Ini Festival yang Jadi Inspirasi Film Midsommar

Hobi dan Hiburan

Ini Festival yang Jadi Inspirasi Film Midsommar

Bila berbicara salah satu film horor di layar lebar yang akhir-akhir ini banyak menjadi buah bibir bagi penggemar film baik di dunia dan Indonesia, maka Midsommar pasti masuk ke dalam ketegori ini. Film karya Ari Aster ini berhasil menuai perhatian mengingat Midsommar tidak mengandalkan jump scare untuk menakuti serta membuat tegang penonton melainkan melalui teknik sinematografi serta plot ceritanya. Walau ini merupakan karya fiksi tapi percaya atau tidak, festival yang menjadi latar belakang film Midsommar ternyata memang ada.

Plot utama dari film ini adalah ketika Dani, Christian, Mark, dan Josh pergi ke Swedia setelah diundang Pelle untuk mengikuti perayaan midsummer (pertengahan musim panas atau summer solstice) di kampung halamannya. Namun ternyata saat berada di sana, justru yang mereka temukan adalah desa dengan warga penyembah berhala dengan budaya berbahaya.

Ini Festival yang Jadi Inspirasi Film Midsommar

Satu hal yang menarik adalah perayaan midsummer yang menjadi latar belakang dari Midsommar memang dirayakan di Swedia. Biasanya festival ini digelar pada tanggal 20 Juni hingga 25 Juni. Sebagaimana dilansir dari theculturetrip.com (25/9/2019), perayaan midsummer bisa ditarik benang merahnya dengan perayaan Kristen untuk Yohanes Pembaptis yang jatuh pada tanggal 24 Juni.

[Baca Juga: 100% Manusia Film Festival 2019, Usung Edukasi Kemanusiaan]

Namun karena kesepakatan yang dibuat pada tahun 1953, festival midsummer diputuskan digelar pada hari Jumat antara 20 Juni hingga 26 Juni. Salah satu aspek yang paling ikonik dari perayaan di Swedia ini adalah keberadaan midsommarstang atau maypole dalam Bahasa Inggris. Pada dasarnya, midsommarstang adalah tiang kayu besar dengan hiasan yang menjadi pusat pelaksanaan kegiatan menari ketika digelarnya festival ini. Anda juga dapat melihat keberadaan tiang ikonik ini di film Midsommar.

Festival midsummer biasanya dimulai dengan para keluarga serta kerabatnya berkumpul di area taman untuk piknik. Setelah midsommarstang didirikan, maka acara utamanya dimulai dengan pihak panitia yang menggunakan baju tradisional menari. Kemudian barulah orang-orang yang menghadiri festival ini ikut bergabung untuk menari. Salah satu tarian yang paling populer adalah Sma grodorna yang di mana para pesertanya menari layaknya kodok di sekitar midsommarstang.

[Baca Juga: 4 Bioskop Alternatif Bagi Para Penikmat Film Indies]

Barulah pada sore harinya, para peserta yang menghadiri festival midsummer menikmati makan siang bersama. Menu yang biasanya muncul dalam festival ini serupa dengan makanan yang lumrah dinikmati warga Swedia pada Paskah dan Natal. Ada krim asam, acar dari ikan herring dengan nama siil, skagenrora yang berisi campuran udang serta mayones, dan lain-lain.

Festival ini pun dilanjutkan hingga malam hari dengan berbagai kegiatan yang semakin mempererat kekerabatan. Dari mulai permainan di luar ruangan hingga menikmati minuman beralkohol yang biasanya terdiri dari vodka, akvavit, atau minuman keras khas Swedia yang bernama snaps. Pada perayaan ini juga ada satu kebiasaan yang inspirasinya juga digunakan pada film Midsommar, yaitu jika pesertanya bisa mengumpulkan tujuh jenis bunga yang berbeda di malam perayaan midsummer dan menyimpannya di bawah bantal, maka mereka akan memimpikan cinta sejatinya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.