Ini Gerai yang Pertama Kali Kenalkan Batagor di Kota Bandun g.jpg

Kuliner

Ini Gerai yang Pertama Kali Kenalkan Batagor di Kota Bandung

Pada pertengahan tahun 2022 lalu, Kota Bandung masuk ke dalam daftar TasteAtlas Awards 2021 untuk kategori Best Cities for Traditional Food alias kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia di urutan ke-11. Di mana terdapat belasan makanan tradisional di Kota Kembang yang direkomendasikan dicicipi oleh wisatawan mancanegara dengan salah satunya adalah batagor yang memang menjadi camilan favorit masyarakatnya. Jadi tentu saja kuliner satu ini menjadi salah satu makanan yang wajib masuk ke daftar bila Anda ingin wisata kuliner di Kota Kembang. Bila berbicara wisata kuliner batagor maka tak afdal jika tidak mencicipi pelopornya.

Usut punya usut kuliner batagor hadir di Kota Bandung berkat usaha dari Batagor H.Ihsan yang berlokasi di Jalan Bojongloa Nomor 38. Karena gerai yang menjajakan camilan bakso tahu goreng dengan kombinasi saus kacang khasnya itu disebut menjadi yang pertama memperkenalkan batagor ke konsumen di Kota Kembang. Mengingat H.Ihsan sudah mulai menjual batagor sejak tahun 1968 dan tentu saja camilan ini ternyata mendapatkan respons yang positif dari konsumen di Kota Bandung.

Ini Gerai yang Pertama Kali Kenalkan Batagor di Kota Bandung.jpg

Lantas bagaimana H.Ihsan bisa menghadirkan batagor? Ternyata ini tak terlepas dari apa yang dialami oleh pengusaha makanan itu puluhan tahun yang lalu. Sebelum H.Ihsan menjual batagor, pada dasarnya ia menjajakan somay keliling dan terdapat momen di mana dagangannya itu tidak ludes terjual dan daripada ia membuangnya, H.Ihsan memutuskan untuk menggorengnya dan menjajakan menu itu dengan cara menawarkan ke tetangganya di Jalan Kopo serta berkeliling ke Kopo hingga Kiaracondong. Dari sinilah batagor mulai menjadi akrab di lidah warga Kota kembang.

[Baca Juga: Ini Resep dan Cara Membuat Batagor Bandung, Praktis dan Mudah]

Sebagaimana dilansir dari Bandung.go.id (21/9/2022) Batagor H. Ihsan saat ini telah diakui sebagai kuliner legendaris oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan tentu saja ini tidak terlepas dari eksistensinya yang sudah 54 tahun serta cita rasanya yang tak berubah. Dari sisi harganya sendiri, batagor H.Ihsan dibanderol Rp4.000 per buahnya sehingga konsumen sendiri yang menentukan ingin berapa banyak batagor yang dinikmati. Selain itu gerai kuliner legendaris ini juga menawarkan menu makanan lainnya seperti mi yamin manis dan mi yamin asin, batagor bakso, serta mi bakso.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.