

Keempat jenis kacang di atas bisa Anda olah dengan menu kesukaan Anda di rumah sebagai asupan diet sehat. Sudah tentu enak dan menyehatkan, bisa dinikmati kapan pun dan kaya manfaatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.