Ini Kampung Tematik di Kota Tangerang Bertema Kedisplinan

Berita Kawasan

Ini Kampung Tematik di Kota Tangerang Bertema Kedisiplinan

Dengan keberadaan kampung tematik, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berhasil mengubah “wajah” dari wilayahnya sekaligus menaikkan citra kampung menjadi kawasan yang layak untuk dikunjungi wisatawan. Sesuai dengan namanya, setiap kampung tematik memiliki temanya masing-masing yang unik. Salah satunya adalah Kampung Talas dengan tema kedisplinan yang dibangun atas usaha anggota polisi dan warga setempat.

Kampung Talas berlokasi di Jalan Berhias, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang terdapat pemukiman warga sipil sekaligus asrama polisi. Kampung tematik ini diresmikan oleh Satlantas Polres Metro Kota Tangerang pada 9 Mei 2019. Kampung Talas sebenarnya kependekan dari Kampung Taat Lalu Lintas yang disingkat Talas.

Ini Kampung Tematik di Kota Tangerang Bertema Kedisplinan

Saat meresmikan kampung ini, pihak Polres Metro Kota Tangerang berharap agar hadirnya kampung ini dapat turut mengedukasi warga yang tinggal di sekitar untuk menaati peraturan lalu lintas. Sehingga tidak mengherankan bila kampung Tematik ini diihiasi dengan lukisan mural yang menggambarkan kegiatan anggota Satlantas dalam mengatur lalu lintas.

[Baca Juga: Kampung Tematik di Tangerang Bertambah dengan Kampung Pingli]

Selain lukisan mural, di beberapa titik Kampung Talas juga terdapat rambu-rambu lalu lintas, zebra cross, dan pos polisi yang kerap dijadikan lokasi foto oleh para pengunjung dan warga sekitar.

Sebagaimana dilansir dari tangerangkota.go.id (12/7/2019) Ketua RT 05/04 Kelurahan Pasar Baru Supardi menjelaskan, terdapat dua tujuan utama dalam pembangunan Kampung Talas. Tujuan itu terdiri dari masyarakat yang tertib berlalu lintas dan masyarakat yang menerapkan perilaku hidup bersih serta sehat. Tujuan kedua ini mencerminkan asal-muasal dari Kampung Talas yang awalnya merupakan kampung yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dikembangkan menjadi kampung tematik.

[Baca Juga: Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang]

Tentu saja kampung tematik tak afdal bila tidak memiliki area hijau yang dihiasi oleh berbagai tanaman. Kampung Talas juga dihiasi oleh tiga jenis tanaman yang dikembangkan oleh warga setempat.

“Ada tanaman obat untuk keluarga, ada tanaman pokcay dan casem untuk konsumsi warga, serta tanaman tidak beracun untuk penghijauan. Usulan dari pemerintah paling tidak harus ada tanaman talas sesuai namanya,” tutur Supardi. Ia menambahkan, kelak ingin membangun usaha yang dapat meningkatkan ekonomi warga setempat, seperti kafe atau tempat jajanan.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.