MENTENG_KULINER_INI-GADO-GADO-LEGENDARI-DEKAT-TAMAN-IZMAIL-MARZUKI_EMIL-1100-X-600-px.jpg

Kuliner

Ini Gado-Gado Legendaris Dekat Taman Ismail Marzuki

Gado-gado merupakan salah satu kuliner tradisional yang banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Sebab, makanan yang memiliki rasa gurih dan mengenyangkan ini juga bersifat menyehatkan karena campuran berbagai sayuran yang ada di menu ini. Berbicara gado-gado, di DKI Jakarta terdapat satu gado-gado yang terkenal legendaris dan berlokasi dekat Taman Ismail Marzuki. Namanya adalah Gado-Gado Bonbin.

Gado-Gado Bonbin berlokasi di Jalan Cikini IV No.5, Menteng Jakarta Pusat. Rumah makan yang menyajikan gado-gado legendaris ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 17.00.

Sekadar informasi, nama “Bonbin” yang melekat di rumah makan ini sebenarnya mencerminkan sejarah Taman Margasatwa Ragunan di mana Bonbin sendiri merupakan singkatan dari ‘Kebon Binatang. Pasalnya, sebelum pindah ke area Pasar Minggu Jakarta Selatan, kebun binatang ini menempati lahan di Cikini yang saat ini menjadi Taman Ismail Marzuki. Kala itu nama Jalan Cikini pun masih Jalan Bonbin III dan inilah penyebab munculnya nama Gado-Gado Bonbin.

Rumah makan ini sudah berdiri semenjak 1960 dan diawali ketika ibu dari Hadi Lingga Wijaya selaku pemilik Gado-Gado Bonbin yakni Lanny Wijaya berjualan cendol. Namun lambat laut berdasarkan permintaan dari para pembelinya, ia pun mulai menjajakan gado-gado yang alhasil menjadi populer hingga kini.

Bila dilihat sekilas, gado-gado yang berada di dekat Taman Ismail Marzuki ini memiliki tampilan yang nyaris serupa dengan gado-gado pada umumnya. Satu porsinya terdiri dari lontong yang telah dipotong-potong, sayur sebus lalu telur atam dan siraman bumbu kacang. Sebagai pelengkap, di atas gado-gado terdapat taburan bawang goreng, kerupuk udang dan emping.

Namun pembeda utama yang membuat para pelanggan terus kembali ke Gado-Gado Bonbin adalah rasa dari bumbu kacangnya. Sebagaimana dilansir dari travel.tempo.co, bumbu gado-gado di sini menggunakan metode sangrai dan bukan digoreng jadi menimbulkan tekstur yang lembut serta nikmat.

Selain metode tersebut, Gado-Gado Bonbin juga menambahkan bumbu asinan pada bumbu kacangnya jadi memicu sensasi asam manis di setiap porsi gado-gadonya. Bagaimana apakah Anda penasaran dengan kuliner tradisional ini? Bila iya, langsung saja datang ke rumah makan yang berada di dekat Taman Ismail Marzuki tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTi p.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTip

29 November 2022, 13:43

Platform kreator konten TipTip baru-baru ini meraih suntikan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures.

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Jut a.jpg

Bisnis

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta

29 November 2022, 11:42

Pemprov DKI Jakarta pada pekan ini secara resmi mengumumkan bahwa UMP Ibu Kota akan naik sekitar Rp259 ribuan dibandingkan angka sebelumnya.

bebk.jpg

Kuliner

Resto Bebek Emas, Cara Beda Makan Bebek Peking Panggang

29 November 2022, 09:40

Ini loh cara baru menikmati bebek peking! Di Resto Bebek Emas Anda bisa menikmati bebek peking panggang dengan lalapan dan sambal khas tradisional.


Comments


Please Login to leave a comment.