Ini Imbauan Polisi dan TNI Terkait Shalat Idulfitri di Malang

Berita Kawasan

Ini Imbauan Polisi dan TNI Terkait Salat Idulfitri di Malang

Jelang Idulfitri di Indonesia yang bertepatan dengan pandemi COVID-19, pemerintah belum memastikan boleh atau tidaknya salat Idulfitri di masjid atau di tempat lapang. Pada 14 Mei 2020, Pemprov Jawa Timur telah mengeluarkan surat edaran yang membolehkan salat Idulfitri. Namun, pada 18 Mei 2020, Pemprov mencabut SE tersebut, setelah melihat masih tingginya angka penyebaran virus Corona.

Berbeda dengan pemerintah, polisi dan TNI di Kota Malang sudah satu suara mengenai pelaksanaan salat Idulfitri 1441 H. Dalam lansiran radarmalang.jawapos.com (20/05/2020). Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata dan Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Idulfitri di rumah saja.

Ini Imbauan Polisi dan TNI Terkait Shalat Idulfitri di Malang

Imbauan itu disampaikan usai melakukan video conference pada 19 Mei 2020 bersama Gubernur Jawatim yang juga diikuti Wali Kota Malang Sutiaji, membahas persiapan pengamanan Idulfitri 1441 H, di Mapolresta Malang Kota.

“Kami meminta dengan sangat. Bahasa kami meminta dengan sangat, kami memohon ini kepada masyarakat untuk bisa beribadah di rumah saja,” ujar Leo.

Namun, Leo menyebut pihak berwenang tak melarang warga Malang melaksanakan shalat Idulfitri yang dilakukan di Masjid atau tempat lapang, asalkan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 “Kalau ada yang tetap melaksanakan, kami harap patuhi dan jalankan konsep physical distancing sesuai protokol COVID-19,” jelasnya.

[Baca Juga: Jelang PSBB, Wali Kota Malang Sosialisasikan Aturan Main PSBB]

Untuk mengantisipasi hal itu, personel bakal tetap disiagakan jika memang ada kegiatan salat Idulfitri di masjid besar di Kota Malang. Sebagai informasi, Masjid Jami’ Kota Malang bakal tetap melaksanakan salat tersebut.

Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson menjelaskan pembahasan video conference tersebut selain membahas pengamanan salat Idulfitri, halalbihalal juga dibahas. “Intinya diharap dengan kondisi seperti sekarang masyarakat punya kesadaran untuk bagaimana ketiga hal ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji akui bakal sowan ke para tokoh agama Islam untuk membicarakan kebijakan ini. Walau tak dilarang, tokoh agama di Malang diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk salat Idulfitri tahun ini di rumah saja.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.