Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum

Berita Kawasan

Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum

Transportasi umum bisa menjadi media penyebaran yang sangat potensial bagi Corona Virus Desease atau COVID-19. Karenanya Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, menerapkan sejumlah kebijakan dalam upaya mencegah penyebaran virus asal Tiongkok tersebut.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan sudah menginstruksikan seluruh operator penyedia jasa transportasi umum untuk melakukan pembersihan secara intensif dan berkala pada kendaraan umum, serta halte atau stasiun. Instruksi ini juga diberlakukan bagi operator taksi daring.

Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum

Selain itu turut diinstruksikan juga bagi seluruh operator penyedia jasa transportasi umum untuk senantiasa menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer). “Petugas angkutan umum juga sudah disosialisasikan untuk tanggap menghubungi 112 atau 119 jika ada penumpang yang terindikasi COVID-19,” jelasnya seperti dilansir beritajakarta.go.id (4/3/2020).

Dia menambahkan, apa bila bertemu dengan penumpang yang sedang terkena batuk atau flu, pengemudi diimbau untuk segera menggunakan masker, dan tetap bersikap tenang. “Jangan panik, segera hubungi nomor tadi, dan akan ada petugas yang langsung menjemput di lokasi,” tandasnya.

[Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Transportasi Jakarta Sediakan Hand Sanitizer]

Ada pun langkah-langkah kecil yang bisa membantu menangkal penyebaran COVID-19, Syafrin menjelaskan ada empat langkah yang harus dilakukan secara konstan dan berkesinambungan, demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada pun keempat langkah pencegahan itu adalah sebagai berikut:

  1. Sering cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh handgrip, uang, escalator dan lain-lain.
  2. Menggunakan sarung tangan jika diperlukan
  3. Gunakan tisu untuk mengelap atau saat ingin menyentuh bagian wajah. Hindari menyentuh area sekitar wajah secara langsung dengan tangan apa bila belum mencuci tangan.
  4. Jangan menggunakan masker apabila tidak sedang dalam keadaan sakit.

Antisipasi Virus Corona, Transportasi Jakarta Sediakan Hand Sanitizer

Berkenaan instruksi tersebut, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo menyatakan bahwa pihaknya telah menyediakan hand sanitizer setidaknya di 80 halte bus Transjakarta. Jumlah tersebut menurutnya akan masih terus bertambah hingga seluruh halte bus. “Transjakarta juga mengedukasi pelanggan melalui media sosial terkait upaya pencegahan virus,” ujarnya.

[Baca Juga: Ramai-ramai Bermasker, Cara Pengguna MRT Agar Merasa Lebih Aman]

Sementara itu, Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin menambahkan, untuk kereta MRT senantiasa dibersihkan secara rutin dengan metode khusus yang diyakininya mampu mencegah penyebaran. “Tempat duduk, pintu, jendela hingga pegangan untuk penumpang berdiri kami bersihkan dengan cairan khusus,” bebernya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 5 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Natasya88 2 years, 5 months lalu
    Natasya88

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .