Ini Imbauan Polisi dan TNI Terkait Shalat Idulfitri di Malang

Berita Kawasan

Ini Imbauan Polisi dan TNI Terkait Salat Idulfitri di Malang

Jelang Idulfitri di Indonesia yang bertepatan dengan pandemi COVID-19, pemerintah belum memastikan boleh atau tidaknya salat Idulfitri di masjid atau di tempat lapang. Pada 14 Mei 2020, Pemprov Jawa Timur telah mengeluarkan surat edaran yang membolehkan salat Idulfitri. Namun, pada 18 Mei 2020, Pemprov mencabut SE tersebut, setelah melihat masih tingginya angka penyebaran virus Corona.

Berbeda dengan pemerintah, polisi dan TNI di Kota Malang sudah satu suara mengenai pelaksanaan salat Idulfitri 1441 H. Dalam lansiran radarmalang.jawapos.com (20/05/2020). Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata dan Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Idulfitri di rumah saja.

Ini Imbauan Polisi dan TNI Terkait Shalat Idulfitri di Malang

Imbauan itu disampaikan usai melakukan video conference pada 19 Mei 2020 bersama Gubernur Jawatim yang juga diikuti Wali Kota Malang Sutiaji, membahas persiapan pengamanan Idulfitri 1441 H, di Mapolresta Malang Kota.

“Kami meminta dengan sangat. Bahasa kami meminta dengan sangat, kami memohon ini kepada masyarakat untuk bisa beribadah di rumah saja,” ujar Leo.

Namun, Leo menyebut pihak berwenang tak melarang warga Malang melaksanakan shalat Idulfitri yang dilakukan di Masjid atau tempat lapang, asalkan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 “Kalau ada yang tetap melaksanakan, kami harap patuhi dan jalankan konsep physical distancing sesuai protokol COVID-19,” jelasnya.

[Baca Juga: Jelang PSBB, Wali Kota Malang Sosialisasikan Aturan Main PSBB]

Untuk mengantisipasi hal itu, personel bakal tetap disiagakan jika memang ada kegiatan salat Idulfitri di masjid besar di Kota Malang. Sebagai informasi, Masjid Jami’ Kota Malang bakal tetap melaksanakan salat tersebut.

Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson menjelaskan pembahasan video conference tersebut selain membahas pengamanan salat Idulfitri, halalbihalal juga dibahas. “Intinya diharap dengan kondisi seperti sekarang masyarakat punya kesadaran untuk bagaimana ketiga hal ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji akui bakal sowan ke para tokoh agama Islam untuk membicarakan kebijakan ini. Walau tak dilarang, tokoh agama di Malang diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk salat Idulfitri tahun ini di rumah saja.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.