Ini Fakta Kunyit yang Digunakan untuk Memasak

Properti dan Solusi

Ini Fakta Manfaat Kunyit yang Digunakan untuk Memasak

Kunyit merupakan jenis tanaman rimpang atau dalam bahasa latin disebut rhizoma ini memiliki warna kuning cerah, rasanya pedas dan pahit. Kunyit dapat dikonsumi sebagai bumbu masakan maupun obat herbal atau jamu. Dalam masakan, kunyit biasa dipakai sebagai bumbu kari yang membuatnya terlihat kuning menyegarkan. Kunyit termasuk jenis tanaman rimpang yang menyimpan banyak minyak atsiri dan alkalid.

Kandungan tersebut berkhasiat sebagai pengobatan. Selain itu, mengandung kadar tinggi senyawa antioksidan kurkumin yang bersifat antiinflamasi. Mengutip cnnindonesia.com (10/03/2020). Efek antiinflamasi kurkumin sebanding keampuhannya dengan hidrokortison (senyawa antiradang) dan fenilbutazon (obat-anti-inflamasi). Selain kunyit berkhasiat sebagai pengobatan, kunyit banyak dipakai untuk memasak.

Ini Fakta Kunyit yang Digunakan untuk Memasak

Dalam membeli kunyit untuk memasak, Anda harus ketahui tentang kunyit berikut:

1) Kunyit Biasa Dijual di Pasar dalam Bentuk Bubuk

Biasanya bahan-bahan rempah yang memiliki kualitas terbaik saat membelinya masih dalam keadaan segar. Tidak susah didapatkan, Anda dapat mencarinya di pasar yang menjual bumbu dapur. Selain Anda bisa membelinya dalam bentuk utuh, di pasar juga tersedia kunyit bubuk.

[Baca Juga: 3 Khasiat Awet Muda Dengan Bahan Alami Kunyit]

2) Lebih Baik Disimpan di Kulkas

Kunyit lebih baik disimpan di dalam kulkas, tidak dikupas dan bisa disimpan selama dua minggu.

Anda bisa mengupas kunyit dengan menggunakan pisau, tapi lebih baik lagi dengan menggunakan sendok logam untuk mengikis kulitnya yang tipis.

3) Noda Kunyit Bisa Dihilangkan dengan Baking Soda dan Sabun

Warnanya yang kuning pekat, bisa membuat peralatan masak Anda di rumah juga menguning. Bahkan pakaian Anda yang terkena noda kunyit juga susah dihilangkan hanya dengan menguceknya pakai sabun. Namun, Anda jangan khawatir, noda kunyit bisa dihilangkan dengan baking soda yang dicampur sabun. Lalu gosok ke bagian noda yang susah dihilangkan tersebut.

[Baca Juga: Teh Kunyit Berkhasiat Turunkan Kolesterol]

Jika Anda menggunakan peralatan kayu saat memasak dengan kunyit, beri minyak terlebih dulu agar warna kunyit tidak meresap. Atau pakai saja peralatan masak dengan bahan logam.

Mulailah memasukkan bahan kunyit ke dalam resep makanan sekaligus minuman yang menyegarkan untuk Anda di rumah!


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.