Ini Inspirasi Helm Kylo Ren di Star Wars The Rise of Skywalker

Berita Kawasan

Ini Inspirasi Helm Kylo Ren di Star Wars: The Rise of Skywalker

Bila berbicara mengenai topeng yang digunakan tokoh antagonis di dunia Star Wars maka terdapat dua helm yang paling terkenal. Pertama tentu saja helm yang digunakan Darth Vader yang ikonik di trilogi Star Wars pertama. Kedua adalah helm dari Kylo Ren di trilogi Star Wars karya J.J. Abrams. Namun tahukah Anda bahwa kedua topeng ini ternyata memiliki inspirasi yang kuat dengan budaya Jepang apalagi di momen Star Wars The Rise of Skywalker?

Helm Darth Vader sendiri merupakan hasil karya dari seorang ilustrator dan desainer konseptual bernama Ralph McQuarrie yang direkrut George Lucas untuk terlibat dalam pembuatan Star Wars. Pada saat membahas mengenai pembuatan Darth Vader, McQuarrie menyarankan tokoh antagonis itu harus menggunakan semacam alat bernapas.

Ini Inspirasi Helm Kylo Ren di Star Wars The Rise of Skywalker

Kemudian konsep tersebut dikombinasikan dengan keinginan arahan George Lucas yang menginginkan tokoh jahat dengan jubah serta kostum yang terinspirasi dari baju zirah samurai Jepang. Dari sinilah helm ikonik dari Darth Vader terbentuk sehingga tidak heran bila benda tersebut sangat mirip dengan helm samurai dari Negeri Sakura yang dikenal dengan nama kabuto.

Topeng yang digunakan Kylo Ren di Star Wars episode tujuh, delapan, dan sembilan juga mengambil inspirasi dari Darth Vader, tapi untuk inspirasi kuat dari kultur Jepang baru terlihat jelas di Star Wars The Rise of Skywalker. Pada Star Wars The Last Jedi, Kylo Ren sempat menghancurkan helm yang digunakannya dengan menghantamkannya ke dinding usai ia merasa dicemooh oleh gurunya sendiri, Snoke.

[Baca Juga: Star Wars: The Rise of Skywalker, Akhir Pertarungan Rey dan Kylo Ren]

Namun topeng tersebut kembali diperbaiki usai Pertarungan di Crait pada Star Wars The Rise of Skywalker dalam momen inilah budaya Jepang lainnya terlihat menginspirasi helm dari tokoh antagonis di dunia Star Wars. Pada proses tersebut terdapat indikasi alien yang memperbaiki helm Kylo Ren menggunakan metode yang dikenal dengan nama Kintsugi atau Kintsukuroi.

Pada dasarnya seni kintsukuroi digunakan dari era Jepang kuno untuk memperbaiki tembikar, gelas, sampai piring yang rusak dengan menaburi atau menempelkan pernis yang sudah dicampur dengan bubuk emas, perak, atau platina. Dengan filosofinya adalah memperlakukan benda yang rusak sebagai bagian dari sejarah tanpa menyamarkannya.

[Baca Juga: Ulasan IP Man 4: Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu]

Serupa dengan filosofi tersebut, metode kintsukuroi yang digunakan di Star Wars The Rise of Skywalker tampak menggunakan material berwarna merah kuat yang membuat bagian helm Kylo Ren yang rusak bisa digabungkan lagi. Sehingga alih-alih memperbaikinya secara sempurna proses perbaikan ini malah menonjolkan bagian retakan di helm tersebut. Penggunaan metode kintsukuroi pun memang diakui oleh J.J Abrams.

“Membuatnya (Kylo Ren) bertopeng, tetapi juga rusak adalah hal yang sangat disengaja. Seperti proses Jepang klasik yang mengambil keramik dan memperbaikinya (..) Seretak-retaknya Ren, topeng menjadi representasi visual dari itu. Ada sesuatu tentang ini yang menceritakan sejarahnya. Topengnya pada akhirnya tidak menyembunyikan dirinya dan perilakunya juga terungkap,” ucap J.J Abrams, sebagaimana dikutip dari video Looper di YouTube (23/12/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 3 years, 1 month lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan TAMBAHAN FREECHIPS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (BOLA165,CO) sekarang juga guys. . .

  • Suki 3 years, 1 month lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa…??? buruan dech ke dupa88,net bikin hati senang kondisi dompetpun tenang…. TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya…

  • Anita07 3 years, 1 month lalu
    anita07

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang dupa88 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di dupa88,net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga.

  • Kelly 3 years, 1 month lalu
    kelly

    Di spesial menyambut natal & tahun baru buruan dapatkan bonus++ tambahan langsung 5% setiap kali deposit berkelipatan 100k hanya di (qqharian,info) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘