Ini Festival yang Jadi Inspirasi Film Midsommar

Hobi dan Hiburan

Ini Festival yang Jadi Inspirasi Film Midsommar

Bila berbicara salah satu film horor di layar lebar yang akhir-akhir ini banyak menjadi buah bibir bagi penggemar film baik di dunia dan Indonesia, maka Midsommar pasti masuk ke dalam ketegori ini. Film karya Ari Aster ini berhasil menuai perhatian mengingat Midsommar tidak mengandalkan jump scare untuk menakuti serta membuat tegang penonton melainkan melalui teknik sinematografi serta plot ceritanya. Walau ini merupakan karya fiksi tapi percaya atau tidak, festival yang menjadi latar belakang film Midsommar ternyata memang ada.

Plot utama dari film ini adalah ketika Dani, Christian, Mark, dan Josh pergi ke Swedia setelah diundang Pelle untuk mengikuti perayaan midsummer (pertengahan musim panas atau summer solstice) di kampung halamannya. Namun ternyata saat berada di sana, justru yang mereka temukan adalah desa dengan warga penyembah berhala dengan budaya berbahaya.

Ini Festival yang Jadi Inspirasi Film Midsommar

Satu hal yang menarik adalah perayaan midsummer yang menjadi latar belakang dari Midsommar memang dirayakan di Swedia. Biasanya festival ini digelar pada tanggal 20 Juni hingga 25 Juni. Sebagaimana dilansir dari theculturetrip.com (25/9/2019), perayaan midsummer bisa ditarik benang merahnya dengan perayaan Kristen untuk Yohanes Pembaptis yang jatuh pada tanggal 24 Juni.

[Baca Juga: 100% Manusia Film Festival 2019, Usung Edukasi Kemanusiaan]

Namun karena kesepakatan yang dibuat pada tahun 1953, festival midsummer diputuskan digelar pada hari Jumat antara 20 Juni hingga 26 Juni. Salah satu aspek yang paling ikonik dari perayaan di Swedia ini adalah keberadaan midsommarstang atau maypole dalam Bahasa Inggris. Pada dasarnya, midsommarstang adalah tiang kayu besar dengan hiasan yang menjadi pusat pelaksanaan kegiatan menari ketika digelarnya festival ini. Anda juga dapat melihat keberadaan tiang ikonik ini di film Midsommar.

Festival midsummer biasanya dimulai dengan para keluarga serta kerabatnya berkumpul di area taman untuk piknik. Setelah midsommarstang didirikan, maka acara utamanya dimulai dengan pihak panitia yang menggunakan baju tradisional menari. Kemudian barulah orang-orang yang menghadiri festival ini ikut bergabung untuk menari. Salah satu tarian yang paling populer adalah Sma grodorna yang di mana para pesertanya menari layaknya kodok di sekitar midsommarstang.

[Baca Juga: 4 Bioskop Alternatif Bagi Para Penikmat Film Indies]

Barulah pada sore harinya, para peserta yang menghadiri festival midsummer menikmati makan siang bersama. Menu yang biasanya muncul dalam festival ini serupa dengan makanan yang lumrah dinikmati warga Swedia pada Paskah dan Natal. Ada krim asam, acar dari ikan herring dengan nama siil, skagenrora yang berisi campuran udang serta mayones, dan lain-lain.

Festival ini pun dilanjutkan hingga malam hari dengan berbagai kegiatan yang semakin mempererat kekerabatan. Dari mulai permainan di luar ruangan hingga menikmati minuman beralkohol yang biasanya terdiri dari vodka, akvavit, atau minuman keras khas Swedia yang bernama snaps. Pada perayaan ini juga ada satu kebiasaan yang inspirasinya juga digunakan pada film Midsommar, yaitu jika pesertanya bisa mengumpulkan tujuh jenis bunga yang berbeda di malam perayaan midsummer dan menyimpannya di bawah bantal, maka mereka akan memimpikan cinta sejatinya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.