Ini Kata Pengamat Soal Promo Event di Dalam Kendaraan Umum

Berita Kawasan

Ini Kata Pengamat Soal Promo Event di Dalam Kendaraan Umum

Perhelatan fashion show yang digagas Hard Rock FM di dalam Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta belum lama ini menarik perhatian banyak masyarakat. Kegiatan ini dinilai mengganggu pengguna transportasi umum dan mendapat banyak kecaman dari masyarakat.

Namun kejadian tersebut bukanlah yang pertama, pasalnya ada 16 desainer JFFF (Jakarta Fashion and Food Festival) yang sudah lebih dulu menggelar catwalk di LRT (Lintas Rel Terpadu) Jakarta pada 15 Agustus 2019.

Ini Kata Pengamat Soal Promo Event di Dalam Kendaraan Umum

Tak berhenti sampai disitu, kegiatan lain yang menggunakan transportasi umum sebagai venue acara adalah promosi film Milea yang merupakain bagian dari trilogi film Dilan. Iqbaal Ramadhan dan segenap rekannya melakukan promosi film yang bisa dibilang tak biasa. Tim rombongan berangkat dari Stasiun Gondangdia hingga Bogor menggunakan commuterline atau KRL.

Tren menggunakan transportasi umum ini menuai pro kontra di masyarakat. Ada yang bilang kegiatan semacam ini merupakan bentuk kreatifitas, tapi ada pula yang beranggapan jika kegiatan serupa dilakukan dalam transportasi umum apalagi di jam sibuk, akan mengganggu banyak pengguna.

[Baca Juga: Iqbaal Turun dari KRL, Promo Film Milea Terpaksa Dibatalkan]

Melihat hal ini, PingPoint menghubungi Pengamat Transportasi Umum dan Direktur Ketua Institut Studi Transportasi atau INSTRAN Darmaningtyas lewat telpon (7/2/2020). Dia mengungkapkan, tren penggunaan transportasi umum sebagai tempat penyelenggaraan acara ini memiliki sisi negatif dan juga positif.

“Kalau dilihat sisi negatifnya, apalagi jika diadakan pada jam sibuk, memang akan sangat mengganggu penumpang. Namun, sisi positifnya, sekarang transportasi umum prestige-nya sudah naik,” ujar mantan Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) itu.

Iqbaal Turun dari KRL, Promo Film Milea Terpaksa Dibatalkan

Darmaningtyas juga menyebutkan mengenai perbedaan transportasi umum dulu dan kini. Menurutnya, kini sudah banyak acara yang memanfaatkan transportasi umum, berbeda dengan dulu. Ia bahkan menyebutkan, kelas transportasi umum dulu masih dianggap hanya untuk kelas mengangah ke bawah, sedangkan kelasnya makin melebar, misalnya MRT dan LRT yang kini dilirik oleh kelas mengangah ke atas.

[Baca Juga: Ini Rangkaian Acara Jakarta Fashion and Food Festival 2019]

Walaupun begitu, Darmaningtyas menyebutkan, dengan ramainya tren semacam ini tak diperlukan regulasi khusus yang menyebutkan penggunaan transportasi umum sebagai venue acara. Pasalnya, semua transportasi umum yang ada di Jabodetabek khususnya, sudah memiliki manajemen tersendiri.

“Saya rasa, hal tersebut bisa diputuskan pihak manajemen. Selama tidak mengganggu publik, tak masalah (penggunaan transportasi umum untuk acara),” tutupnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

Berita Kawasan

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

19 January 2021, 15:04

Pada hari pertamanya bertugas, Selasa, 19 Januari 2021 ini, Marullah akan mulai terjun dan fokus pada penanganan pandemi di Ibu Kota.

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

RS Lapangan GOR Pajajaran Beroperasi, Harapan Kota Bogor yang Kritis

19 January 2021, 14:03

Kondisi Kota Bogor masih kritis dan darurat. Kedisiplinan untuk taat pada protokol kesehatan harus ketat dilakukan jika tak ingin rumah sakit penuh.

Kegawatdaruratan Psikiatri di Rumah Sakit Duren Sawit

Kesehatan

Wisma Atlet Kemayoran Kini Khusus Rawat Pasien Bergejala

19 January 2021, 13:02

Pengaturan bentuk antisipasi yang disiapkan mengingat sejak sebelum libur Natal dan Tahun Baru pihaknya sudah diingatkan tentang risiko lonjakan kasus positif dua pekan pascalibur panjang.

Catat! Ini Jadwal MRT dan Transjakarta di PSBB Masa Transisi.jpg

Bisnis

HUT ke-17, Transjakarta Ingin Tingkatkan Penumpang & Patuhi Protokol Kesehatan

19 January 2021, 12:01

Ada pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Transjakarta, yaitu mengembalikan lagi "mantan-mantan" penggunanya untuk mau menggunakan bus berjalur khusus tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 11 months, 1 week lalu
    kelly

    Halo guys bagi yang ingin bermain game serta dapat penghasilan tambahan dengan bermodal min deposit 20k. modal pertama kurang beruntung? kami ganti dgn bonus welcome cashback 100% tanpa syarat turnover dan dapatkan bnyak pilihan bonus dari kami, dalam satu account bisa bermain banyak game hanya di dupa88,net proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. pelayanan tercepat & aman!, cs kami siap melayani anda 24 jam nonstop!!! untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/wa : +855973465121 | kode referal : kelly88 tunggu apalagi buktikan sekarang juga. . .