Bosan Isolasi Diri Ini 5 Film Rekomendasi Sutradara Timo Tjahjanto

Hobi dan Hiburan

Ini Film-film Rekomendasi Sutradara Timo Tjahjanto Tentang Isolasi Diri

Dengan semakin meningkatnya jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia, tak sedikit orang-orang yang mencoba menerapkan isolasi diri. Apalagi dengan ini mereka juga mampu secara optimal bekerja dari rumah atau work from home sekaligus menerapkan social distancing. Namun rasa bosan tak ayal bisa membayangi dalam melakukan isolasi diri. Sutradara film ternama Tanah Air Timo Tjahjanto pun memberikan sarannya agar rasa bosan itu bisa hilang.

Saran yang diberikan sutradara Sebelum Iblis Menjemput dan sekuel terbarunya itu merupakan serangkaian film yang memiliki tema serupa yang bisa disaksikan saat Anda tengah mengisolasikan diri. Di mana walau memiliki genre yang beragam, tema utama dari film yang direkomendasikan Timo Tjahjanto melalui akun Twitter-nya itu adalah berbagai film dengan unsur pengisolasian diri.

[Baca Juga: Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah COVID-19]

Penasaran? Berikut ini beberapa film yang direkomendasikannya.

Bosan Isolasi Diri Ini 5 Film Rekomendasi Sutradara Timo Tjahjanto Border

1) Border (2018)

Border atau yang dalam judul aslinya Gräns merupakan film bergenre fiksi fantasi asal Swedia. Film karya Ali Abbasi ini bercerita mengenai Tina yang diperankan Eva Melander di mana ia memiliki perawakan yang aneh layaknya manusia purba. Ia bekerja sebagai petugas bea dan cukai dan memiliki kemampuan untuk mencium aroma dari emosi orang lain yang dimanfaatkannya untuk mencari barang selundupan.

Namun di sisi lain, akibat fisiknya yang aneh, Tina merasa kesepian dan hidup secara terisolasi. Namun kemampuan Tina mendadak tidak mempan ketikan bertemu pria mencurigakan bernama Vore. Dengan Tina yang bisa merasakan bahwa pria itu menyembunyikan sesuatu tapi ia tak mampu mengidentifikasikannya. Dari sinilah permulaan bagaimana Tina ternyata memiliki ikatan dengan Vore yang berujung kepada pencarian fakta yang mengungkapkan bahwa keduanya bukanlah makhluk yang berasal dari dunia ini.

Bosan Isolasi Diri Ini 5 Film Rekomendasi Timo Happiness of the Katakuris

2) Happiness of Katakuris (2001)

Anda merasa isolasi diri akibat COVID-19 membosankan dan ingin bisa tersenyum sekaligus mendapatkan tontonan yang unik? Maka rekomendasi dari Timo Tjahjanto ini bisa menjadi film yang patut untuk disaksikan. Happiness of the Katakuris merupakan film karya Takashi Miike dengan genre kombinasi antara musikal, komedi, dan horor.

Dari genre tersebut bisa dikatakan film ini agak sulit dideskripsikan secara sempurna dan untuk mengetahuinya Anda perlu menyaksikannya langsung. Pada dasarnya Happiness of the Katakuris menceritakan keluarga aneh yang membuka penginapan di pegunungan terpencil. Menariknya, tak ada satu pun dari tamu di penginapan itu bisa pulang dengan hidup. Walau itu bukan salah keluarga tersebut, tamu yang menginap di sana selalu meninggal dunia dan berakhir dengan mayatnya yang dikuburkan di belakang penginapan. Namun hal ini malah berujung dengan munculnya mayat hidup.

Bosan Isolasi Diri Ini 5 Film Rekomendasi Sutradara Timo Tjahjanto Borgman

3) Borgman (2013)

Timo Tjahjanto menyebut, film Borgman merupakan karya yang patut masuk dalam daftar untuk ditonton pada saat melakukan social distancing. Film asal Belanda ini merupakan karya dari Alex can Warmerdam yang pernah dinominasikan untuk Palme d’Or di Festivak Film Cannes. Pada dasar film ini menceritakan mengenai seorang gelandangan bernama Anton bersama teman-temannya yang pada awalnya diburu oleh seorang pendeta dan temannya, hingga akhirnya ia berhasil melarikan diri.

Namun ada sesuatu yang berbeda dari Anton karena setiap ia bertemu orang lain, lambat laun dia dapat mengubah persepsi orang lain mengenai dirinya. Dengan kemampuan itu, Anton dan teman-temannya berhasil mengubah persepsi dari pasangan bernama Richard dan Marina yang berujung dengan rencana jahat.

Bosan Isolasi Diri Ini 5 Film Rekomendasi Sutradara Timo Tjahjanto Naked

4) Naked (1993)

Film mengenai isolasi diri ini merupakan karya Mike Leigh. Film Inggris ini bercerita mengenai Johny yang diperankan David Thewlis. Ia menemukan pengisolasian diri usai lari dari rumahnya di Manchester untuk menghindari dendam dari keluarga seorang perempuan yang pernah diperkosanya.

Johny pun memilih lari ke London dan bertemu dengan mantan pacarnya. Di sini, ia menjadi gelandangan dan bertemu dengan sejumlah orang asing yang mau mendengarkan ocehannya mengenai berbagai hal. Namun, kemalangan serta kesepian tetap membayanginya selama berada di London.

Bosan Isolasi Diri Ini 5 Film Rekomendasi Timo Spring Summer Fall WinterAnd Spring

5) Spring, Summer, Fall, Winter…and Spring (2003)

Film Spring, Summer, Fall, Winter…and Spring merupakan karya Kim Ki-duk mengenai sebuah kuil Buddha yang mengambang di sebuah danau yang berada di hutan. Sesuai judulnya, film ini dibagi menjadi lima babak yang setiap momennya menceritakan kehidupan seorang biarawan Buddha dari masa kanak-kanak hingga lanjut usia.

“(Ini) karya Kim Ki Duk yang paling meditatif, penuh konsep kehidupan Buddha, sebuah studi mengenai potensi, keterbatasan, dan godaan manusia. Tidak ada waktu yang tepat untuk menonton ini selain sekarang. Terutama bagi mereka yang hidup hanya dengan hewan peliharaan mereka,” tulis Timo Tjahjanto dalam akun Twitter-nya.

[Baca Juga: Perusahaan Teknologi Pendidikan Ini Beri Layanan Belajar Online Gratis]

Total ada 11 film yang direkomendasikan Timo dalam akun Twitternya. Lima pilihan PingPoint ini sangat pas untuk menemani masa-masa isolasi, karantina dan social distancing Anda. Lima film ini dapat membuat Anda lebih "menjiwai" dan merasakan konsep isolasi diri. Selamat menonton!


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.