Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat

Kesehatan

Ini Dia Jenis-jenis Kacang untuk Diet Sehat

Apakah Anda sedang menjalani diet sehat? Jika iya, Anda harus memiliki tekad yang kuat dan tentu saja Anda juga harus pintar memilih jenis makanan diet sehat. Ganti camilan yang tidak sehat dengan camilan sehat agar diet sehat yang Anda jalani berhasil dengan cukup baik. Pilih jenis makananmu dengan kacang-kacangan. Karena kacang sejatinya mengandung cukup serat, protein, dan vitamin B yang sangat baik. Dengan mengonsumsi kacang, Anda mendapatkan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, antara lain:

  • Mengurangi kolesterol
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menyediakan protein untuk energi

[Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi]

Melansir healthline.com (14/10/2019), ini empat jenis kacang sebagai diet sehat Anda.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Kedelai

1) Kacang Kedelai

Kedelai adalah sumber protein yang bergizi. Biasanya orang akan mengonsumsinya setelah direbus atau sudah diolah menjadi tahu. Kacang ini sangat tinggi protein. Satu cangkir kedelai yang dimasak mengandung 31 atau 32 gram protein, salah satu jenis kacangan yang tepat untuk dijadikan diet sehat bagi para vegetarian yang membutuhkan protein nabati tinggi. Kandungan antioksidan yang berupa isoflavon dalam kacang kedelai ini membantu mengurangi risiko kanker.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Merah

2) Kacang Merah

Kacang merah mengandung manfaat potasium yang sangat tinggi, antioksidan folat, serat, zat besi. Mengonsumsi kacang merah dengan jumlah yang cukup, akan mengurangi berbagai risiko penyakit yang berbahaya. Kandungan serat yang tinggi pada kacang merah dapat pula membantu mengurangi kadar gula darah. Kacang merah bisa dikonsumsi dengan diolah seperti sup mau pun rendang.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Polong

3) Kacang Polong

Kacang buncis memiliki kandungan vitamin, makronutrien, mineral, vitamin A dan C, dan sumber serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan Anda dan meminimalisir risiko terjadinya sembelit. Mengonsumsi buncis dapat membantu menekan kadar gula darah, dan seperti manfaat kacang lainnya yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Untuk diet sehat Anda, bisa diolah buncis menjadi sayur bening yang lezat.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Pinto

4) Kacang Pinto

Kacang Pinto memang tidak banyak ditemukan di pasaran. Namun, kacang ini sangat bagus dikonsumsi Anda yang sedang menjalani diet sehat, karena merupakan jenis kacang yang rendah lemak. Dan juga memiliki banyak kandungan protein dan serat. Seperti dilansir laman nutrialhealth.com (14/10/2019). Kacang ini rendah sodium, satu cangkir kacang pinto rebus hanya mengandung 2 miligram sodium. Sajikan kacang pinto ke dalam sup sayuran Anda di rumah.

[Baca Juga: Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat]

Keempat jenis kacang di atas bisa Anda olah dengan menu kesukaan Anda di rumah sebagai asupan diet sehat. Sudah tentu enak dan menyehatkan, bisa dinikmati kapan pun dan kaya manfaatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.