Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum

Berita Kawasan

Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum

Transportasi umum bisa menjadi media penyebaran yang sangat potensial bagi Corona Virus Desease atau COVID-19. Karenanya Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, menerapkan sejumlah kebijakan dalam upaya mencegah penyebaran virus asal Tiongkok tersebut.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan sudah menginstruksikan seluruh operator penyedia jasa transportasi umum untuk melakukan pembersihan secara intensif dan berkala pada kendaraan umum, serta halte atau stasiun. Instruksi ini juga diberlakukan bagi operator taksi daring.

Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum

Selain itu turut diinstruksikan juga bagi seluruh operator penyedia jasa transportasi umum untuk senantiasa menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer). “Petugas angkutan umum juga sudah disosialisasikan untuk tanggap menghubungi 112 atau 119 jika ada penumpang yang terindikasi COVID-19,” jelasnya seperti dilansir beritajakarta.go.id (4/3/2020).

Dia menambahkan, apa bila bertemu dengan penumpang yang sedang terkena batuk atau flu, pengemudi diimbau untuk segera menggunakan masker, dan tetap bersikap tenang. “Jangan panik, segera hubungi nomor tadi, dan akan ada petugas yang langsung menjemput di lokasi,” tandasnya.

[Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Transportasi Jakarta Sediakan Hand Sanitizer]

Ada pun langkah-langkah kecil yang bisa membantu menangkal penyebaran COVID-19, Syafrin menjelaskan ada empat langkah yang harus dilakukan secara konstan dan berkesinambungan, demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada pun keempat langkah pencegahan itu adalah sebagai berikut:

  1. Sering cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh handgrip, uang, escalator dan lain-lain.
  2. Menggunakan sarung tangan jika diperlukan
  3. Gunakan tisu untuk mengelap atau saat ingin menyentuh bagian wajah. Hindari menyentuh area sekitar wajah secara langsung dengan tangan apa bila belum mencuci tangan.
  4. Jangan menggunakan masker apabila tidak sedang dalam keadaan sakit.

Antisipasi Virus Corona, Transportasi Jakarta Sediakan Hand Sanitizer

Berkenaan instruksi tersebut, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo menyatakan bahwa pihaknya telah menyediakan hand sanitizer setidaknya di 80 halte bus Transjakarta. Jumlah tersebut menurutnya akan masih terus bertambah hingga seluruh halte bus. “Transjakarta juga mengedukasi pelanggan melalui media sosial terkait upaya pencegahan virus,” ujarnya.

[Baca Juga: Ramai-ramai Bermasker, Cara Pengguna MRT Agar Merasa Lebih Aman]

Sementara itu, Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin menambahkan, untuk kereta MRT senantiasa dibersihkan secara rutin dengan metode khusus yang diyakininya mampu mencegah penyebaran. “Tempat duduk, pintu, jendela hingga pegangan untuk penumpang berdiri kami bersihkan dengan cairan khusus,” bebernya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 10 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Natasya88 2 years, 10 months lalu
    Natasya88

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .