Ini Komunitas Jakarta yang Gemar Gelar Reka Ulang Sejarah

Berita Kawasan

Ini Komunitas Jakarta yang Gemar Gelar Reka Ulang Sejarah

Pernahkah Anda mendengar istilah reenactment? Pada dasarnya ini merupakan kegiatan yang memiliki dua tujuan, yaitu hiburan sekaligus edukasi. Di mana ada sekelompok orang yang berkumpul untuk berusaha reka ulang peristiwa penting atau periode penting yang terjadi dalam sejarah dunia. Salah satu yang populer adalah Gettysburg Reenactment yang setiap tahunnya sering diadakan di Amerika Serikat untuk reka ulang Pertempuran Gettysburg yang terjadi pada tahun 1863. Namun tak hanya di Barat, kegiatan reenactment ternyata sering juga dilakukan di Jakarta.

Kegiatan reenactment di Ibu Kota dan sekitarnya ini biasanya dilakukan oleh komunitas bernama Jakarta Reenactor. “(Kami) komunitas penggemar hobi untuk reenactment dan reenacting. Dulu itu kita lebih banyak kegiatan di luar kota, kalau kegiatan nasional contohnya di Surabaya itu Parade Juang, di Yogyakarta itu Serangan Umum, kalau di Bandung ada Bandung Lautan Api,” ujar pengurus komunitas Jakarta Reenactor Yoda Vikocheno kepada PingPoint.co.id di Shopee Indonesia Comic Con 2019 di JCC Senayan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/10/2019).

Ini Komunitas Jakarta yang Gemar Gelar Reka Ulang Sejarah

Yoga menyebut, pada awalnya para anggota komunitasnya sebenarnya terpisah-pisah dengan mayoritas memiliki air soft gun tapi memiliki hobi ikut kegiatan reenactor di berbagai wilayah. Namun pada tahun 2018 ketika digelarnya jambore untuk melakukan kegiatan reenacting Perang Dunia II, beberapa penggiat hobi reenactor yang dari Jakarta membahas tentang keinginan membentuk komunitasnya.

“Saat ngumpul kita sepakat untuk membuat satu klub. Nah, Jakarta Reenactor itu fokusnya di reenacting tapi sekalian untuk merangkul teman-teman reenactor yang memiliki airsoft. Karena sekarang airsoft sudah harus regulasi dari kepolisian dan harus ada di satu klub yang di bawah payung terserah bisa A.B.U (Airsoft Brotherhood Unity), FAI (Federasi Airsoft Indonesia), atau PORGASI (Persatuan Airsoft Seluruh Indonesia),” tutur Yoga.

[Baca Juga: Digi-In, Komunitas yang Gemari Berbagai Hal Mengenai Digimon]

Namun tidak semua anggota komunitas ini memiliki semua senjata airsoft replika yang sesuai dengan periode sejarah yang direka ulang. Sehingga ada juga senjata dummy yang mereka buat sendiri dari kayu dan Yoga mengklaim, ini lebih mudah dibawa-bawa jika para anggota Jakarta Reenactor mengikuti kegiatan reka ulang di luar Ibu Kota.

“Pakai dummy pun tidak masalah yang penting saat foto dapet efeknya. Kalau di kegiatan nasional, karena enggak ada efek tembaknya, pihak panitia izinkan menggunakan petasan untuk efek ledakan dan suara. Kadang-kadang dari TNI ikut support, mereka bawa blank fire (peluru hampa) untuk efek nembak,” jelas pengurus Jakarta Reenactor itu.

[Baca Juga: Ini Aksi Cosplayer di Shopee Indonesia Comic Con 2019]

Yoga menambahkan, dengan anggotanya yang berjumlah 20-an yang aktif, mereka memiliki reeanactment favorit mereka. Di mana para anggotanya akan dibagi dua, yaitu tentara Amerika Serikat dan Nazi Jerman dengan mereka akan melakukan reka ulang scene dari film Saving Private Ryan serta Band of Brothers.

Jakarta Reenactor sendiri terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung dengan mereka atau ikut dalam kegiatan reenactment. Namun syarat utamanya adalah Anda harus memiliki hobi mengenai sejarah serta seragam militer di periode sejarah tertentu. Jika kedua hal ini terpenuhi maka Anda bisa menghubungi komunitas ini melalui akun Instagram-nya dengan id jakarta.reenactor.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.