Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

Lari saat ini bukan hanya sekedar olahraga, tapi juga menjadi gaya hidup sebagian orang yang tinggal di perkotaan. Bahkan tiap bulannya pasti ada saja perlombaan lari. Mulai dari perlombaan lari berskala kecil sampai yang berhadiah ratusan juta rupiah. Pesertanya pun beragam, mulai dari atlet nasional hingga masyarakat umum yang tidak hanya untuk berlomba, tapi juga menjadikan event lari sebagai ajang berkumpul bersama teman-teman.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Salah satu faktor banyaknya masyarakat yang keranjingan lari juga dikarenakan olahraga ini sangat mudah dilakukan baik oleh siapa saja dan dimana saja. Terlebih, para runner hanya harus menyiapkan fisik yang sehat, pakaian dan juga sepatu. Iya ,sepatu menjadi hal yang sangat penting dalam berlari. Salah-salah pilih sepatu malah bisa berakibat fatal bagi si pelari itu sendiri. Saat ini, berbagai model sepatu lari bertebaran di pasaran. Bagi para pelari profesional mungkin sudah tahu sepatu apa yang cocok digunakan ketika akan berlari. Namun untuk yang baru mulai mencoba olahraga lari, mungkin tips ini bisa kalian pertimbangkan dalam memilih sepatu lari.

1) Memilih Sepatu dengan Bantalan yang Empuk dan Sol yang Tinggi

Untuk kalian yang baru mulai mencoba ikut dalam pelombaan lari, pastikan untuk memilih sepatu yang memiliki bantalan empuk dan sol yang tinggi dari sepatu lari pada umumnya. Sol pada sepatu lari juga biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan lebih lentur. Selain membuat kaki nyaman, hal itu juga untuk menopang berat badan kalian. Terlebih untuk kalian yang memiliki berat badan yang berlebih, bantalan yang empuk dan sol yang tinggi ini juga efektif untuk meminimalisir risiko cedera.

[Baca Juga: Ini Pola Olahraga Lari yang Menyehatkan untuk Usia Paruh Baya]

2) Pilih Ukuran Sepatu yang Lebih Besar

Kaki menjadi bagian yang paling sibuk ketika berlari. Maka dari itu, perlu ruang gerak agar kaki tetap terasa nyaman ketika mengalami kelelahan akibat berlari. Untuk itu, pastikan sepatu yang kalian pilih ukurannya lebih besar satu nomer dari yang biasa kalian gunakan sehari-hari. Atau coba selipkan jari tangan kalian ke dalam sepatu ketika sedang dicoba. Jika jari tidak bisa masuk, coba pilih sepatu yang ukurannya lebih besar.

3) Beli Sepatu pada Sore Hari

Percaya atau tidak, nyatanya banyak pakar yang merekomendasikan untuk membeli sepatu pada sore hari. Itu dikarenakan kaki mulai membesar pada sore hari ketika selesai melakukan berbagai aktivitas. Hal itu juga untuk meminimalkan agar sepatu yang kalian beli tidak kekecilan ketika dipakai berlari.

4) Jangan Tergoda dengan Modelnya

Banyak orang yang termakan iklan ketika membeli sepatu. Ketika suka dengan modelnya, maka mereka langsung membeli tanpa memperhatikan cocok atau tidaknya sepatu yang dibeli dengan bentuk kakinya. Alhasil, sepatu tidak terpakai karena tidak nyaman saat digunakan. Untuk itu, jangan pernah termakan oleh model iklan sepatu yang bertebaran di berbagai media. Kalau bisa, datangi toko sepatu agar kalian bisa langsung mencoba sepatunya.

[Baca Juga: 5 Cara Ampuh Hilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci]

Dengan tips di atas, pastikan kalian tidak salah ketika akan membeli sepatu. Teliti dalam memilih sepatu agar lari kalian semakin seru.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.