ads
MATRAMAN_PENDIDIKAN_INI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KULIAH DI DEKAT RUMAH_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Ini Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Dekat Rumah

Dalam memilih universitas, terkadang menghadapi beragam pertimbangan. Mulai dari fakultasnya, akreditasinya hingga biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, masih ada satu pertimbangan lainnya yakni lokasi kampus. Jika Anda tinggal di kawasan Matraman, ada baiknya memilih lokasi kampus yang tidak jauh dari tempat tinggal. Di kawasan ini, ada beberapa universitas yang bisa menjadi pilihan mulai dari Universitas Jayabaya hingga STEI Rawamangun. Namun kira-kira apa kelebihan dan kekurangan jika lokasi kuliah di dekat rumah?

Keputusan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan sesuatu yang harus dipikir matang dari berbagai aspek. Sebagai orangtua, tentu menginginkan putra putri dalam melanjutkan pendidikan yang terbaik seperti lokasi kampus yang dekat dengan rumah atau di luar kota.

[Baca Juga : Apartemen di Kebon Jeruk Menjadi Pilihan Hunian Generasi Milenial]

Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang bekerja dan ingin masuk ke perguruan tinggi demi mengejar masa depan yang lebih baik. Keputusan kuliah dekat dengan rumah menjadi pilihan utama. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan kuliah di dekat rumah.

Kekurangan

  • Kurang kisah pengalaman hidup ketika tinggal jauh dari rumah karena mengemban pendidikan.
  • Sikap mandiri yang kurang terasah karena berada di area zona aman.
  • Mengecilnya kesempatan bertemu orang baru yang berasal dari luar kota asal.

Kelebihan

  • Tidak perlu memikirkan repotnya pindahan, seperti memasukkan dan memilih pakaian mana yang harus dibawah pindah. Masalah mencari indekos pun tidak perlu Anda pertimbangkan.
  • Pola makan yang lebih baik karena berada di dekat keluarga sehingga tidak perlu terus memikirkan masalah keuangan dalam memilih makanan.
  • Ketika sakit, Anda berada di dekat orang yang dikasihi dan tidak memicu rasa homesick.

Jika sudah memerhatikan kekurangan dan kelebihan tersebut, maka Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan. Di kawasan Matraman, ada banyak kampus yang punya kredibilitas dan akreditasi yang baik. Berikut ini beberapa universitas yang bisa menjadi pertimbangan dan berada di kawasan Matraman.

Universitas Jayabaya

Perguruan tinggi swasta ini beralamat di Jalan Pulomas Selatan Kav 23, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Universitas Jayabaya didirikan oleh seorang tokoh pendidikan Indonesia, Prof. Dr. H. Moeslim Taher, SH, pada 5 Oktober 1958.

Ketika pertama kali berdiri, Universitas Jayabaya hanya mengelola dua fakultas saja yang terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Namun seiring berjalannya waktu, berbagai fakultas pun bertambah di sana.

Fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Jayabaya antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi (Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Jurusan Hubungan Internasional dan Jurusan Administrasi Negara), Fakultas Teknologi Industri (Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia).

Selain itu, ada juga Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Arsitektur), Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Psikologi. Sedangkan untuk program Pascasarjana meliputi Jurusan Doktor Ilmu Hukum, Jurusan Magister Hukum, Jurusan Magister Manajemen, Jurusan Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Komunikasi, dan Magister Ilmu Administrasi.

STEI Rawamangun

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia atau yang disingkat STEI Rawamangun, pertama kali didirikan pada 28 Oktober 1969. Saat itu namanya masih Akademi Akuntansi Indonesia yang dibina oleh Yayasan Akuntasi Indonesia (saat ini Yayasan Pendidikan Fatahilah Jakarta). Namun, perguruan tinggi ini pun akhirnya berubah nama menjadi STEI pada 1983. Saat ini STEI Rawamangun memiliki 6 program studi yang terdiri dari S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Perdagangan, S2 Magister Akuntansi, S2 Magister Manajemen.

Kalbis Institute

Kalbis Institute merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Jalan Pulomas Selatan Kav. 22, Jakarta Timur. Kalbis Institute didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kalbe pada 2012 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kalbe dengan Program Studi D3 di jurusan Keuangan dan Perbankan serta D3 Akuntansi.

Perubahan pun terus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut dengan penambahan sejumlah jurusan hingga peleburan dengan perguruan tinggi lainnya yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Kalbe. Kalbis memiliki sembilan program S1, satu program D3, dan satu program S2.

Jurusan dan program studi yang ada di Kalbis Institute antara lain Akuntansi (Jurusan Pemeriksaan Akuntansi, Jurusan Akuntansi Sektor Publik, Jurusan Akuntansi Keuangan & Pasar Modal, dan Jurusan Akuntansi Perpajakan), Manajemen (Jurusan Manajemen Supply Chain, Jurusan Manajemen Pemasaran, Jurusan Manajemen Sumber daya Manusia, Jurusan Manajemen Keuangan, dan Jurusan Manajemen Risiko & Asuransi).

[Baca Juga : Pilihan Apartemen untuk Pekerja dan Mahasiswa di Salemba]

Selain itu ada Bisnis Industri Kreatif, Sistem Informasi, Teknik Informatika (Jurusan Mobile Technology, Jurusan Soft Computing, dan Jurusan Game Computing & Technology), Strategi Komunikasi (Jurusan Corporate Communication & Public Relations), Penyiaran (Jurusan Penyiaran Televisi, dan Jurusan Penyiaran Radio), Periklanan dan Komunikasi Digital. Sementara untuk program pascasarjana, Kalbis Institute punya program Magister Manajemen (MM).

Dengan adanya pilihan seperti, STEI Rawamangun, Universitas Jayabaya dan Kalbis Institute, maka ini dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan lokasi kampus yang tidak jauh dari rumah namun tetap berkualitas baik.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  6 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads