Ini Kisah Mistis yang Bayangi Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki

Berita Kawasan

Ini Kisah Mistis yang Bayangi Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki

Teater Jakarta merupakan salah satu bangunan yang sangat menarik perhatian ketika Anda mengunjungi area Taman Ismail Marzuki atau TIM di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Dengan ukuran yang besar serta desain eksterior yang terkesan megah dengan keberadaan banyak kaca. Di mana lokasi ini kerap menjadi pusat berbagai kegiatan seni dengan keberadaan teater besar dan kecilnya. Tapi siapa yang menyangka bahwa lokasi yang pernah menjadi lokasi pementasan drama musikal Laskar Pelangi itu ternyata menyimpan berbagai kisah mistis.

Saat PingPoint.co.id mengunjungi Teater Jakarta pada 24 Oktober 2019, lokasi ini dipenuhi oleh berbagai kegiatan. Dari mulai kesibukan para panitia untuk menyambut Jakarta World Choir Festival 2019 serta para pelajar yang melakukan kegiatan ekstrakulikulernya di sana. Selain itu banyak juga seniman yang lalu-lalang di area luar Teater Jakarta.

[Baca Juga: Misteri Rintihan dari Konstruksi Gedung Arsip Taman Ismail Marzuki]

Namun menurut salah satu security yang sudah bekerja sejak tahun 2009, hingar bingar dari Teater Jakarta akan berubah menjadi sunyi dan terkesan angker ketika malam menjelang. Berdasarkan pengalamannya selama 10 tahun bekerja di sana, menurutnya yang paling menyeramkan adalah saat ia berjaga malam di area Teater Jakarta ketika waktu sudah memasuki dini hari.

“Percaya enggak percaya yang paling serem itu pas yang mengalami justru banyak orang pak. Saya paling inget ketika pementasan Laskar Pelangi pas tahun 2010. Dulu acaranya sempet dimundurin gara-gara tali sling buat panggung enggak bisa diturunin dan ada kru yang lihat anak kecil ngegantung di talinya padahal orang lain enggak lihat,” ucap security yang namanya enggan disebutkan itu kepada PingPoint.co.id (25/10/2019).

Akibat kejadian itu, pementasannya disebut gagal dan akhirnya dibubarkan sehingga pihak TIM serta penyelenggara pun memutuskan untuk memanggil paranormal. Atas saran dari paranormal itu, diadakan kegiatan selamatan sehari sebelum pementasan kembali digela. “Abis selametan, pentas di Teater Besarnya lancar,” ujarnya.

Ini Kisah Mistis yang Bayangi Teater Jakarta di TIM

Kisah Anak Kecil Tenggelam

Selain itu, kejadian aneh lainnya yang pernah menimpa dirinya adalah di lantai bawah tanah atau basement Teater Jakarta. “Saya paling inget tuh pas jaga malam terus kan agak ngantuk akhirnya nyoba istirahat di ruangan di basement. Waktu itu mendadak mati lampu seluruh ruangan, langsung panik saya sampe ngerangkak buat nyari pintu keluar. Pas dapet pintu, saya buka di luar nyala semua dan kayak ada angin, abis itu langsung nyala lagi lampunya,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh salah satu petugas Badan Pelaksana Taman Ismail Marzuki. Pria yang juga enggan disebutkan namanya itu menjelaskan, ia sudah bekerja di sini sejak tahun 2014 tapi karena dia sudah tinggal di area dekat TIM sejak anak-anak, ia mengklaim sudah hafal mengenai kisah mistis di Teater Jakarta.

[Baca Juga: Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis]

“Dulu pas masih awal pembangunan Teater Jakarta sempet agak ketunda. Nah dulu sempat rampung, sempet ada kubangan yang jadi kayak danau. Pernah ada yang meninggal di sana dulu, anak kecil yang berenang di situ pak, tenggelam gitu. Kata orang pinter, ini (arwah) anak yang suka iseng di sini sama kita,” tuturnya.

Ia menceritakan, memang kejadian aneh yang kerap terjadi biasanya berpusat di area basement Teater Jakarta. Dari mulai petugas cleaning service yang mendadak melihat ada anak kecil yang melempar bola ke arahnya hingga yang tidak lama ini terjadi adalah ketika pengunjung memakirkan kendaraannya di sana dan ketika akan naik ke lantai atas Teater Jakarta di Kompleks Taman Ismail Marzuki, ia melihat pantulan diikuti sesosok anak kecil yang ketika dilihat secara nyata, anak kecil itu tidak terlihat.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.